Kegiatan Super Simpel Yang Membantu Tumbuh Kembang Balita Usia 2 Tahun

permainan bayi usia 3 bulan www.ibudanbalita.com

Ibu harus selektif dalam memilihkan permainan atau kegiatan jika ingin melihat tumbuh kembang balita lebih optimal. Setiap permainan harus disesuaikan dengan usia sang buah hati. Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan apakah si kecil berminat dan penuh semangat untuk melakukan kegiatan tersebut atau tidak. Ini sangat menentukan bagaimana si kecil berkembang.

Untuk balita usia 2 tahun, ibu harus memilihkan kegiatan yang membuat balita bergerak. Balita harus lebih banyak bergerak daripada berdiam diri. Untuk itu, permainan seperti game online atau game di handphone jelas kurang baik untuk perkembangan balita usia 2 tahun.

Kegiatan Sederhana Untuk Memaksimalkan Perkembangan Balita

Jika ibu mau melihat bagaimana orang tua zaman dahulu mengasuh anak, maka ibu tidak perlu kesulitan untuk mencari kegiatan sederhana yang akan memaksimalkan perkembangan sang buah hati. Sayangnya, banyak sekali kendala untuk mengajarkan kegiatan tersebut.

Banyak orang tua yang tidak memiliki waktu untuk bermain dengan balita. Jangankan mengajak si kecil bermain permainan tradisional. Meluangkan waktu untuk sekedar bercanda saja kelihatannya sangat sedikit. Biasanya kendala ini dihadapi oleh orang tua yang menjalani profesi sebagai pegawai kantor yang harus pergi pagi pulang sore dan bahkan hingga malam.

Selain itu, ada juga kendala yang lain. Tidak banyak balita yang suka dengan permainan tradisional. Kebanyakan balita bermain dengan gadget. Padahal, beberapa permainan tradisional harus dilakukan secara berkelompok. Tidak mungkin kan balita ibu saja yang memainkan permainan tersebut.

Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Ada kegiatan sederhana yang bisa ibu ajarkan kepada si kecil demi tumbuh kembang anak optimal. Salah satunya adalah kegiatan loncat satu kaki.

Ibu masih ingat cara bermain taplak gunung? Permainan yang satu ini disebut juga dengan sudamanda atau permainan engklek. Permainan ini akan membuat balita ibu meloncat dengan menggunakan satu kaki.

Permainan Sudamanda

mainantradisionalindonesia.wordpress.com

Sebelum mengajak si kecil bermain sudamanda, ada baiknya ibu ajarkan bagaimana melompat dengan satu kaki. Jika si kecil sudah terbiasa, ibu bisa memberikan tantangan yang lebih rumit lagi dengan mengajak balita bermain sudamanda.

Permainan sudamanda ini tidak hanya akan membuat balita bergerak, tapi juga balita belajar mengatur keseimbangan. Selain itu, si kecil akan belajar bagaimana menyelesaikan masalah. Sudamanda merupakan permainan di mana ada awal dan akhir yang harus diselesaikan. Balita akan termotivasi untuk menyelesaikan permainan. Ini sangat baik tidak hanya untuk tumbuh kembang balita secara fisik tapi juga psikologi.

Selain permainan sudamanda, ibu juga bisa mengajak balita melakukan kegiatan berjalan di atas balok. Balita usia 2 tahun suka sekali berlari. Terkadang, ibu kesulitan untuk membuatnya berhenti berlari.

Di satu sisi, kegiatan berlari ini sangat baik. Namun, ada kalanya ibu merasa was-was jika sang buah hati jatuh.

Ibu bisa menawarkan permainan alternatif, yaitu berjalan di atas balok. Sama halnya dengan permainan sudamanda, berjalan di atas balok juga akan membuat balita belajar keseimbangan. Namun, yang pasti, permainan ini akan membuat balita berhenti berlarian.

Permainan yang satu ini jelas lebih mudah daripada sudamanda. Jika balita ibu belum begitu siap untuk melompat dengan kaki kiri karena fisiknya yang belum kuat, ibu bisa ajak si kecil bermain permainan yang satu ini. Siapkan balok dengan panjang dan lebar sesuai dengan tapak kaki si kecil. Taruh beberapa balok di lantai dan ajak si kecil untuk berjalan di atas balok tersebut tanpa kaki menyentuk lantai.

Dua permainan tersebut, yaitu sudamanda dan berjalan di atas balok hanya sebagai contoh saja. Setidaknya ibu mengerti tidak hanya permainan gadget yang harus ibu berikan. Tidak juga ibu harus membelikan permainan dengan harga yang mahal lantaran ini sekali anak tumbuh pintar.

Yang seharusnya menjadi concern utama adalah bagaimana agar tumbuh kembang balita optimal. Jika ini terjadi, maka si kecil mudah sekali mengalami perkembangan dari segi intelejensinya.

Mencari Ide Permainan Kreatif Untuk Balita

Sangat mudah untuk mencari ide kegiatan atau permainan kreatif untuk balita, semua sudah banyak ide-ide di forum online dan ibu akan temukan berbagai ide kegiatan menarik dan baik untuk perkembangan anak.

Beberapa jenis permainan bisa ibu modifikasi sendiri. Artinya, ibu bisa ubah sesuai dengan kebutuhan. Yang pasti, ide permainan tersebut sesuai dengan keilmuan kesehatan dan perkembangan balita. Jadi, sangat tepat jika ibu mengambil ide permainan dari situs tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, yang perlu ditegaskan adalah apakah ibu bisa melepaskan si kecil dari kecanduan bermain gadget. Ini pertanyaan besarnya. Selama ibu tidak mampu membuat si kecil lepas dari kecanduan bermain gadget, sepertinya sulit sekali membuat anak mau melakukan permainan yang menuntutnya bergerak. Padahal permainan seperti inilah yang dibutuhkan untuk memaksimalkan perkembangan anak.

Dan pertanyaan selanjutnya adalah apakah ibu akan menyediakan waktu untuk mengajak si kecil untuk bermain? Pada kenyataannya, banyak orang tua yang akhirnya memberikan perminan gadget lantaran mereka tidak ingin diganggu. Ketika anak diam dengan gadget, maka orang tua bisa melakukan aktivitas sendiri. Ini yang tidak boleh ibu lakukan.

Jadi, luangkan waktu untuk bercengkerama dengan si kecil. Ajak dia bermain permainan yang membuatnya gerak. Dua permainan sudamana dan berjalan di atas balok bisa ibu coba mainkan dengan si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*