Jangan Larang Anak Main Hujan-Hujanan

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Paling sulit itu melarang anak main hujan-hujanan. Apalagi jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Apa yang harus ibu lakukan?

Sebenarnya ibu tidak perlu repot-repot melarang si kecil agar tidak main hujan-hujanan. Karena ada sisi baiknya lho walaupun tentu saja ada sisi buruk yang bisa terjadi seperti ia akan akan terkena flu, pilek, demam, dan masalah kesehatan lainnya. Bukan tidak mungkin juga si kecil akan mengalami diare.

Yang seharusnya ibu lakukan adalah bagaimana si kecil bisa mendapatkan sisi baik dari main hujan-hujanan dan meminimalisir hal buruk yang bisa terjadi.

Kebaikan Main Hujan-Hujanan

Orang tua terdahulu mungkin tidak terlalu khawatir jika anak mereka main hujan-hujanan. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada orang tua zaman sekarang. Mungkin karena informasi yang beredar serta pemahaman bawasannya hujan-hujanan akan membuat anak sakit mengakibatkan mereka melarang anak mereka main hujan-hujanan.

Coba ibu flashback kembali bagaimana anak-anak zaman dahulu bebas bermain hujan-hujanan dan bahkan main sepakbola pun pada waktu hujan. Anak cenderung lebih riang gembira karena mereka merasakan keseruan ketika bermain saat hujan turun. Tentu hal tersebut akan berdampak baik terhadap tumbuh kembang anak.

Belum lagi masalah memory. Anak yang ketika masih kecil merasakan kebebasan dan kebahagian cenderung memiliki memory yang baik. Dan hal ini menjadi modal yang bagus untuk perkembangannya ketika dewasa nanti.

Lain hal dengan anak yang merasa terkekang dan sering dilarang. Mungkin ketika kecil ia terlihat seperti anak yang patuh kepada orang tua. Tapi siapa sangka ketika dewasa nanti ia akan menjadi anak pembangkang omongan orang tua karena ia merasa bebas dari kekangan dan berani melakukan apapun sesuai dengan apa yang ia inginkan.

Pertanyaannya, masihkah ibu akan melarang anak main hujan-hujanan?

Jika alasannya ibu takut anak sakit ketika main hujan-hujanan, maka sebaiknya ibu cari tahu saja apa yang membuat si kecil sakit setelah bermain hujan-hujanan.

Main Hujan-Hujanan Bukan Penyebab Sakit

Sayang sekali jika ibu menganggap main hujan-hujanan itu penyebab anak sakit seperti kena flu, pilek, atau demam. Karena bukan itu yang menjadi penyebabnya.

Sakit tersebut disebabkan karena kuman atau bakteri yang menempel pada tubuh ketika hujan-hujanan. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar anak tetap boleh bermain hujan-hujanan tapi hujan tersebut langsung turun dari langit, bukan dari pipa air yang mengalirkan air dari atap karena ada kemungkinan di pipa tersebut terdapat kuman.

Dan satu hal yang harus menjadi catatan. Kesehatan anak yang mudah sakit itu bukan karena cuaca buruk atau main hujanan-hujanan namun lebih disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun. Itulah mengapa sangat disarankan seorang anak itu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dari susu Friso. Selain itu, tentu saja dibutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang bergizi.

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak seperti yang sudah dijelaskan oleh pakar ilmu kesehatan di www.friso.co.id. Jadi, salahkah ibu membiarkan si kecil main hujan-hujan? Tentu saja tidak salah asalkan ibu tahu batasan-batasannya.

Dan yang paling penting, ibu harus memastikan si kecil tidak mudah sakit. Awasi si kecil ketika bermain hujan-hujanan. Jangan sampai bermain air hujan yang keluar dari pipa dari atap rumah. Ajak si kecil masuk ke rumah jika sekiranya ia sudah bermain hujan-hujanan terlalu lama. Hangatkan tubuhnya dengan memandikannya menggunakan air hangat. Dan pakaikan pakaian hangat dan berikan susu Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*