Jangan Asal Pilih Dokter Kandungan Ya Bu

ibudanbalita

Konsultasi kehamilan dengan dokter siapa saja boleh. Namun, akan lebih baik jika ibu memilih dokter yang memiliki kelangkapan peralatan khususnya alat USG.

Sekarang ibu tinggal pilih. Teknologi alat USG semakin canggih. Sudah ada USG 4D di mana ibu bisa lebih jelas melihat bayi yang ibu kandung.

Akan tetapi, tidak berhenti pada peralatannya saja. Karena konsultasi itu tidak bergantung pada alat USG tapi banyak hal. Ibu bertanya dan pertanyaan tersebut seharusnya dijawab dengan jawaban yang memuaskan, bukan?

Ibu menceritakan keluhan kesehatan yang ibu alami dan tentunya ibu ingin mendapatkan solusi yang tepat, bukan?

Jadi, jangan asal pilih dokter kandungan.

Dokter Kandungan Seharusnya yang Seperti Apa?

Mungkin ada banyak pilihan dokter kandungan di sekitar tempat tinggal ibu. Dan ibu bingung dengan dokter mana ibu seharusnya berkonsultasi.

Sebaiknya ibu pilih dokter yang komunikatif. Kebanyakan dokter yang komunikatif itu dokter yang masih muda. Memang tidak mutlak tapi usia sering menjadi faktor mengapa dokter yang sudah tua kurang komunikatif. Mungkin mereka sudah tidak memiliki tenaga yang cukup untuk berbicara panjang labar dengan setiap pasien.

Sementara itu, dokter yang usianya masih muda ingin mendapatkan reputasi yang baik di mata masyarakat dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Mereka harus komunikatif dan mau menjawab pertanyaan apapun yang ditanyakan oleh pasien.

Sangat masuk akal bukan kenapa dokter muda itu lebih komunikatif? Karena mereka belum terkenal seperti dokter yang sudah senior, diharapkan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik, mereka bisa lebih dipilih oleh para pasien.

Tidak hanya komunikatif. Dokter kandungan yang ibu pilih seharusnya disiplin. Orang yang disiplin menunjukkan bahwa dirinya sangat professional dengan pekerjaan yang ia jalankan. Begitu juga dengan apa yang ia lakukan seperti memeriksan keadaan ibu dan janin di dalam kandungan.

Terkadang ada dokter kandungan yang terlambat masuk ke rumah sakit atau klinik yang mengakibatkan antrian banyak. Para ibu hamil menunggu.

Dan ini berimbas pada waktu ibu juga, bukan?

Alternatif Lain

Sebenarnya ibu tidak harus berkonsultasi dengan dokter kandungan lho. Ada juga bidan. Apalagi bidan sudah ada di setiap desa. Pemerintah telah menyiapkan semua infrastruktur seperti puskesmas dan bidan desa yang siap melayani 24 jam.

Hanya saja, tidak semua bidan memiliki sertifikasi untuk mengoperasikan alat USG. Untuk cek kondisi kehamilan bulanan, sepertinya sudah cukup jika ibu konsultasi dengan bidan.

Ada juga alternatif lain, yaitu konsultasi online. Apakah ibu pernah konsultasi kehamilan online? Silakan ibu bisa coba untuk berkonsultasi online di ibudanbalita. Di sana ibu bisa bertanya apa saja misalkan seputar keluhan kesehatan yang ibu alami atau menanyakan tips kehamilan.

Konsultasi kehamilan online ini menjadi pilihan yang tepat jika ibu sedang membutuhkan masukan atau nasehat dari ahli kesehatan ibu hamil padahal ibu tidak bisa bertemu langsung dengan dokter kandungan.

Di situs ibu dan balita tersebut, ibu akan temukan banyak informasi penting seputar kehamilan. Jadi, mungkin ibu perlu mencari artikel di sana barangkali sudah ada jawaban atas keluhan yang ibu rasakan.

Tapi, jika ibu tidak menemukan jawaban, masuk ke forum konsultasi dan tuliskan pertanyaan di kolom yang sudah disediakan. Dokter kandungan akan segera merespon pertanyaan ibu tersebut.

Mudah, bukan? Sekarang siapa saja bisa mendapatkan akses kesehatan dengan mudah. Setidaknya, website ibu dan balita ini bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar mampu menjaga kesehatan dirinya sendiri dan juga janin yang ia kandung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*