Jangan Asal-Asalan Membiarkan Si Kecil Beraktifitas Di Luar Ruangan

Beraktifitas di luar rumah memang sangat bagus untuk anak. Terutama bagus untuk perkembangan fisiknya dan perkembangan si kecil akan lebih optimal ketika aktifitas yang dipilih berupa aktifitas yang melibatkan gerakan dan pengasahan otak. Tentu saja, aktifitas ini jauh lebih berguna untuk si kecil.

Mengenai aktifitas apa yang cocok untuk perkembangan otak dan fisiknya, ibu bisa memperoleh ide-idenya di www.ibudanbalita.com. Di sini, ibu bisa dengan mudahnya menemukan aktifitas luar rumah yang bagus untuk perkembangan si kecil.

Tapi harus diingat, ibu juga perlu hati-hati ketika si kecil bermain di luar rumah. Pasalnya, bisa saja kulit si kecil terbakar akibat teriknya matahari. Untuk itu, ibu perlu memproteksi kulit si kecil agar masalah tersebut tidak terjadi. Bagaimana caranya?

Hal Yang Sebaiknya Ibu Lakukan Ketika Si Kecil Bermain Di Luar Rumah

Perlu diingat, cuaca di Indonesia sangatlah panas apalagi jika musim kemarau tiba. Kulit si kecil yang masih lembut dan sensitif belum mampu untuk menahannya. Akibatnya, kulit si kecil akan mudah terbakar.

Menyadari akan kemungkinan buruk ini terjadi, ibu sebaiknya mencurahkan perhatiannya untuk anak. Caranya adalah dengan memproteksi kulitnya agar tidak terbakar karena seringnya bertatapan dengan sinar matahari di luar rumah. Misalnya dengan memanfaatkan lotion.

Berhubung kulit si kecil sangat sensitif, lotion yang sebaiknya digunakan adalah lotion yang punya SPF sesuai, yaitu SPF 15 agar kulit tubuh tidak mudah iritasi / terbakar.

Dan sebelum menggunakan lotion tersebut pada kulit anak, ibu patut mencoba terlebih dahulu lotion tersebut pada bagian kulit lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan jika lotion tersebut sesuai dengan kulit bayi atau tidak.

Selain menggunakan lotion / pelembab, ibu juga harus memperhatikan pakaian yang dikenakan si kecil. Pakaian yang tebal bisa melindungi si kecil dari teriknya matahari.

Namun harus diingat, kenyamanan si kecil juga harus dipertimbangkan. Makanya, akan jauh lebih baik jika pakaian si kecil dibuat dari bahan yang benar-benar nyaman untuk kulitnya.

Selain busana yang dikenakan, pastikan pula untuk memberikan perlindungan lainnya. Misalnya dengan membiasakan si kecil untuk mengenakan topi selama beraktifitas di luar rumah.

Setelah selesai dari aktifitas luar rumah, proses memandikannya juga penting untuk dijaga. Bila ibu biasa memandikan si kecil dengan air hangat, kini ubahlah dengan air yang lebih sejuk.

Air sejuk yang digunakan nantinya bisa mengembalikan kulit menjadi lebih segar. Terutama setelah si kecil bermain di luar menggunakan pelembab / lotion.

Dan yang terakhir, usahakan untuk memberikan minum air lebih banyak. Tujuannya adalah agar kulit si kecil terhidrasi, dan kembali lebih sehat.

Bagaimana Bila Si Kecil Dihalangi Bermain Di Luar Rumah?

Kekhawatiran ibu terhadap kondisi si kecil memang patut di acungi jempol. Namun menghalangi aktifitasnya tentu buruk untuk perkembangannya.

Biasanya ibu mengalihkan si kecil agar tidak bermain di luar ruangan. Contohnya adalah memberikan gadget agar anak bisa bermain di dalam rumah.

Namun harus diingat, pemberian permainan melalui gadget tidak baik untuk tumbuh kembang bayi. Bahkan cenderung mematikan unsur sosialnya di masa mendatang. Oleh karenanya, pilihan ini tidaklah bijaksana.

Yang paling baik, ibu perlu memberikan waktu berharga buat si kecil untuk terus bergerak di luar rumah. Asalkan ibu memberikan perhatian khusus sebagaimana yang diulas di atas, maka kondisi si kecil akan tetap baik-baik saja.

Dan mengenai aktifitas luar rumah yang tentunya bagus untuk dilakukan si kecil, ibu bisa mengintipnya langsung di situs ibudanbalita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*