Kapan Bayi Bisa Duduk? Untuk Mengetahuinya Mari Kita Simak Ulasan Berikut Ini!

kapan bayi bisa duduk www.facebook.com/AwalSehatNestle

Dari mulai kondisi berbaring setelah dilahirkan hingga kini berumur 3 bulan lebih maka sudah saatnya si bayi untuk belajar bagaimana caranya agar bisa duduk. Semua orang tua tentu mengharapkan agar bayinya bisa duduk sesuai dengan usianya.

Saat bayi berumur 3 atau 4 bulan, ia akan berusaha mengangkat kepalanya dengan perlahan. Hal tersebut merupakan cara si bayi untuk melatih otot-otot leher untuk langkah awal supaya bisa duduk.

Mungkin sekarang ini si bayi belum dapat duduk sendiri, namun Anda sudah bisa membantunya dengan cara menopang si bayi.

Dengan begitu, ia akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Pandangannya pun sudah berubah dari yang sebelumnya hanya melihat ke atas sekarang bisa melihat di sekitarnya. Hal ini tentu akan membuat bibir mungilnya tertawa menggemaskan.

Jika terus berlatih maka bayi Anda akan mampu untuk duduk tegak walaupun dengan sedikit bantuan, lama kelamaan ia akan menemukan kenyamanan dan akan selalu berusaha untuk melakukannya hingga pada akhirnya ia dapat duduk sendiri dengan tegak tanpa bantuan.

Sejatinya umur berapa dan kapan bayi bisa duduk itu memang bermacam-macam tergantung bayi itu sendiri.

Namun sebagian besar bayi dapat duduk dengan bantuan ditopang antara umur 3 sampai 5 bulan. Ketika berumur 6 bulan, mungkin bayi sudah mulai mengembangkan otot-otot leher, tubuh bagian atas dan otot punggung untuk bisa duduk sendiri tanpa bantuan.

Akan tetapi, untuk sebagian bayi, kemampuan agar dapat duduk sendiri tanpa bantuan bisa sampai berusia 9 bulan lamanya.

Pada umur 7 bulan, bayi mungkin bisa duduk sendiri dengan mendorong naik dari perutnya, namun sebagian besar bayi perlu ditarik ke posisi duduk oleh orang tua hingga sekitar 11 bulan.

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Sendiri Dengan Tegak?

Pada usia 4 bulan, bayi mungkin sudah bisa menahan kepalanya dengan stabil saat badan ditopang pada posisi setengah berbaring, namun kepalanya belum cukup kuat untuk ditarik ke posisi duduk.

Membantu bayi untuk melatih otot-otot leher dan bahu supaya dapat menopang kepala menang sangat penting.

Anda bisa melakukannya dengan cara menarik secara perlahan saat bayi terlentang ke posisi duduk dengan sedikit topangan pada daerah kepala.

Saat bayi sudah bisa ditarik tanpa ditopang kepalanya maka ia sudah siap untuk diajak duduk dengan bantuan disandarkan atau ditopang pada pangkuan.

Anda bisa memperlihatkan pemandangan indah di sekitar rumah atau berbagai mainan yang menarik, hal ini sangat penting untuk merangsang bayi Anda supaya termotivasi untuk duduk.

Dengan begitu, ia akan bisa duduk sendiri tanpa bantuan lagi. Bayi bisa duduk dengan tegak itu biasanya ketika berumur 7 bulan keatas. Jika bayi sudah menginjak usia 7 bulan keatas namun belum bisa duduk walaupun dengan bantuan, maka Anda tidak perlu khawatir.

Setiap bayi memang berkembang secara berbeda. Hal yang paling penting adalah terus memberikan banyak kesempatan kepada si bayi untuk berlatih duduk dengan dukungan dan pengawasan, dan juga memberikan banyak latihan lagi saat ia sudah bisa duduk tegak.

Saat bayi sudah bisa duduk tegak tanpa bantuan, Anda bisa menempatkan mainan di depan kaki bayi Anda saat ia duduk.

Si bayi mungkin akan berhenti menopang dirinya dengan tangan ketika ia bermain dengan mainan tersebut. Kemudian setelah itu Anda juga dapat menempatkan mainan di bagian atas untuk mendapatkan perhatiannya.

Selama Anda memberikan banyak kesempatan pada si bayi untuk berlatih cara agar bisa duduk, ia akan memberitahu Anda saat ia siap untuk memulai duduk.

Anda juga harus memastikan untuk selalu menjaga di sekitarnya, bila ia langsung terjatuh miring atau hanya bisa duduk sebentar maka itu artinya ia belum siap dan Anda bisa mencoba lagi pada percobaan berikutnya.

Beberapa Tanda Untuk Mengetahui Kapan Bayi Siap Duduk dan Merangkak

Selain merangkak, duduk juga merupakan kemampuan bayi yang sangat penting untuk berkembang. Biasanya, bayi dapat belajar duduk ketika ia memasuki usia 5 hingga 6 bulan.

Ia akan mampu duduk sendiri pada usia 7 sampai 8 bulan dan duduk dengan lincah usia 9 bulan. Sebelum mengajarkan bayi Anda untuk bisa duduk, perhatikan terlebih dahulu tanda-tanda kesiapannya berikut ini;

– Bayi sudah dapat mengangkat dan menggerakkan kepalanya

Umumnya terjadi pada usia bayi sekitar 3 hingga 4 bulan. Hal ini merupakan tanda yang menunjukan bahwa perkembangan tulang belakang dan leher bayi berjalan dengan sempurna.

Anda bisa melatih leher bayi Anda dengan cara tummy time, yaitu berbagai kegiatan yang bertumpu pada perut.

Perhatikan bagaimana usaha bayi Anda dalam mengangkat kepalanya dari posisi tubuhnya yang terlentang. Tummy time juga akan membantu untuk memperkuat otot bahu, kepala, dan punggung.

– Bayi sudah dapat membalikkan tubuhnya dari posisi telentang ke posisi tengkurap dan begitu sebaliknya secara aktif.

Anda bisa merangsang bayi Anda untuk memutar tubuhnya dengan barang yang menarik atau melalui suara Anda. Biarkan ia melenturkan pinggul dan pinggangnya.

Dalam posisi telentang, ia harus dapat menekuk kedua kakinya secara bersamaan dan dapat memegang pergelangan atau telapak kakinya.

– Bayi sudah dapat memegang sesuatu, mengangkatnya dan menggerakkannya.

Hal ini merupakan tanda bahwa perkembangan motoriknya cukup baik. Perkembangan motorik tangan sangat penting supaya bayi dapat menggunakan kedua tangan untuk membantu menopang tubuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*