Kegiatan Penting untuk Melengkapi Fungsi Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

 

Nutrisi ibu hamil memang diperlukan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan terjaga. Hanya saja, nutrisi saja tidak cukup lho. Ibu perlu menyempurnakan fungsi nutrisi yang ibu dapatkan entah dari makanan maupun susu ibu hamil dengan melakukan beberapa kegiatan yang direkomendasikan untuk dilakukan selama masa hamil.

Lalu, apa sajakah kegiatan yang bisa melengkapi fungsi dari nutrisi ibu hamil tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Istirahat yang Cukup

Coba ibu jelaskan kenapa ibu butuh menjaga kesehatan saat hamil dengan cara mengkonsumsi susu yang kaya akan nutrisi untuk ibu hamil. Secara singkat, hal tersebut bisa dijelaskan karena pada dasarnya menjaga kesehatan ibu hamil itu sama saja dengan menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Itulah mengapa nutrisi ibu hamil harus dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak hanya sehat dan baik untuk ibu hamil serta minum susu.

Akan tetapi, jika fokusnya adalah untuk menjaga kesehatan ibu hamil, maka ibu juga harus perhatikan waktu istirahat ibu setiap hari. Apakah ibu punya waktu istirahat yang cukup? Pada saat hamil, ibu akan merasakan beban yang lebih berat, entah beban secara fisik karena perut semakin berat atau beban mental karena biasanya psikologi ibu hamil itu sering tertekan.

Untuk itu, selain memastikan terpenuhinya nutrisi ibu hamil, ibu juga harus istirahat yang cukup ya. Dengan pola istirahat yang tepat, badan ibu akan bugar kembali dan tidak mudah sakit. Bukankah itu artinya ibu menjaga kesehatan?

Olahraga Ringan

Salah satu masalah yang sering muncul selama masa kehamilan adalah rasa malas. Hal ini dikarenakan ibu merasa tidak punya energi. Meskipun ibu sudah makan banyak dan minum susu yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil, tetap saja ibu merasa lemas.

Hal tersebut dikarenakan nutrisi ibu hamil saja tidak cukup. Agar ibu semakin bersemangat dengan badan yang bugar, ibu perlu berolahraga. Tentu saja bukan olahraga seperti orang yang tidak hamil seperti lari atau fitness di tempat gym. Ibu perlu melakukan olahraga ringan saja.

Salah satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan adalah renang. Bahkan, renang sangat disarankan untuk dilakukan ibu hamil tua. Pasalnya, renang bisa meredakan beberapa keluhan seperti sering kram dan juga stres. Namun, yang pasti, dengan renang, tubuh ibu akan semakin bugar. Renang salah satu cara untuk melatih pernafasan sehingga ibu siap untuk menghadapi proses persalinan normal nanti.

Membaca Buku

Apakah ibu suka membaca buku? Syukur jika ibu suka. Jika tidak, sebaiknya mulailah untuk senang membaca buku saat ibu sedang mengandung. Pasalnya, membaca bisa menstimulasi otak janin di dalam kandungan lho. Jadi, selain asupan nutrisi ibu hamil seperti AA dan DHA, membaca buku juga kegiatan yang bagus untuk mencerdaskan otak bayi yang masih ada di dalam rahim.

Selain itu, membaca buku juga akan membuat ibu semakin rileks. Dengan membaca buku, ibu bisa menghindari rutinitas setiap hari yang kadang membuat ibu tertekan dan stres. Untuk beberapa menit, ibu bisa rileks dengan cara membaca buku.

Itulah kegiatan yang penting untuk ibu lakukan sebagai pelengkap nutrisi yang sudah ibu dapatkan dari makanan dan susu ibu hamil. Tentu saja harus seimbang antara cara menjaga kesehatan dari luar, yaitu melakukan kegiatan tersebut di atas dengan cara menjaga kesehatan dari dalam dengan cara memenuhi semua nutrisi ibu hamil.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*