Kebiasaan yang Membuat Nutrisi Ibu Hamil Tidak Ada Manfaatnya

nutrisi ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Nutrisi ibu hamil itu penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Lebih dari itu, nutrisi tersebut juga akan membuat ibu sehat selalu, mulai dari awal kehamilan hingga nanti proses persalinan.

Sayangnya, nutrisi ibu hamil yang ibu dapatkan dari makanan serta susu ibu hamil tidak akan memberikan manfaat apa-apa jika ibu melakukan kebiasaan yang justru memberikan kemadhorotan untuk kesehatan ibu. Dengan kata lain, nutrisi tersebut tidak bisa berperan dalam menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Lalu, kebiasaan apa yang dimaksud tersebut? Yaitu begadang sampai malam. Mungkin ibu merasa begadang hingga larut malam bukan hal yang luar biasa karena ibu menganggap begadang sudah menjadi kebiasaan. Ibu merasa selama ini tidak ada masalah yang berhubungan dengan kesehatan ketika ibu begadang hingga larut malam.

Namun, jika ibu hamil, kebiasaan tersebut jelas bisa memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Bagi ibu hamil, begadang akan membuat ibu mudah lelah. Harus ibu pahami bahwa selama masa kehamilan, ibu akan mudah sekali merasa lelah. Selain beban yang semakin berat, nutrisi ibu hamil berupa kalsium yang mungkin tidak tercukupi juga menjadi penyebab ibu akan mudah merasa lelah.

Sebenarnya, susu ibu hamil mengandung nutrisi untuk ibu hamil yang bisa membuat tulang ibu semakin kuat, yaitu kandungan kalsium yang tinggi. Hanya saja, jika ibu memiliki waktu yang kurang untuk istirahat, penyerapan kalsium tidak maksimal. Hal tersebut menyebabkan ibu lemas dan mudah lelah ketika beraktivitas setiap hari.

Akan tetapi, yang paling berbahaya adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh ibu. Salah satu manfaat dari nutrisi ibu hamil adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal itu dibutuhkan agar selama masa kehamilan, ibu tidak mudah sakit sehingga ibu tidak perlu minum obat, entah obat herbal atau obat berbahan kimia yang kemungkinan bisa memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Bagi kesehatan janin itu sendiri, kebiasaan begadang jelas sangat berpengaruh. Bagaimana janin bisa berkembang maksimal jika ibu sering mengalami kelelahan karena sering begadang? Bagaimana bayi dalam kandungan bisa berkembang jika ibu sering sakit-sakitan? Bukannya berkembang, justru resiko janin mengalami keguguran jika kebiasaan buruk tersebut ibu terus lakukan. Keguguran bukan hanya dikarenakan benturan atau goncangan, tapi juga kurangnya nutrisi ibu hamil yang harus disalurkan ke janin karena kondisi kesehatan ibu sendiri kurang baik.

Terlepas dari efek samping dari begadang saat hamil, sebenarnya ibu boleh saja begadang. Hanya saja, ibu tidak boleh terlalu sering begadang. Kalaupun ibu harus lembur hingga malam, usahakan tidak sampai larut malam sehingga mengakibatkan tubuh ibu lemas ketika bangun pagi. Ibu juga tidak boleh mengkonsumsi kopi karena di dalam kofi lebih banyak kandungan yang tidak baik bagi perkembangan janin.

Jadi, jangan anggap sepele kebiasaan begadang. Mungkin ibu terbiasa begadang ketika sebelum hamil dulu. Akan tetapi, ibu harus ingat ada janin yang kesehatannya harus ibu jaga. Selain memberikan nutrsi ibu hamil yang cukup, ibu juga harus meninggalkan gaya hidup yang kurang baik seperti begadang. Bahkan, begadang bisa membuat apapun makanan yang ibu konsumsi yang mengandung semua nutrisi untuk ibu hamil akan sia-sia belaka. Jadi, mana yang ibu pilih, tetap begadang atau fokus agar bisa mendapatkan semua manfaat dari nutrisi ibu hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*