Jenis Makanan Penyebab Anak Mengalami Sembelit

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Jika si kecil mengalami sembelit atau susah buang air besar, perhatikan apa yang ia konsumsi. Karena bisa saja ibu memberikan jenis makanan yang kurang tepat sehingga membuat anak mengalami sembelit. Terutama ketika ibu baru saja beberapa hari mengenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI, ibu perlu hati-hati dalam menentukan menu yang tepat.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuatkan menu MPASI yang bagus untuk si kecil. Situs ibu dan balita sudah membahas semua hal yang terbaik untuk tumbuh kembang anak terutama tentang menu MPASI yang tidak hanya sehat tapi juga cocok untuk sang buah hati.

Ibu harus mencatat jenis makanan apa saja yang bisa membuat anak mengalami sembelit berikut ini.

  • Makanan yang Rendah Serat

Ibu pasti tahu orang dewasa pun yang memiliki masalah dengan susah buang air besar disarankan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, bukan? Begitu juga dengan anak kecil.

Untuk balita, ibu bisa membuatkan menu sayuran berbahan kacang-kacangan, brokoli, dan bayam. Untuk mempercepat proses penyembuhan dari sembelit, ibu bisa siapkan cemilan berupa buah seperti apel dan pir.

Mudah, bukan?

  • Porsi Terlalu Banyak

Paling senang jika bisa melihat anak mengkonsumsi makanan dengan lahap. Apalagi ketika ia mau mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak.

Namun, tahukah ibu bawasannya hal tersebut bisa salah satu penyebab sembelit? Karena sistem pencernaan yang belum begitu siap sehingga jika terlalu banyak makanan, maka akan terjadi sembelit.

Akan lebih baik jika ibu memberikan makanan dalam porsi yang cukup. Tidak masalah jika ibu memberikan makanan dengan porsi sedikit namun sering. Itu jauh lebih baik daripada makan sekali tapi banyak.

Ibu harus tahu daya tampung perut si kecil masih sangat kecil sehingga jika makanan berlebihan masuk ke dalam perut, maka bukan tidak mungkin si kecil akan mengalami masalah seperti sembelit.

  • Kurang Minum Air

Ibu ingat kenapa ketika si kecil hanya mengkonsumsi ASI tidak mengalami sembelit? Karena memang ASI berbentuk cair.

Jika anak ibu sudah mulai mengkonsumsi makanan, sebisa mungkin ibu harus memberinya minuman yang lebih banyak dari biasanya. Tidak cukup dengan susu  yang sudah mengandung nutrisi serta serat. Air putih pun sangat dibutuhkan.

Akan lebih baik juga jika ibu menyiapkan satu gelas jus buah setiap siang. Selain untuk menyegarkan tubuh, jus juga akan membuat sistem pencernaan lebih baik karena bentuknya yang cair serta kandungan seratnya diperlukan untuk mengatasi sembelit.

Sekarang ibu sudah tahu apa yang seharusnya dilakukan jika si kecil susah buang air besar, bukan?

Sekarang ibu tinggal membiasakan anak ibu makan makanan yang berserat dan memperbanyak mengkonsumsi air putih agar terhindar dari sembelit. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Kalaupun anak ibu sudah mengalami sembelit, maka jangan sampai ibu langsung membawanya ke rumah sakit atau memeriksakan ke dokter. Ibu bisa melakukan beberapa upaya terlebih dahulu seperti memberikan lebih banyak ASI (jika si kecil masih mengkonsumsi ASI) serta membuatkan menu makanan yang lebih encer atau cair.

Jika ibu ingin lebih tahu tentang bagaimana mencegah dan menangani masalah sembelit pada anak, ibu bisa cek informasi lengkapnya di www.ibudanbalita.com. Selain artikel tentang sembelit pada anak, ibu juga bisa berkonsultasi online dengan dokter anak di sana.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*