Kapankah Waktu Terbaik Meminum Susu Ibu Hamil?

susu ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Bagi Bunda yang sedang menjalani masa kehamilan, maka susu ibu hamil merupakan asupan wajib yang harus dipenuhi untuk kebutuhan gizi Bunda dan juga janin. Dari semua pengetahuan mengenai susu ibu hamil, sudahkah Bunda tahu waktu terbaik untuk meminum susu tersebut? Jika belum, maka mari baca lebih lanjut artikel ini.

Haruskah Meminum Susu Ibu Hamil?

Tentunya banyak pertanyaan mengenai hal ini, tentang apakah meminum susu ibu hamil merupakan kewajiban bagi ibu hamil atau tidak. Namun, pada dasarnya meminum susu untuk ibu hamil maupun orang lain tentu sangat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan susu mengandung gizi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi janin dan juga Bunda.

Kebiasaan meminum susu ibu hamil pun tentu sangat baik karena terbukti dalam sebuah penelitian dengan sample bayi yang lahir di akhir tahun 1980-an rata-rata memiliki tubuh yang tinggi pada masa remaja karena kebiasaan sang ibu yang meminum susu ibu hamil secara rutin. Selain tubuh, tentu meminum susu ibu hamil berpengaruh pada IQ bayi nantinya karena kandungan yodium yang terdapat berpengaruh pada kecerdasan anak. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi Bunda untuk tidak meminum susu ibu hamil dengan rutin karena terdapat banyak manfaatnya yang sangat baik untuk sang buah hati.

Jadi, Kapan Sebaiknya Meminum Susu Ibu Hamil?

Setelah mengetahui pentingnya meminum susu ibu hamil serta manfaatnya bagi janin dan Bunda, maka kini Bunda harus mengetahui waktu terbaik untuk meminum susu ibu hamil tersebut agar kandungan dan vitamin yang terkandung dapat terserap sempurna pada tubuh.

Sebelumnya, susu ibu hamil mengandung asam amino tryptophan yang merupakan prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Nah, dari neurotransmitter inilah yang bersifat menenangkan sehingga akan membantu proses tidur Bunda lebih cepat. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya meminum susu ibu hamil dilakukan saat malam hari menjelang tidur. Selain menenangkan, meminum susu saat malam hari akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga kalsium yang terkandung dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Meminum susu ibu hamil memang sebaiknya dilakukan saat malam hari sebelum tidur, saat mengonsumsinya pun tidak bisa sembarangan. Hindari meminum susu saat setelah memakan makanan pokok atau sambil mengonsumsi makanan pokok. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang terdapat dalam susu dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga sebaiknya minum susu ibu hamil dilakukan beberapa jam setelah makan malam.

Untuk meminum suplemen bagi ibu hamil, maka sebaiknya Bunda tidak bersamaan meminum suplemen tersebut dengan susu ibu hamil. Terutama jika suplemen itu mengandung asam folat, karena kandungan susu ibu hamil juga mengandung asam folat dan tentunya tidak baik jika Bunda mengonsumsi asam folat yang berlebihan. Obat-obatan yang biasanya dikonsumsi sebelum hamil maka sebaiknya dihentikan atau Bunda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan.

Untuk waktu terbaik meminum susu ibu hamil pun sebaiknya mulai dilakukan sejak trimester 1 karena pada waktu ini, perkembangan janin sangat pesat dan kandungan nutrisi yang dikonsumsi oleh Bunda pun akan banyak diserap oleh janin sehingga sangat penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Sehingga, alangkah baiknya jika Bunda sudah meminum susu ibu hamil agar terus meminumnya dengan rutin. Jangan lupa untuk meminum susu ibu hamil yang sesuai dengan selera Bunda dan kaya nutrisi untuk Bunda dan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips Praktis Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil | My Blog

Leave a comment

Your email address will not be published.


*