Kebersihan Tangan Menentukan Keefektifan dari Perawatan Wajah Berjerawat

perawatan wajah berjerawat https://www.facebook.com/cleanclearindonesia

 

Perawatan wajah berjerawat tidak boleh dianggap sepele. Banyak sekali tips untuk merawat wajah berjerawat. Akan tetapi, dari sekian banyak tips, banyak orang yang menemukan kegagalan ketika menerapkan tips tersebut.

Mungkin kamu juga pernah mengalami hal tersebut. Sudah menerapkan apa yang diinsturksikan pada tips perawatan wajah berjerawat dan bahkan membeli semua produk yang harganya tidak murah, hasilnya nol besar. Bukannya jerawat hilang, tapi justru jerawat semakin parah.

Lalu, apa permasalahannya? Apakah tips perawatan wajah berjerawat yang salah dan kamu harus mengganti dengan tips yang lain?

Ada hal sepele yang tidak banyak orang perhatikan ketika menerapkan cara merawat wajah berjerawat. Hal sepele tersebut adalah kebersihan tangan. Kamu harus tahu kebersihan tangan menjadi salah satu faktor penentu seberapa efektif cara perawatan wajah berjerawat yang kamu terapkan selain faktor lain seperti produk pembersih wajah, nutrisi dalam tubuh yang didapatkan dari makanan dan minuman, dan juga gaya hidup yang sehat. Oleh sebab itu, perhatikan kebersihan tangan.

Cuci Tangan Sebelum Cuci Muka

Dokter selalu menyarankan agar mencuci tangan dengan bersih sebelum melakukan aktivitas terutama makan. Sebelum mencuci muka, memastikan tangan bersih juga penting lho. Apalagi wajah kamu yang berjerawat.

Jerawat akan semakin parah jika kamu mencuci muka dengan menggunakan tangan yang mengandung bakteri. Bakteri akan masuk ke pori-pori kulit wajah dan akan membuat jerawat semakin parah.

Sayangnya, hal ini tidak banyak orang ketahui. Bahkan, hanya sedikit yang mempraktekkan untuk membersihkan tangan menggunakan sabun terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah. Mulai sekarang, kamu jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu ya sebelum membersihkan muka. Pastikan tidak ada bakteri yang menempel pada tangan sehingga bisa membuat jerawat semakin parah.

Memotong Kuku

Ini juga harus dimasukkan ke dalam tips perawatan wajah berjerawat. Memotong kuku itu sangat penting. Kuku yang panjang sering sekali digunakan sebagai tempat di mana kotoran serta bakteri bersembunyi sehingga jika tangan tersebut digunakan untuk mencuci wajah, yang terjadi bukannya jerawat bisa teratasi, tapi justru jerawat semakin banyak.

Selain itu, kuku yang panjang membuat resiko wajah terluka lebih tinggi. Apalagi jika masalah yang kamu hadapi sekarang merupakan jerawat yang disertai dengan peradangan. Kuku yang panjang sedikit saja bisa melukai kulit wajah sehingga jerawat akan semakin parah. Wajah berjerawat yang terluka karena terkena kuku yang panjang akan membuat proses penyembuhan akan semakin lama.

Itulah mengapa penting sekali untuk memotong kuku. Selama proses perawatan wajah berjerawat, usahakan kuku kamu tidak panjang ya. Potonglah kuku kamu seminggu satu atau dua kali. Jangan sampai kuku kamu melukai wajah.

Dua hal tersebut bisa kamu terapkan sebagai perawatan wajah berjerawat. Akan tetapi, usaha kamu tidak cukup sampai di situ saja. Ketika kamu sudah menerapkan cara merawat wajah berjerawat dan jerawat sudah teratasi, mungkin saja akan muncul masalah baru, yaitu noda bekas jerawat. Untuk masalah yang satu ini, kamu perlu tahu juga cara menghilangkan noda bekas jerawat.

Menghilangkan noda bekas jerawat biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan cara yang tepat, noda akan disamarkan dan wajah kamu akan terlihat bersih kembali. Namun, untuk kali ini, kamu fokus dulu untuk menerapkan perawatan kulit wajah berjerawat. Ingat, kesehatan tangan menentukan sekali seberapa efektif perawatan wajah berjerawat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*