Keluhan Kesehatan Kecil Pada Balita Tapi Butuh Penanganan Cepat

Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Tugas berat ibu sebagai orang tua adalah memastikan tidak ada hal berbahaya yang dialami oleh si kecil dan tugas itu hanya bisa dilakukan jika ibu tahu bagaimana cara mengatasi keluhan kesehatan yang bisa dialami oleh si kecil. Tentu banyak sekali keluhan yang bisa terjadi, mulai dari demam, pilek, flu, batuk, dan lain sebagainya. Keluhan kesehatan yang sangat wajar terjadi pada balita. 

Akan tetapi, berikut ini keluhan kesehatan yang tidak boleh ibu anggap enteng. Ibu harus memberikan penanganan secepatnya. Dan penanganan tersebut harus tepat.

Muncul Bintik Merah Pada Kulit

Masyarakat mengatakan bintik merah pada kulit si keci itu dinamakan alergi. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk udara dan juga air. Tapi, tahukah ibu jika bintik merah juga bisa menjadi pertanda demam berdarah? Tentu saja tidak semua anak yang mengalami alergi pada kulit itu terkena demam berdarah. Hanya saja, ada kemungkinan bintik merah tersebut tanda si kecil mengalami demam berdarah.

Ibu harus lebih tahu tentang tanda-tanda lain dari demam berdarah ini seperti panas tinggi dan tiba-tiba turun. Ulasan seputar demam berdarah dan tanda-tandanya dibahas di www.ibudanbalita.com . Di sana juga membahas lebih banyak keluhan seputar alergi pada kulit. Yang pasti, jika balita mengalami alergi, ada beberapa hal yang harus ibu lakukan.

Yang pertama, ingat minuman atau makanan yang baru saja dimakan oleh si kecil. Barangkali balita ibu terkena alergi terhadap makanan tersebut.

Yang kedua, jangan mandikan si kecil dengan air dingin, sebaiknya gunakan air hangat. Jika perlu, ibu hanya perlu mengelap badan si kecil dengan air hangat saja. Jangan dimandikan. Karena dikhawatirkan bintik merah tersebut akan semakin menyebar ke seluruh tubuh jika ibu memandikan si kecil.

Yang ketiga, berikan makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, alergi yang dialami oleh si kecil itu disebabkan oleh kekebalan tubuh lemah yang diserang oleh virus atau bakteri tertentu.

Diare

Apakah diare itu disebabkan oleh bakteri? Ternyata tidak. Bisa juga diare yang dialami oleh si kecil itu disebabkan oleh susu karena ternyata susu yang sudah terkontaminasi bisa menyebabkan diare lho. Belum lagi dengan bahan makanan yang tidak higienis atau tempat makan yang tidak dicuci dengan bersih. Jadi, diare ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan ibu harus mengerti hal ini.

Oleh sebab itu, cara mengatasi diare yang paling tepat itu adalah memastikan kebersihan apa saja yang digunakan oleh si kecil. Dan pastikan susu yang ibu berikan merupakan susu yang masih bagus, bukan susu yang sudah terkontaminasi.

Diare ini tidak boleh dianggap enteng. Karena diare bisa memicu anak mengalami kelelahan dan tidak memiliki stamina. Akibatnya, si kecil tidak bisa beraktivitas dan perkembangannya terganggu. Semoga si kecil terhindar dari hal tersebut dan tugas ibu adalah memastikan si kecil tidak mengalami keluhan kesehatan sekecil apapun. Karena keluhan kesehatan apapun bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan balita.

Mengenai masalah perkembangan balita, ibu memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya permainan edukatif saja yang bisa membuat tumbuh kembang balita optimal. Tapi, kehadiran serta kasih sayang ibu juga tak kalah penting.

Bagaimana ibu bisa berperan sebagai orang tua yang baik? Ibu bisa simak ulasannya di situs ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*