Keluhan Saat Hamil Muda yang Bisa Ibu Tangani Sendiri

hamil muda Facebook Ibu dan Balita

Hamil muda dipenuhi dengan berbagai persoalan kesehatan. Ibu pasti mengalami beberapa keluhan saat hamil muda. Lalu, apa tindakan ibu?

Kebanyakan ibu hamil akan langsung mencari tahu di internet untuk mendapatkan solusi akan permasalahan tersebut. Sementara itu, ada juga ibu yang tidak terlalu percaya dengan informasi yang ada di internet dan langsung konsultasi dokter anak. Tentu saja hal tersebut wajar karena sebagai seorang ibu atau calon ibu, pasti ingin menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Akan tetapi, ibu jangan sampai terlalu khawatir dengan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang muncul ketika masa kehamilan muda pada trisemester pertama. Beberapa keluhan sebenarnya bisa ibu tangani sendiri tanpa harus pergi konsultasi dengan dokter kandungan. Lalu, apa saja keluhan yang bisa ibu tangani sendiri? Berikut info selengkapnya.

Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar (BAB) merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan oleh para ibu hamil muda. Memang menyakitkan tapi itu adalah fase yang sangat normal. Jika hal tersebut juga ibu alami, ibu perlu memperhatikan asupan gizi ibu. Apakah susu yang ibu pilih memiliki kandungan yang seimbang dan sesuai dengan kondisi ibu? Jika tidak, sebaiknya ibu menggantinya dengan susu ibu hamil sesuai rekomendasi dokter karena dokter tahu persis susu yang terbaik sesuai kondisi kesehatan ibu.

Cara mengatasi susah BAB saat kehamilan muda bukan hanya dengan mengganti susu ibu hamil. Karena faktornya bukan hanya pada susu. Susah BAB berarti ibu kekurangan nutrisi. Hal tersebut dikarenakan nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi dihabiskan oleh janin untuk perkembangannya sehingga tubuh ibu hanya mendapatkan sisa nutrisi yang jumlahnya sedikit.

Untuk mengatasi hal ini, ibu perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran hijau. Selain itu, saat hamil muda, usahakan ibu mengkonsumsi lebih banyak air putih. Jika biasanya ibu hanya mengkonsumsi 8 gelas tiap hari, mulai sekarang ibu harus mengkonsumsi lebih dari 8 gelas setiap hari.

Pusing

Selain susah BAB, keluhan yang sering terjadi juga pusing atau sakit kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Akan tetapi, pusing pada masa kehamilan muda itu sering disebabkan oleh anemia atau kekurangan darah.

Pada saat kehamilan, janin juga membutuhkan darah untuk perkembangan. Janin mengambil darah ibu. Itulah sebabnya ibu hamil sering merasa pusing karena ia mengalami kekurangan darah atau anemia.

Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi obat penambah darah diharapkan menjadi alternatif terakhir. Pasalnya, tidak semua obat penambah darah itu baik untuk perkembangan janin.

Disarankan ibu memilih susu ibu hamil yang memiliki tinggi zat besi. Kandungan ini penting untuk menambah produksi darah. Selain itu, kandungan lain dalam susu bisa menetralisir atau menyeimbangkan antara zat besi dengan zat yang lain. Berbeda dengan obat penambah darah yang mungkin ada kandungan yang tidak baik untuk ibu hamil.

Tentu saja masih banyak lagi keluhan yang bisa ibu tangani sendiri selain susah buang air besar dan pusing karena anemia. Akan tetapi, bukan berarti konsultasi dengan dokter kandungan itu tidak penting. Konsultasi juga sangat penting untuk memastikan janin dalam kandungan berkembang normal. Selain itu, konsultasi juga sangat dibutuhkan agar jika ada indikasi adanya penyakit yang membahayakan pada janin seperti jantung bocor, hal tersebut bisa diantisipasi ketika masih dalam period hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*