Kapan Ibu Diperbolehkan Memberikan Perawatan Bayi Prematur Sendiri?

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi prematur jelas berbeda dengan perawatan bayi yang lahir dalam keadaan normal. Itulah mengapa jika ibu melahirkan bayi prematur, pihak rumah sakit tidak akan mengijinkan ibu merawat langsung sendiri. Rumah sakit akan memberikan treatment khusus seperti menempatkan bayi pada NICU (Neonatal Intensive Care Unit), memberikan asupan gizi, dan masih banyak lagi.

Lalu, kapan ibu bisa mulai menengok dan merawat bayi ibu sendiri? Pihak rumah sakit tidak akan mengijinkan siapapun termasuk ibu untuk merawat bayi prematur jika kondisi bayi masih lemah. Pada dasarnya bayi prematur lahir dengan beberapa keterbatasan. Perkembangannya belum sempurna sehingga perlu mendapatkan perawatan khusus.

Ketika perlambatan yang dialami bayi tersebut sudah bisa dikejar, maka pada saat itulah ibu bisa memberikan perawatan sendiri. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus ibu pelajari tentang perawatan bayi prematur. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya.

Pastikan Kamar Bersih dan Higienis

Kalaupun bayi ibu sudah diperbolehkan untuk dibawa pulang, ibu harus bisa memastikan ruangan yang ibu gunakan untuk merawat bayi di rumah benar-benar bersih dan higienis. Pasalnya, bayi prematur rentan sekali terhadap virus atau kuman.

Sebenarnya, bayi yang lahir normal sekalipun bisa sangat mudah terkena penyakit karena tubuh bayi rentan terhadap serangan virus dan kuman. Apalagi jika bayi ibu prematur, pasti lebih rentan terhadap virus dan kuman.

Mengatur Suhu Ruangan

Berapakah suhu ruangan yang cocok untuk bayi prematur? Menurut ahli medis, suhu ruangan yang tepat untuk bayi yang lahir prematur adalah 26-27 derajat celcius. Mengatur susu ruangan di bawah atau di atas angka tersebut sangat tidak dianjurkan.

Dalam hal ini, ibu harus tahu alasan kenapa awalnya bayi ibu ditempatkan di NICU. Di box kecil tersebut, suhu bisa diatur dan disesuaikan seperti susu waktu bayi masih di dalam rahim. Bayi prematur masih membutuhkan suasana seperti di dalam rahim sehingga harus ditempatkan pada NICU.

Akan tetepi, ketika ibu sudah diperbolehkan membawa pulang dan memberikan perawatan bayi sendiri di rumah, hal itu bukan berarti bayi ibu sudah sepenuhnya tumbuh sehat layaknya bayi normal. Ibu tetap harus mengatur suhu ruangan antara 26-27 derajat celcius.

Cara Menggendong

Ibu pernah dengar istilah Kangaroo Mother Care? Kangaroo Mother Care atau yang sering disingkat dengan KMC merupakan cara menggendong layaknya kangguru. Hewan asli Australia ini memiliki cara yang unik ketika menggendong anaknya. Seperti yang ibu ketahui, kangguru memiliki kantong pada perutnya. Kantong itulah yang dijadikan kangguru untuk menggendong anaknya.

Jika ibu ingin memberikan perawatan bayi prematur yang benar, ibu bisa menerapkan cara yang sama seperti kangguru. Cara menggendong yang tepat adalah menempatkan bayi pada dada dengan posisi berdiri. Posisi ini sama seperti posisi ketika bayi masih di dalam kandungan.

Selain itu, posisi akan membuat ibu lebih dekat dengan bayi. Kepala ibu akan tepat berada di bagian dada sehingga bayi mendengar detak jantung ibu. Dengan cara ini, proses kedekatan batin antara ibu dan bayi akan semakin intensif.

Tentu saja masih banyak hal lain yang perlu ibu ketahui mengenai cara merawat bayi prematur seperti penggunaan produk khusus. Dalam hal ini, ibu sebaiknya konsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Yang jelas, ibu harus ekstra sabar jika ingin memberikan perawatan bayi prematur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*