Kapan Bayi Bisa Tengkurap

Tengkurap

Kapan bayi tengkurap? Ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang tua. Mungkin mereka khawatir jika terjadi keterlambatan pada perkembangan bayi mereka. Karena memang tengkurang merupakan salah satu awal tahap perkembangan bayi.

Lalu, kapan secara umum bayi bisa tengkurap?

Jawabannya berbeda-beda. Ada bayi yang baru berusia 2 bulan sudah bisa tengkurap sendiri. Namun tidak jarang bayi yang berusia 4 bulan baru bisa tengkurap.

Hal ini menunjukkan bawasannya bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Hanya saja, sebagai orang tua, ibu bisa membantu mempercepat tumbuh kembang bayi dengan memberikan stimulus yang tepat.

Stimulus yang Bisa Ibu Berikan

Perkembangan bayi akan lebih optimal jika ibu memberikan stimulus yang tepat. Dengan memberikan stimulus sesuai dengan usia bayi, maka perkembangan bayi tersebut akan lebih cepat.

Ibu bisa membaca lebih banyak stimulus apa saja yang bisa mempercepat perkembangan bayi di website ibu dan balita.

Untuk bayi yang baru berusia di antara 2-4 bulan dan ibu ingin si kecil bisa tengkurap, maka ibu bisa memberikan stimulus berupa benda yang menarik yang membuat bayi bergerak. Karena ia belum bisa merangkak, ia akan mencoba untuk tengkurap terlebih dahulu.

Ibu bisa perhatikan benda seperti apa yang membuat si kecil tertarik. Jika bayi tengkurap, ibu bisa berikan benda tersebut sehingga ia tengkurap dalam waktu yang lama.

Apakah boleh membantu bayi tengkurap?

Sebenarnya ini juga salah satu stimulus yang tepat agar bayi mau belajar tengkurap. Hanya saja, dalam hal ini, ibu harus pastikan dulu kedua tangan si kecil sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya ketika tengkurap.

Jika ibu merasa tangannya kuat untuk menopang badan ketika tengkurap, maka ibu bisa membantu si kecil untuk tengkurap.

Dan satu lagi. Ibu juga harus melihat bagaimana posisi kepala. Bayi yang sudah kuat untuk tengkurap mampu mengangkat kepalanya sehingga bisa melihat apa yang ada di depan dan di sampingnya.

Latihan Ringan Agar Bayi Belajar Tengkurap

Sebenarnya ia masih berusia 1 bulan, ibu bisa mulai mengajarkan si kecil untuk tengkurap. Salah satunya dengan menengkurapkan tubuhnya ketika ibu mengoleskan minyak telon dan bedan di punggungnya.

Hanya saja, hal tersebut sebaiknya ibu lakukan dalam kurun waktu yang singkat. Jika terlalu lama, maka bisa membahayakan si kecil.

Ingat, tubuh bayi masih sangat lemas saat usianya 1 bulan. Ia belum bisa menopang tubuhnya sendiri.

Cukup dengan melatihnya tengkurap sebentar setiap hari. Buat ia terbiasa. Maka ketika usia 2 atau 3 bulan, ia akan tengkurap sendiri.

Dalam hal ini, ibu juga harus tahu bagaimana cara membuat bayi belajar tengkurap. Ibu bisa bertanya kepada ibu lainnya atau langsung kepada ahli di bidang perkembangan anak bagaimana cara membuat si kecil lebih cepat belajar tengkurap.

Ibu bisa melakukan konsultasi online dengan pakar perkembangan anak di www.ibudanbalita.com. Di sana ibu sebenarnya bebas bertanya tentang apa saja seputar perkembangan bayi.

Ibu harus jadi member dulu lalu ibu bisa bertanya atau berkonsultasi dengan pakar perkembangan bayi secara online di situs tersebut.

Banyak hal yang perlu ibu ketahui seputar tumbuh kembang bayi. Dan sebagai orang tua, mengawasi serta mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati merupakan tugas utama ibu. Jadi, ibu wajib tahu semakin banyak bagaimana merawat bayi dengan baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*