Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Mengajari Cara Belajar Jalan kepada Anak

cara belajar jalan www.facebook.com/ibudanbalita

Cara belajar jalan sudah dibahas di berbagai artikel. Ada beberapa tips yang harus ibu lakukan ketika sang buah hati mulai belajar untuk berjalan.

Di samping mengatahui cara mengajarkan cara berjalan, ibu juga harus tahu beberapa hal yang sebaiknya dihindari atau tidak ibu lakukan saat si kecil sudah mulai belajar jalan. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi psikologis anak.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak mengerti atau tidak begitu memperhatikan dampak terhadap psikologis anak. Hal ini dikarenakan dampak psikologis memang tidak bisa langsung dilihat. Dampaknya baru terlihat nanti ketika anak tumbuh dewasa.

Untuk itu, ketika si kecil sudah mulai belajar berjalan, ibu harus mengetahu apa saja yang sebaiknya ibu tidak lakukan. Berikut ulasannya.

Jangan Langsung Dibantu Ketika Si Kecil Jatuh

Kadang kala anak jatuh ketika ia belajar jalan. Mungkin si kecil sedang berjalan dengan berpegangan dengan kursi atau meja. Namun, ia lelah sehingga ia tidak mampu menjaga keseimbangan lalu jatuh.

Apa yang ibu harus lakukan? Jika jatuhnya parah, maka sebaiknya ibu membiarkan sejenak. Mungkin si kecil akan menangis tapi itu tidak masalah. Biarkan si kecil menangis sejenak lalu ibu bisa menasehati untuk tidak menangis.

Dengan tidak langsung memberi bantuan, maka ibu akan membuat anak memiliki mental pemberani. Ditakutkan jika ibu selalu membantu si kecil untuk bangun lagi, maka anak akan tergantung dengan ibu. Bukan tidak mungkin ketika dewasa nanti anak ibu tumbuh menjadi anak yang manja yang selalu menggantungkan diri dengan orang tua.

Dengan menerapkan cara ini, ibu akan mengajarkan agar si kecil percaya diri. Sang buah hati akan menjadi anak yang tidak mudah patah semangat, tidak cengeng, dan kuat.

Jika si kecil jatuh parah mungkin ada bagian tubuhnya yang terbentur benda tertentu, maka segeralah ibu memberi pertolongan.

Jangan Memarahi Benda yang Membuat Anak Terjatuh

Biasanya orang tua akan menyalahkan benda yang membuat si kecil terjatuh. Tanpa disadari, hal tersebut akan mengajarkan kepada anak untuk menyalahkan orang lain. Memang sepertinya tidak ada hubungannya. Akan tetapi, jika ibu melakukan hal tersebut, si kecil akan tumbuh sebagai anak yang mudah menyalahkan orang lain.

Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi pada sang buah hati ibu, bukan? Oleh karena itu, ketika si kecil mulai belajar jalan dan terkadang jatuh, maka jangan sekali-kali menyalahkan benda yang membuat si kecil terjatuh.

Menggunakan Alat Bantu Jalan

Setelah mengatahui hal yang tidak boleh ibu lakukan ketika membantu anak cara belajar jalan, selanjutnya ibu harus mempertimbangkan pula apakah ibu membutuhkan alat bantu jalan atau yang sering disebut baby walker atau tidak. Bagaimana menurut ibu?

Ternyata, ada efek kurang baik jika menggunakan baby walker. Pasalnya, tulang kaki si kecil tidak menyangga seluruh berat tubuhnya sendiri sehingga ahli kesehatan balita mengatakan kemungkinan besar tulang kaki tidak tumbuh secara optimal.

Selain itu, ibu juga harus waspada dikarenakan alat ini bisa membuat anak bergerak bebas sehingga dikhawatirkan sang buah hati berjalan menuju ke tempat yang berbahaya seperti keluar rumah sendiri.

Oleh karena itu, ada baiknya ibu menuntun dengan kedua tangan ibu saja atau biarkan si kecil memegang kursi atau meja jika ingin belajar berjalan. Namun, tentunya keputusan ada di tangan ibu mengenai penerapan belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*