Jangan Sampai Si Kecil Melewatkan Makan Siang Ya Bu

Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Balita ibu susah makan? Atau bahkan sering melewatkan makan siang? Jangan anggap sepele ya bu. Mungkin ibu perlu mencari tahu penyebab mengapa anak ibu susah makan. Ibu bisa ganti menu makanan karena bisa jadi si kecil bosan dengan menu makanan yang selama ini ibu berikan atau barangkali si kecil mengalami masalah pada mulutnya sehingga menolak untuk makan. Yang pasti, jangan sampai si kecil melewatkan makan siang.

Mengapa Makan Siang Begitu Penting Bagi Balita

Sebenarnya tidak ada bedanya antara sarapan, makan siang, dan makan malam. Semuanya sama-sama penting bagi balita. Hanya saja, makan siang merupakan waktu di mana si kecil melakukan recharge. Balita pasti aktif sekali dari pagi hingga siang hari. Aktivitas yang ia lakukan tersebut membuat tubuhnya kekurangan energi. Hal tersebut membuatnya membutuhkan menu makan siang berenergi.

Sayangnya, terkadang balita tidak menyadari bawasannya ia butuh makan. Karena ia keasyikan bermain maka ia tidak merasa lapar. Tapi, ibu tidak boleh lengah. Ibu tidak boleh membiarkan si kecil tidak makan. Meskipun ia tidak merasa lapar, ia harus tetap makan karena tubuhnya butuh di recharge. Jika tidak, maka si kecil akan tiba-tiba lemas dan tidak memiliki tenaga bahkan bukan tidak mungkin ia akan sakit.

Lebih dari itu, makan siang menjadi cara yang paling tepat untuk menjaga metabolisme tubuh lho. Kalaupun si kecil tidak mau mengkonsumsi makanan berat, ibu bisa memberikan cemilan. Namun, pastikan cemilan tersebut mengandung energi yang tinggi ya. Ibu bisa mencari ide cemilan berenergi untuk balita di www.ibudanbalita.com. Di sana banyak sekali menu kreasi masakan yang bisa ibu buat sendiri untuk si kecil di rumah.

Bagaimana Jika Si Kecil Tidak Di Rumah

Si kecil sudah sekolah? Jika ya, tentu ibu tidak bisa mengontrol apakah ia sudah makan siang atau tidak. Namun, jika balita ibu suka dengan menu makanan, maka ia pasti menyantapnya. Jadi, ibu perlu membuatkan bekal anak sekolah yang paling ia sukai. Ada baiknya ibu meluangkan waktu setiap pagi untuk membuatkan bekal sekolah, toh ada menu makanan yang mudah untuk ibu buat. Jadi, ibu tidak perlu khawatir kehilangan banyak waktu untuk menyiapkan bekal sekolah.

Yang jelas, ibu tidak boleh membiarkan si kecil jalan sembarangan di luar. Selain jajanan itu belum tentu sehat, membiasakan balita jajan di luar berarti membuatnya konsumtif. Dan itu jelas kurang baik untuk perkembangannya nanti.

Akan lebih baik jika ibu lihat menu masakan kreatif dan mudah untuk dibuat untuk bekal anak sekolah di website ibu dan balita. Ibu bisa pastikan si kecil mengkonsumsi makanan bergizi yang sudah ibu siapkan sendiri dari rumah. Dan yang terpenting, si kecil tidak terbiasa jajan di luar sehingga ketika dewasa nanti ia tidak menjadi orang yang konsumtif dengan selalu jajan di luar, tidak membuat makanan sendiri di rumah.

Jika ibu ingin melihat balita berkembang dengan baik, pastikan ibu memperhatikan menu makanan yang ia konsumsi khususnya menu makan siang ya bu. Sekalipun ibu tidak bisa selalu hadir di setiap waktu untuk sang buah hati, setidaknya ibu sudah menyiapkan hal yang penting seperti menu makan siang sebagai bekal ia di sekolah.

Dengan demikian, ibu benar-benar sudah menjadi orang tua yang memperhatikan tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*