Kenali Karateristik Kehamilan 7 Bulan

karakteristik kehamilan 7 bulan www.ibudanbalita.com

Kehamilan 7 bulan, sungguh waktu yang tidak terasa. Rasanya baru kemarin bunda melakukan tes kehamilan, baru beberapa waktu lalu ayah dan bunda bercengkrama, berandai seperti apa bentuk janin nantinya. Tak terasa sekarang sudah masuk trimester tiga, suatu tahap yang paling mendekati hari persalinan, waktu dimana buah hati akan siap disambut kapan saja.

Berdasarkan waktunya, kehamilan dibagi menjadi 3 tahap trimester. Pertama, dimana bunda masih beradaptapsi dengan pengalaman hamil itu sendiri, dan janin masih tidak berbentuk manusia. Kedua, janin mungkin tidak segumpah darah seperti trimester pertama, dan bunda sudah mulai terbiasa. Sedangkan ketiga layaknya balapan, dan garis finish hanya sejengkal lagi.

Karateristik hamil 7 bulan memang cukup menarik untuk diketahui. Ada banyak hal yang harus bunda pahami agar tidak salah mengambil keputusan. Ingat, setiap langkah akan menentukan keberhasilan persalinan. Menentukan masa depan buah hati yang nanti akan berada di dunia. Anjuran kehamilan 7 bulan tersebar dimana – mana bukan bertujuan menganggu psikologis melainkan membantu kelancaran kehamilan itu sendiri.

  1. Minta keringanan
    Era modern menuntut kenaikan penghasilan per rumah tangga. Tidak jarang, bunda turut membantu suami dalam mencari mata pencaharian. Lapangan kerja terbuka luas bagi kaum perempuan semakin mempermudah jalur wanita karir. Pertanyaannya adalah seberapa aman pekerjaan bunda untuk kehamilan saat ini ?

    Beberapa perusahan memaklumi kondisi kehamilan. Jujur saja, tidak satupun orang dalam perusahaan bahkan pemilik sendiri bukan hasil perjuangan seorang bunda. Seharusnya, bunda bisa meminta cuti terutama memasuki trimester ketiga. Tubuh bunda semakin lemah dengan banyaknya jatah oksigen yang dirampas oleh janin, belum lagi hormone yang semakin meningkat sehingga perubahan mood mendadak tidak cocok untuk lingkup kerja.

  2. Anjuran konsumsi
    Jantung sudah jelas komponen terpenting dalam tubuh, tapi apakah bunda tahu alasannya ? Pekerjaan jantung sebetulnya gampang tapi sangat penting. Satu – satunya organ tubuh yang tidak pernah punya waktu istirahat adalah jantung, tugas jantung hanya satu yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Sel darah sebetulnya membawa oksigen yang diserap lewat hidung, yang kemudian di distribusikan lewat jantung. Mungkin bisa dibilang jantung seperti stasiun kereta yang tidak pernah berhenti bekerja.

    Oksigen sendiri diperlukan agar organ bekerja dengan baik. Ibarat mesin, oksigen seperti bahan bakar mesin, tanpa adanya oksigen, secara otomatis bunda tidak bisa beraktivitas dengan normal. Karena oksigen dibawa oleh darah, bisa dibayangkan jika darah harus mengalami fase ‘kontruksi’ ?

    Darah sendiri memiliki fase hidup dimana ada saatnya dimana harus ‘basi’. Mineral yang bertanggung jawab atas fase hidup dan kelahiran sel darah disebut zat besi. Kalau tidak ada zat besi, individu bisa mengucapkan selamat tinggal pada tubuh bugar dan sehat.

    Sejauh ini, zat besi banyak ditemukan pada produk daging dan hewani. Kendati demikian daging merah bukan satu – satunya bahan yang bisa menawarkan zat besi. Kalangan orang yang anti makan daging alias vegetarian telah mengenal beragam sayuran yang punya kandungan zat besi seperti produk hewani. Misalkan saja kentang, tomat, seledri, teh hijau, bahkan bawang putih sekalipun kaya akan zat besi. Pastikan makanan tersebut selalu masuk dalam menu bunda.

  3. Bengkak dimana mana
    Aneh tapi nyata, tubuh bunda bukan hanya membesar, bahkan membengkak. Area tubuh akan menemukan banyak bengkak yang bisa jadi menyakitkan terutama pada telapak kaki. Beberapa orang mendapati berjalan diatas rumput atau pasir tanpa mengenakan sandal akan sangat membantu.

    Kembali lagi pada wanita karir, ada beberapa deskripsi pekerjaan yang mengharuskan berdiri seharian. Pelayan toko, penjaga kasir, atau resepsionis dibayar untuk berdiri dengan senyum cerah, terutama kaum hawa. Masalahnya, bengkak pada kaki tidak bisa dipaksa berdiri terlalu lama, bahkan nyawa ibu dan janin bisa terancam kalau terlalu lama mengenakan sepatu dan mempertahankan posisi di waktu lama.

    Perempuan hamil terkadang harus mengambil keputusan esktrem. Keluar dari pekerjaan memang tidak pernah mudah, namun tidak ada lagi yang bisa dilakukan bila perusahaan ogah memberi keringanan. Salah satu langkah pencegahan atau mengurangi bengkak di kaki yakni minum air putih yang banyak, walau pada satu titik bunda harus benar – benar konsultasi dengan ahlinya untuk masalah satu ini.

  4. Perubahan aroma tubuh

Tubuh memang punya kemampuan yang luar biasa dalam mempertahankan diri. Masa persalinan yang semakin dekat tidak hanya menuntut persiapan dari bunda dan ayah, bahkan badan juga punya agenda sendiri. Guna menyiapkan keluarnya bayi dari rahim ibu, tubuh dengan rajin mengumpulkan lemak.

Pernah melihat sistem air bag mobil ? Ya, guna memastikan keamanan pengendara, setiap kali terjadi tubrukan, bantal yang empuk siap menjaga kepala empunya mobil, begitu pula dengan kehamilan. Supaya bayi lebih mudah keluar, lemak – lemak dikumpulkan supaya lebih empuk, namun akibat dari tindakan ini, pori – pori akan membesar.

Keringat sebagai media pembuangan racun dan menjaga suhu tubuh tetap pada kadar normal kadang punya bau yang kurang menyenangkan. Banyak perempuan hamil mengeluh bau badan dari hari ke hari tidak sedap meski sudah sering mandi sekalipun. Kendati demikian, kondisi seperti ini sangat wajar.

Pakaian akan menentukan bagaimana bunda tampil di banyak kalangan. Ada baiknya pemilihan bahan diperhatikan dengan baik. Bahan katun akan sangat pas menemani kehamilan 7 bulan dibanding bahan panas yang tidak menyerap keringat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*