Kegiatan Sepele Tapi Berbahaya Untuk Dilakukan Ketika Hamil Muda

hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda merupakan masa yang paling berat. Kenapa paling berat? Karena pada masa tersebut, seorang wanita mengalami kondisi yang berbeda. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan yang pertama kali.

Ada banyak sekali pantangan. Ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ibu hamil juga akan harus membuat list makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjagak kondisi janin yang ia kandung.

Namun, dari banyaknya informasi tentang cara menjaga kehamilan muda tersebut, ada beberapa hal yang kelihatannya sepele tapi sangat membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan. Bisa dikatakan, hal tersebut bisa menganggu perkembangan bayi di dalam kandungan. Apa saja kegiatan tersebut?

Berdandan

Bagi wanita, terutama wanita karir, berdandan merupakan kebutuhan. Di dalam dunia kerja, wanita dituntut untuk tampil menarik. Oleh karena itu, mereka harus berdandan, mengaplikasikan bedak, lipstik, dan lain sebagainya.

Namun, ternyata berdandan beresiko membuat janin tidak berkembang dengan baik khsusunya jika kosmetik yang digunakan mengandung merkuri.

Sudah bukan hal yang baru lagi jika merkuri merupakan zat yang tidak baik untuk kulit wajah. Namun, ternyata merkuri yang diaplikasikan pada wajah juga berpengaruh dengan perkembangan sang jabang bayi dalam kandungan.

Itulah mengapa dokter kandungan melarang keras penggunaan kosmetik mengandung merkuri ketika hamil muda. Bahan lain dalam kosmetik yang berbahaya bagi janin selain merkuri adalah hydoquinone, BHA, Rhodamin, dan Benzoil Peroxyde.

Sayangnya, bahaya ini tidak disadari oleh para ibu hamil. Mereka menganggap berdandan itu tidak berpengaruh terhadap janin.

Minum Teh

Apakah ibu salah seorang pecinta teh? Jika ya, ibu harus tahu fakta berikut ini. Ternyata, para dokter kandungan tidak menyarankan ibu hamil mengkonsumsi teh karena teh mengandung kafein. Karena teh ini dilarang karena kandungan kafein, secara otomatis mengkonsumsi kopi juga dilarang.

Akan tetapi, ada beda pendapat tentang minum teh ini. Ada pendapat bahwa teh itu mengandung antioksidan, selain juga mengandung kafein. Antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu yang sedang dalam masa hamil muda.

Untuk itu, ada pendapat mengkonsumsi teh itu sah-sah saja dan tidak akan membahayakan janin asalkan tidak terlalu sering. Mengkonsumsi teh terlalu sering berarti mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak. Tentu hal tersebut tidak baik untuk perkembangan janin dan juga kesehatan wanita hamil.

Kerja Larut

Bagi wanita karir, kerja sampai larut malam atau lembur di rumah menjadi hal yang biasa. Akan tetapi, jangan mengangap hal tersebut biasa saja ketika sedang dalam kondisi hamil, terutama hamil trisemester pertama.

Kerja larut malam akan membuat kondisi fisik dan psikis ibu kurang baik sehingga hal tersebut memicu muncul stres. Sementara itu, ibu yang sering stres akan mempengaruhi perkembangan bayi yang ada dalam kandungan. Wanita hamil yang sering stres biasanya susah makan sehingga hal tersebut berpengaruh pada gizi janin di dalam kandungan.

Oleh karena itu, ibu harus menghindari kerja larut malam. Ibu bisa meminta tolong suami untuk mengerjakan tugas kantor atau meminta dispensasi dari atasan agar porsi pekerjaanya dikurangi selama masa kehamilan.

Dari penjelasan tersebut di atas, diharapkan ibu tidak menyepelakan hal-hal yang kecil yang ternyata membahayakan janin dalam kandungan ibu. Jadi, mulai memperhatikan apa saja kegiatan yang harus ibu lakukan. Jangan sampai membahayakan bagi janin yang ibu kandung dalam masa hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*