Kegiatan untuk Memaksimalkan Nutrisi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Nutrisi ibu hamil apa yang sangat dibutuhkan saat persalinan sudah dekat? Betul sekali, kalori. Nutrisi yang satu ini sangat diperlukan untuk memastikan seorang ibu hamil memiliki tenaga yang cukup banyak untuk mengahadapi proses persalinan nanti. Pasalnya, proses persalinan membutuhkan tenaga yang sangat banyak sehingga kalori yang dibutuhkan juga harus dalam jumlah yang banyak.

Sayangnya, nutrisi ibu hamil berupa kalori saja tidak cukup untuk memastikan ibu hamil memiliki tenaga yang cukup. Untuk memaksimalkan nutrisi tersebut, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini.

3 Kegiatan yang Sangat Dianjurkan

Ibu harus mengetahui saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, maka rasa malas yang ibu rasakan akan semakin luar biasa. Ibu akan sangat malas sekali melakukan kegiatan apapun.

Oleh sebab itu, ibu harus mulai melakukan tiga kegiatan berikut ini apalagi saat ibu tinggal meninghitung hari untuk menyambut kelahiran sang buah hati.

Jalan Sehat Sambil Belanja

Tentu saja jauh-jauh hari ibu sudah menyiapkan segala perlengkapan untuk bayi ibu. Namun, mungkin beberapa hal yang tertinggalan. Daripada hanya diam saja di dalam rumah, akan lebih baik jika ibu meluangkan waktu untuk jalan-jalan sambil belanja.

Kebanyakan ibu hamil tidak merasa berat untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Sayangnya, hanya beberapa yang mau meluangkan waktu untuk sekedar jalan sehat. Untuk mengantisipasi rasa malas tersebut, jalan-jalan sambil berbelanja bisa menjadi altarnatifnya. Jadi, ibu tidak akan merasa sedang melakukan olahraga. Dengan sangat senang hati, ibu akan jalan sambil mencari barang kebutuhan bayi.

Jelas sekali bahwa jalan sehat merupakan jenis olahraga ringan yang mampu untuk menjaga dan meningkatkan stamina. Kegiatan ini bisa ibu lakukan untuk memastikan ibu menjaga kebugaran sehingga siap untuk menjalani masa persalinan.

Namun, ibu juga harus tetap mendapatkan kalori yang tepat sebagai nutrisi ibu hamil yang sangat penting untuk menjaga stamina dan energi ibu.

Berenang tidak Hanya Membuat Tubuh Bugar

Ada banyak sekali manfaat dari berenang khususnya bagi ibu hamil tua. Salah satunya tentu saja untuk menjaga kebugaran. Apalagi saat masa kelahiran sudah hampir sampai, maka kegiatan berenang bisa ibu lakukan rutin mungkin satu atau dua minggu sekali.

Selain untuk menjaga kebugaran, berenang juga akan membuat ibu tidak stres. Tidak sedikit ibu hamil tua yang stres karena khawatir menghadapi proses persalinan nanti. Hal ini biasanya dialami oleh wanita yang baru pertama kali mengandung.

Untuk mengatasi stres, ibu bisa melakukan kegiatan berupa berenang. Selain itu, ibu coba mengkonsumsi makanan yang tidak hanya mengandung nutrisi ibu hamil tapi juga membuat hati dan pikiran tenang sehinga ibu tidak stres.

Yoga untuk Ibu Hamil

Ada juga lho yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Gerakan yoga ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil. Selama ini yoga dianggap sebagai kegiatan yang membuat tenang. Akhirnya, seseorang yang mengikuti program yoga akan menemukan semangat kembali.

Jadi, nutrisi ibu hamil terutama kalor itu penting sekali saat proses persalinan tinggal menunggu hari. Akan tetapi, untuk memastikan ibu bugar dan penuh energi hingga saat persalinan tiba, kegiatan tersebut di atas bisa ibu lakukan. Dua-duanya harus ibu lakukan, yaitu melakuan kegiatan entah jalan sehat, mengikuti program yoga, atau berenang, dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*