Jangan Salah Pilih Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi

menu makanan bayi 6 bulan yang bergizi Source: jaronvandenberg.tk

Bayi mudah sakit bila tidak mendapatkan asupan gizi yang tepat di usia yang tepat. Misalkan, sangat disayangkan sekali bagi ibu yang sudah terlalu dini memberikan makanan selain ASI Ekslusif, yaitu ketika bayi masih di bawah usia 6 bulan. Bila bayi sudah menginjak 6 bulan, Anda sudah bisa memberikan makanan lain. Inilah resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi itu seperti apa.

Bayi mudah sakit kalau tidak mendapatkan asupan gizi yang tepat. Akibatnya, mereka menjadi adalah diare dan konstipasi. Tahukah ibu kenapa? Hal ini disebabkan sistem pencernaan bayi belum siap untuk mencerna makanan yang sedikit lebih keras dan akhirnya masalah tersebut terjadi.

Pada saat 6 bulan pertama, ibu perlu memberikan program ASI ekslusif yaitu hanya memberikan ASI ekslusif. Setelah 6 bulan ke atas, ibu perlu mencari tahu menu makanan bayi 6 bulan yang bergizi. Seperti apa menu makanan yang dimaksud?

3 Ciri Utama Makanan Bergizi Untuk Bayi 6 Bulan

Makanan untuk babi usia 6 bulan disebut juga dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Dikatakan MPASI karena pada dasarnya makanan tersebut menjadi asupan yang mendampingi pemberian ASI yang ibu lakukan. Jadi, menu makanan tersebut juga harus bergizi, bukan?

Tentu tidak sulit untuk memberikan menu makanan yang bergizi untuk sang buah hati. Akan tetapi, pastikan ibu memberikan menu MPASI dengan ciri sebagai berikut:

1. Lunak

Meskipun makanan, tetap saja makanan untuk bayi 6 bulan harus lunak. Bayi ibu belum bisa mengunyah. Sistem pencernaannya juga belum pernah mencerna makanan selain ASI. Untuk itu, resep makanan untuk bayi 6 bulan yang harus ibu buat adalah makanan yang hampir mirip dengan ASI. Setidaknya teksturnya lunak sehingga mudah dicerna oleh si kecil.

Sampai kapan? Sampai beberapa hari kemudian. Ketika bayi ibu sudah mulai terbiasa mengkonsumsi makanan seperti itu, maka ibu bisa mulai memberikan resep makanan yang sedikit lebih kasar. Ini penting agar tidak hanya pencernaannya yang bisa beradaptasi dengan makanan kasar, tapi juga makanan tersebut bisa menstimulus pertumbuhan gigi.

 

2. Satu Jenis

Apa yang dimaksud dengan satu jenis? Maksudnya, ibu membuatkan menu makanan untuk bayi 6 bulan yang bergizi yang terbuat dari satu jenis saja. Mungkin ibu bisa buatkan menu MPASI dari satu jenis buah-buahan atau satu jenis sayuran.

Ini menjadi sangat penting agar anak mengenal rasa. Terkadang, lebih dari dua jenis makanan akan terasa hambar. Lain hal jika ibu membuatkan MPASI yang terbuat dari satu jenis makanan.

Dengan cara ini, maka bayi ibu akan mulai mengenal rasa. Ini merupakan pengalaman yang berbeda bagi si kecil yang selama ini hanya merasakan ASI saja. Ibu pun akan tahu rasa apa yang paling disukai oleh si kecil.  Dalam hal ini, sangat disarankan ibu memberikan menu MPASI yang terbuat dari buah-buahan segar seperti buah pepaya, buah pisang, atau buah alpukat. Karena rasa manisnya sudah alami, maka ibu tidak perlu tambahkan gula. Dan pastinya si kecil suka.

Baru kemudian ibu bisa membuatkan menu makanan bayi usia 6 bulan yang begizi lainnya seperti brokoli, kacang panjang, atau wortel yang dihaluskan. Selain itu beda warna sayur dan buah yang dikonsumsi, beda nutrisi yang bayi bisa serap. Untuk memberikan rasa, ibu bisa tambahkan ASI ke dalam menu MPASI tersebut.

 

3. Tidak Menggunakan Bumbu

Bisa saja ibu memberikan bubur yang terbuat dari jagung atau dari beras. Hanya saja, ibu tidak boleh memberikan bumbu tambahan seperti gula atau garam. Pasalnya, tubuh si kecil yang baru berusia 6 bulan tidak terlalu membutuhkan gula tambahan atau garam. Kandungan gula dan garam sebenarnya sudah ada di dalam menu MPASI yang ibu berikan. Apalagi jika si kecil masih mendapatkan ASI. Maka kebutuhan nutrisinya sudah tercukupi dari ASI.

Terlalu banyak memberikan makanan yang mengandung garam akan menaikkan resiko bayi mengalami hipertensi. Sementara itu, memberikan gula tambahan sejak dini akan membuat anak mengalami resiko terkena obesitas dan juga diabetes.

Lalu, kapan anak sudah boleh mengkonsumsi makanan yang sudah ditambahkan dengan gula dan garam? Menurut medis, gula dan garam tidak boleh berlebihan bagi siapapun juga. Hanya saja, jika sudah balita, ia sudah bisa mendapatkan makanan seperti itu. Yang pasti, kadarnya tidak boleh berlebihan.

Bayi Bosan Dengan Menu Makanan

Kebanyakan bayi akan mengalami kebosanan. Hal ini bisa disebabkan ibu terlalu sering memberikan menu makanan untuk bayi usia 6 bulan yang sama. Oleh sebab itu, ibu perlu mengumpulkan berbagai resep makanan untuk sang buah hati. Selain untuk menghindari si kecil merasa bosan, ini juga cara yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Semakin variatif makanan yang ibu berikan maka semakin lengkap juga nutrisi yang si kecil dapatkan. Hal ini disebabkan setiap makanan mengandung gizi yang berbeda.

Ada baiknya juga jika ibu memberikan menu makanan yang tidak hanya bergizi dan juga lezat. Nestle merupakan bubur bergizi yang bisa ibu jadikan menu MPASI bayi usia 6 bulan. Cara membuatnya sangat mudah. Dan yang pasti, kandungan gizinya sangat lengkap. Rasanya enak sehingga bayi ibu pasti suka.

Bubur ini juga cocok untuk ibu bawa ketika ibu mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh. Jadi, ibu tidak perlu repot membawa blender dan buah. Cukup bawa air hangat. Kapan saja dan di mana saja ibu bisa membuatkan bubur yang bergizi untuk si kecil. Sangat tepat sekali jika ibu menjadikan Nestle sebagai resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*