Kegiatan Senam Hamil Usia 9 Bulan Yang Tepat

senam hamil Source: stylesatlife

Untuk bisa tetap tenang ketika  menghadapi proses kelahiran, senam hamil 9 bulan merupakan salah satu cara yang dapat  dilakukan oleh para ibu hamil. Sebab proses kelahiran ini memang menjadi momen yang mendebarkan sekaligus menegangkan untuk semua wanita dan keluarganya. Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang matang agar proses kelahiran dapat berlangsung lancar dan aman. Apalagi senam  ini bermanfaat untuk  para ibu hamil guna melenturkan otot-otot yang digunakan ketika  kelahiran dan juga untuk menenangkan mental atau pikiran.

Untuk dapat tetap sehat dan bugar walaupun ukuran perut sudah semakin membesar, Anda bisa mengaturnya dengan melakukan senam. Ada beberapa gerakan senam yang umumnya diajarkan dan dilakukan oleh para ibu hamil. Salah satunya yaitu  senam kegel, senam yang fungsinya untuk menguatkan dan melenturkan otot-otot panggul agar proses kelahiran menjadi lebih lancar. Senam kegel juga melatih otot-otot di sekitar kandung kemih dan juga rahim agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika  proses kelahiran sedang berlangsung.

Berbagai Macam Gerakan Senam Hamil Sebelum Melahirkan

Senam saat usia 9 bulan sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk gerakan dasarnya, posisikan punggung Anda lurus dan secara perlahan turunkan badan Anda hingga jongkok. Tahan posisi tersebut sampai 10 hitungan lalu kembalikan lagi posisi tubuh Anda ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali setiap harinya agar otot-otot di sekitar paha dan otot panggul menjadi semakin kuat. Berikut ini beberapa gerakan senam yang dapat  Anda lakukan ketika hamil ;

  • Duduk Dengan Bersila

Gerakan senam yang pertama yaitu duduk bersila, nah Anda dapat  melakukannya dengan duduk di atas matras atau di atas lantai. Posisikan tubuh Anda duduk bersila lalu  letakkan kedua tangan Anda di atas paha. Lakukan gerakan ini seperti ketika  Anda melakukan meditasi yoga. Buatlah jiwa dan pikiran Anda setenang mungkin sembari mengatur napas. Hirup napas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan latihan pernapasan ini secara rutin agar Anda juga dapat melakukannya ketika  proses kelahiran tiba.

  • Merangkak

Anda juga bisa  melakukan latihan dengan posisi misalnya saja sedang merangkak. Setelah posisi tubuh sudah siap, lalu kempiskan perut Anda dan kerutkan juga dubur Anda. Gerakan berikutnya dalam posisi merangkak ini merupakan  gerakan mengejan. Tarik napas dengan mulut terbuka, kemudian tiup napasnya tetapi  dalam kondisi mulut tertutup.

Bayangkan saja sepertim saat Anda sedang mengejan ketika buang air besar. Lakukan gerakan tersebut kurang lebih  delapan kali dalam 1 sesi senam. Latihan ini dilakukan oleh para ibu hamil 9 bulan untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh agar lebih lancar ketika melahirkan.

  • Jongkok

Selain dengan posisi duduk dan merangkak, senam usia 9 bulan ini juga dapat dilakukan dalam posisi jongkok. Mulailah dengan posisi tubuh tegak dan lurus, setelah itu jongkoklah secara perlahan akan tetapi pertahankan posisi punggung yang lurus. Tahan posisi ini selama beberapa menit untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul Anda serta untuk merenggangkan otot-otot tersebut.

  • Kupu-Kupu

Untuk  para ibu hamil yang harus Anda lakukan adalah duduk di lantai seperti bersila. Akan tetapi satukan kedua telapak kaki Anda seperti sedang bertepuk tangan. Setelah telapak kaki kanan dan kiri bersatu, lalu Anda bisa mendorong lutut ke arah lantai. Lalu lakukan gerakan kupu-kupu ini berulang-ulang dalam 1 sesi senam.

  • Berjalan Kaki

Tidak  hanya gerakan-gerakan senam saja yang dapat membantu ibu hamil mempersiapkan masa kelahirannya. Untuk Anda yang sedang hamil, seharusnya sejak awal Anda perlu menyiapkan segala sesuatu untuk anak Anda di dalam kandungan, termasuk menyiapkan diri Anda sendiri. Berjalan kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang mudah dilakukan. Berjalan kakilah setiap hari, baik untuk pergi ke suatu tempat atau hanya berkeliling di halaman rumah saja.

Berbagai Manfaat Senam Hamil

Kegiatan senam usia 9 bulan ini ternyata efeknya  sangat dirasakan oleh pada ibu yang sudah mendekati masa persalinan. Salah satu manfaat utama dari melakukan senam-senam ini adalah untuk melatih pernapasan dan juga menguatkan otot-otot yang Anda butuhkan  ketika melahirkan. Gerakan jongkok bermanfaat untuk meregangkan otot-otot tubuh bagian bawah terutama otot panggul dan otot paha yang sangat berpengaruh saat proses persalinan. Disamping itu gerakan-gerakan senam hamil juga membantu para ibu hamil membenarkan posisi bayi yang akan lahir untuk masuk ke jalur lahir yang benar. Sebab sering sekali terjadi kasus posisi bayi tidak benar saat masa persalinan sudah di depan mata.

Senam ini sebenarnya juga dianjurkan oleh para dokter untuk ibu-ibu hamil di seluruh dunia. Terutama untuk wanita yang baru pertama kali hamil dan belum pernah melahirkan sebelumnya. Disamping melakukan gerakan olahraga dan senam, Anda juga perlu mengimbanginya dengan asupan gizi yang cukup. Makanlah telur, sebab ternyata telur dapat  mengurangi beban pikiran Anda selama masa kehamilan yang sudah semakin dekat dengan proses persalinan. Disamping  itu melakukan senam ini  juga dapat membantu menjaga kondisi psikologi Anda agar  tidak terlalu takut atau bahkan sampai stres memikirkan proses persalinan.

Senam hamil atau senam kegel untuk para ibu hamil memang  sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya yaitu agar proses kelahiran dapat lebih lancar tanpa adanya berbagai masalah yang membahayakan janin maupun ibunya. Jika Anda tidak dapat melakukan senam tersebut sendirian, Anda bisa mencari kelas senam khusus untuk para ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*