Kegiatan Memacu Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih Cepat

bayi 4 bulan www.ibudanbalita.com

Apa sih yang bisa dilakukan bayi 4 bulan? Sudah banyak sekali perkembangannya. Si kecil sudah bisa membalikkan badannya sendiri, mengangkat kepala, bahkan ada yang sudah bisa mengeluarkan bunyi-bunyian.

Menurut para ahli perkembangan bayi, saat bayi mencapai usia 4 bulan, bisa dikatakan ia sudah bisa diajak untuk berkomunikasi. Memang ia belum bisa mengatakan kata-kata layaknya orang dewasa. Akan tetapi, Anda sudah bisa mengajaknya untuk berinteraksi. Ia sudah bisa merespon entah itu dengan senyuman, tangisan, dan juga tertawa.

Stimulus yang tepat sangat diperlukan. Sebagai orang tua, Anda harus tahu kegiatan atau stimulus apa yang seharusnya diberikan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi usia 4 bulan.

Permainan Yang Mengasah Motorik Bayi

Sebenarnya, semua stimulus itu bagus. Akan tetapi, stimulus yang paling disarankan adalah stimulus yang mengasah kemampuan motorik bayi. Ini yang paling penting.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Seperti contoh, Anda bisa memberi si kecil boneka warna-warni. Ia akan termovitasi untuk mengambil dan meraih bonek tersebut. Secara tidak langsung, pada saat ia meraih boneka-boneka tersebut, ia sedang mengembangkan kemampuan motorik kasar menggunakan kedua tangannya yang mungil.

Dalam hal ini, Anda harus mengerti ada dua jenis motorik; yaitu motorik kasar dan motorik halus. Apa perbedaannya? Motorik kasar merupakan kemampuan bergerak yang melibatnya otot besar. Sementara itu, motorik halus hanya melibatkan otot kecil.

Lalu, maka yang penting untuk bayi 4 bulan? Sebenarnya keduanya harus sama-sama dikembangkan. Akan tetapi, yang paling penting adalah kemampuan untuk menggerakkan motorik kasar. Ia harus sudah bisa menggerakkan badannya, mengubah posisi dari tengkurap menjadi terlentang, mampu memegang benda tertentu, dan lain sebagainya. Itulah yang dimaksud dengan kemampuan motorik kasar.

Mengoptimalkan Kemampuan Interaksi Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bayi usia 4 bulan belum bisa berkomunikasi secara verbal layaknya orang dewasa. Ia hanya bisa menirukan bunyi-bunyian.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu mengembangkan kemampuan komunikasinya. Saat usianya masih 4 bulan, setidaknya si kecil harus mulai terbiasa berinteraksi dengan orang lain. Salah satu permainan yang bisa mengasah kemampuan komunikasi dan interaksi bayi adalah permainan boneka jari. Ini seperti yang sudah dijelaskan di situs www.ibudanbalita.com.

Permainan boneka jari bukanlah permainan yang baru. Ada banyak sekali jenis boneka jari yang dijual di toko permainan anak atau baby shop. Dengan memainkan permainan boneka jari ini, kemampuan berinteraksi serta berkomunikasi bayi akan semakin meningkat. Awalnya, ia senang dengan boneka lucu yang ada di jari Anda. Ketika Anda mengeluarkan kata dengan menggerak-gerakkan jari yang ada bonekanya tersebut, bayi Anda akan memberikan respon, entah itu senyuman atau cuitan. Ini merupakan respon yang baik karena kemampuan berkomunikasinya terasah.

Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa didapatkan oleh bayi usia 4 bulan jika Anda memainkan permainan boneka jari.

  • Merangsang Imajinasi

Bayi memiliki dunia imajinasi yang ia ciptakan sendiri. Menurut penelitian, semakin imajinatif, maka anak semakin cerdas. Maka tidak salah jika Anda merangsang daya imajinasi bayi dengan mengajaknya bermain boneka jari.

  • Membiasakan Bersosialisasi dengan Orang Lain

Dengan sering mengajak bayi bermain boneka jari, maka ia secara tidak sadar terbiasa untuk berinteraksi dengan orang lain. Bisa dikatakan permainan boneka jari Anda jadikan sebagai media agar bayi Anda terbiasa bersosialisasi dengan orang lain.

  • Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Ada satu teori. Semakin sering bayi mendengar, maka ia akan semakin cepat belajar bicara. Jadi, dengan kebiasaan Anda bercerita menggunakan media boneka jari, maka anak akan semakin sering mendengarkan. Semakin mendengarkan kata maka ia akan semakin banyak menghafal dan suatu saat nanti ia mudah untuk menirukan bagaimana cara mengucapkan kata-kata tersebut.

Semakin tertarik untuk mengajak si kecil bermain boneka jari? Dapatkan beberapa bentuk boneka jari yang lucu di baby shop terdekat. Tidak sulit menemukan permainan seperti ini.

Nutrisi Bayi Harus Terpenuhi

Sebenarnya tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi usia 4 bulan. Karena usianya masih di bawah 6 bulan, itu artinya nutrisi hanya didapatkan dari ASI saja. Para ibu hanya perlu untuk menjaga kesehatannya. Jika perlu, para ibu harus mengkonsumsi suplemen tertentu untuk meningkatkan produksi ASI. Ibu yang fokus memberikan ASI eksklusif bisa mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama setiap hari. Ini sudah cukup untuk memastikan tubuh tetap bugar sehingga tetap bisa memproduksi ASI sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Muncul pertanyaan, apakah boleh bayi 4 bulan mendapatkan susu formula? Sebenarnya hal ini tidak disarankan. Hanya saja, jika kondisi sangat mendesak seperti ketika sang ibu sakit sehingga tidak bisa memberikan ASI, maka pemberikan susu formula bisa menjadi pilihan yang paling baik.

Meskipun demikian, yang paling baik adalah ASI. ASI mengandung nutrisi yang seimbang yang dibutuhkan oleh bayi usia 4 bulan. Dan yang paling penting lagi, di dalam ASI terdapat antibodi. Ini kandungan yang tidak ditemukan di dalam susu formula. Peran antibodi adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Menurut penelitian, anak yang ketika masih bayi mendapatkan ASI eksklusif jauh lebih sehat dan jarang sakit daripada anak yang ketika bayi tidak mendapatkan ASI eksklusif. Ini bukti betapa pentingnya ASI.

Bagi Anda yang ingin sekali mensukseskan program pemberian ASI eksklusif, ada baiknya Anda simak beberapa tips yang dibagikan oleh para ibu di forum ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*