Kekurangan Asam Folat Ternyata Bisa Mengganggu Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil sangat mempengaruhi kesehatan janin. Itulah mengapa nutrisi ibu hamil entah dari makan dan minuman itu harus tercukupi.

Namun, ada hal yang terpisah antara kesehatan seorang wanita hamil dengan kesehatan janin dalam kandungan. Artinya, seorang ibu hamil harus tahu bahwa menjaga kesehatannya sendiri itu juga sangat pentint walaupun jika terjadi gangguan kesehatan sama sekali tidak mempengaruhi janin.

Dalam hal ini, nutrisi berupa asam folat bisa memastikan kesehatan wanita hamil terjaga selalu. Asam folat tidak hanya baik untuk kesehatan janin terutama sarafnya, tapi juga untuk ibu hamil itu sendiri.

Asam Folat Mencegah Anemia

Tidak banyak yang tahu juga asam folat itu juga mengatasi dan bahkan mencegah anemia. Anemia atau kekurangan darah memang sering dirasakan oleh ibu hamil. Bahkan hingga kandungan mencapai usia trimester ketiga, anemia ini bisa menyerang. Hal ini disebabkan oleh sel darah diproduksi dalam jumlah yang sedikit. Walhasil, ibu akan mengalami anemia.

Tentu saja anemia ini akan sangat mengganggu kesehatan wanita hamil. Jika anemia tidak diatasi, tubuh akan lemas dan bahkan bisa divonis agar ibu bedrest. Agar hal buruk ini tidak terjadi, maka ibu harus memperbanyak mengkonsumsi asam folat. Pasalnya, asam folat juga mempengaruhi meningkatkan produksi sel darah merah sehingga anemia bisa disembuhkan.

Asam Folat Mencegah Penyakit Jantung

Bagi wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya mempertimbangkan untuk lebih banyak mengkonsumsi asam folat entah dari susu atau dari makanan yang kaya kandungan nutrisi yang satu ini. Untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang memiliki riwayat terkena penyakit jantung, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat merupakan cara yang paling tepat.

Apakah ada hubungan antara penyakit jantung dengan nutrisi ibu hamil berupa asam folat ini? Tentu saja ada. Ternyata, asam folat berperan aktif untuk menghilangkan homosistein. Ini merupakan senyawa yang beracun penyebab penyakit jantung.

Jadi, bagi ibu yang memiliki penyakit jantung, ibu bisa menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil yang satu ini, yaitu mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat.

Asam Folat Meredakan Stres

Sekilas memang tidak ada hubungan antara stres dengan asam folat. Apalagi stres biasanya dikaitkan dengan problematika dari luar, bukan masalah kesehatan dari dalam. Namun, beberapa peneliti kesehatan ibu hamil menunjukkan bukti bahwa asam folat cukup berpengaruh dalam menurunkan stres.

Jadi, jika ibu sudah menerapkan manajemen mengendalikan stres namun tetap saja sering stres saat hamil, mungkin ibu bisa coba cara yang satu ini, memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Tidak sedikit sumber asam folat yang bisa ibu dapatkan. Yang pasti, untuk menjaga kesehatan wanita hamil, setiap wanita hamil seperti ibu wajib mendapatkan nutrisi yang satu ini dalam jumlah yang cukup. Ibu bisa dengan mudah mendapatkan nutrisi ini dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil. Sayuran hijau dan kacang-kacangan juga mengandung asam folat.

Ibu perlu mencari tahu menu makanan apa saja yang bisa memberikan asam folat. Pilihlah menu makanan yang lezat agar ibu tidak merasa berat menjalani masa kehamilan. Semakin variatif menu makanan sehat ibu hamil yang ibu dapatkan maka semakin ringan rasanya menjadi seorang ibu hamil. Dengan demikian, ibu akan selalu merasa bahagia. Dan bahagia itulah merupakan kunci menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*