Jangan Biarkan Sekalipun Anak Berbohong

mengatasi anak berbohong www.ibudanbalita.com

Ibu tidak perlu mencari tahu tentang bagaimana mengatasi anak berbohong jika ibu tidak membiarkan sekalipun si kecil berbohong. Namun, apalah daya. Nasi sudah menjadi bubur. Anak sudah terbiasa berbohong dan tugas ibu akan semakin berat.

Sebenarnya kebiasaan anak berbohong bisa juga disebabkan oleh ibu sendiri lho. Mungkin ibu terbiasa berbohong kepada si kecil walaupun berbohong yang ibu lakukan demi kebaikan anak ibu. Bagaimana pun juga, ibu tetap berbohong.

Dan ibu harus tahu anak cenderung meniru apa yang orang tua lakukan. Maka jangan salahkan jika anak suka berbohong.

Inilah yang menjadi hal yang menurut pakar perkembangan anak harus diantisipasi. Di situs www.ibudanbalita.com, sudah dijelaskan salah satu hal yang tidak boleh diajarkan oleh orang tua adalah berbohong.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana jika anak terbiasa berbohong? Bagaimana cara mengatasi anak yang suka berbohong?

Kunci Utama Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Tidak sulit untuk menghentikan kebiasan berbohong yang dilakukan oleh anak ibu. Kuncinya hanya satu, yaitu pahami apa yang menjadi penyebab anak suka berbohong.

Banyak anak yang akhirnya suka membohongi orang tuanya karena mereka takut untuk mengatakan hal yang sebenarnya. Seperti contoh, anak jatuh dari sepeda dan akhirnya sepeda rusak. Anak tidak berani mengatakan sebenarnya karena takut dimarahi oleh orang tua.

Ini hanya contoh sederhana saja. Dan tentunya banyak hal lainnya yang membuat anak terbiasa berbohong.

Terkadang kerenggangan hubungan antara anak dan orang tua menjadi pemicu seorang anak berbohong kepada orang tua. Anak tidak berani mengatakan hal secara jujur mendorongnya untuk mengatakan hal yang sebaliknya.

Namun, bukan itu saja yang menjadi satu-satunya faktor penyebab anak terbiasa berbohong. Ada juga tipe anak pengkhayal dan tipe anak yang tidak mau kalah sehingga ia cenderung menutupi semua yang menjadi hal yang tidak ia sukai. Ia akan sering melakukan kebohongan.

Untuk faktor seperti ini, ibu sebaiknya konsultasikan dengan psikolog anak. Atau ibu bisa kunjungi situs ibu dan balita untuk bisa berkonsultasi secara online dengan pakar perkembangan anak. Barangkali saja ibu bisa mendapatkan cara yang tepat untuk mengatasi anak yang suka berbohong karena faktor psikologis.

Yang pasti, jika terjalin keakraban antara orang tua dan anak, sebenarnya mustahil anak akan berbuat bohong. Pasalnya, tidak ada hal yang perlu dikatakan secara tidak jujur dengan orang tua. Jadi, ibu harus menjadi orang tua yang terbuka sehingga anak dengan leluasa bisa bercerita apa saja kepada ibu. Jadi, tidak ada kesempatan dan bahkan tidak alasan anak berbohong.

Mempelajari Tentang Psikologi Anak

Meskipun ibu bukan seorang psikolog atau bukan seorang pelajar tentang psikologi, bukan berarti ibu tidak boleh mempelajari tentang psikologi anak, kan? Ketika ibu memiliki anak, ini menjadi waktu yang tepat untuk belajar memahami anak dan belajar tentang psikolog anak. Ini sangat diperlukan jika ibu ingin sekali memastikan perkembangan anak optimal.

Ada banyak sekali referensi yang bisa ibu jadikan rujukan. Selain itu, semakin banyak juga forum ibu dan balita di mana ibu bisa sharing dengan sesama orang tua yang memiliki anak kecil. ini menjadi cara belajar tentang psikologi anak yang sangat efektif.

Jika ibu merasa masa depan anak sangatlah penting, pasti ibu tidak akan merasa keberatan untuk meluangkan waktu belajar tentang psikologi dan tumbuh kembang anak. Bukan begitu?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*