Jam Tidur Bayi Sesuai Umur Yang Harus Bunda Ketahui

jam tidur bayi Parenting.com

Jam tidur bayi tidak sama dengan orang dewasa. Semua orang butuh tidur, mulai dari bayi yang baru lahir hingga lansia. Tidur sangat diperlukan untuk perkembangan dan tumbuh kembang bayi karena hormon perkembangan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap. Selain itu, tidur juga membantu Si Kecil terlindung dari kerusakan jantung dan pembuluh darah, membantu menjaga berat badan, dan membantu melawan penyakit serta infeksi. Jika orang dewasa membutuhkan 7 sampai 8 jam sehari untuk tidur, beda lagi halnya dengan bayi.

Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa. Bahkan, Si Kecil yang baru lahir membutuhkan jam tidur bayi sekitar 16,5 jam sehari. Namun seiring bertambahnya usia, jam tidur bayi pun menjadi berkurang. Berikut daftar durasi jam tidur bayi usia satu hingga 12 bulan. Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari yang dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam. Pola tidurnya pun tidak beraturan, bisa dari beberapa menit hingga beberapa jam pada suatu waktu. Si Kecil biasanya hanya akan sering bangun untuk menyusu.

Jam Tidur Bayi Usia 1 – 12 Bulan

Ketika berusia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam sehari, 8-9 jam untuk tidur malam dan 6-7 jam untuk tidur siang. Ia pun sudah mulai mencari tahu perbedaan antara siang dan malam hari, di mana waktu tidur di malam hari menjadi lebih besar dibanding siang hari. Kapan waktu terbaik bayi bisa tidur saat usia 3 bulan sama dengan bayi umur 1 bulan, yaitu 14-16 jam sehari. Bedanya, ada perubahan pada durasi tidur siang dan tidur malam. Pada usia ini, lamanya tidur malam bayi menjadi 10-11 jam dan tidur siang menjadi 4-5 jam.

Bayi usia 6 bulan memerlukan jam tidur sebanyak 14 jam sehari, yaitu 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam. Sedangkan di usia 9-12 bulan, waktu  tidur bayi berubah lagi, yaitu 13,5 jam sehari dengan rincian tidur malam 11 jam dan tidur siang 2,5 jam. Di usia ini, Si Kecil kemungkinan bisa kesulitan atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Pola tidur Si Kecil juga bisa terganggu jika giginya mulai tumbuh atau mulai belajar kemampuan baru seperti merangkak.

Namun perlu diingat jika kebiasaan setiap bayi itu berbeda. Buah hati bunda bisa saja membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang dari daftar di atas. Bisa juga durasi tidur siang dan tidur malam Si Kecil justru menjadi terbalik, malamnya hanya tidur sebentar, sedangkan siangnya bisa terlelap hingga berjam-jam. Apabila si kecil mengalami masalah pada saat atau akan tidur, segera hubungi dokter anak kepercayaan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Jam Tidur Bayi Terbaik , Kapankah Itu?

Setelah periode bangun awal yang terjadi sehabis dilahirkan, sebagian bayi yang akan tidur cukup lama selama hari-hari pertamanya. Ia hanya bangun sebentar dan mungkin kurang menarik untuk menyusu. Sedangkan bayi  lainnya malah sebaliknya, bangun, rewel dan harus sering disusui. Kedua tipe ini normal. Siklus tidur bayi akan sangat berhubungan dengan seberapa sering ia menyusu. Sesudah menyesuaikan dengan lingkungan baru bayi akan dapat tidur 12 sampai 20 jam dalam sehari. Pada awalnya periode tidurnya singkat tetapi sering. Asalkan ia mendapat makanan yang cukup, berapa lama bayi tidur akan bersifat individual dan tidak perlu dikawatirkan.

Sewaktu bayi semakin besar, ia mungkin akan bangun ditengah malam dan kemudian tidur kembali. Meskipun demikian seorang bayi harus diberi susu, digendong mondar-mandir, diganti popoknya, dininabobokan, dipijat atau cara lainnya sebelum kembali tidur. Banyak orang tua yang baru mempunyai anak bertanya-tanya kapan mereka harus memberi makan bayinya. Jika bayi lapar, ia akan bangun, mencari-cari dan mengisap apapun didekatnya dan ia akan melambaikan lengan serta kakinya dengan kuat untuk memberi tahu anda bahwa ia lapar. Jika Anda menunggu bayi akhirnya akan menangis.

Dimana bayi tidur adalah keputusan yang bersifat pribadi. Banyak orang tua yang menemukan bahwa jika bayinya dibaringkan akan lebih mudah untuk tertidur bersama mereka dalam satu tempat tidur. Bayi baru lahir tengah menjalani masa transisi dari seorang janin yang terbungkus hangat dan rapat dalam rahim ibunya, serta mendengar bunyi-bunyian dari tubuh ibu. Bayi baru lahir mempunyai periode bangun yang panjang di malam hari sama seperti yang dilakukannya dirahim ibu selama kehamilan.

Dimalam hari bayi tidak diayun-ayun cairan ketuban seperti jika ibunya bergerak sepanjang hari. Berbaring dengan satu tempat tidur dengan ibunya, membuat bayi tetap hangat dan mendengar suara-suara yang menenangkan dari nafas si ibu. Juga orang tua akan lebih mudah memenuhi kebutuhan bayi dimalam hari jika bayi berada didekatnya. Dengan membaringkan bayi baru lahir dalam satu tempat dengan Anda, tidak berarti ia akan terus satu tempat tidur dengan Anda. Sewaktu ia makin besar dan kurang membutuhkan bentuan Anda dimalam hari, pindah ke boks atau tempat tidurnya sendiri.

Menempelkan bayi dalam posisi wajah ke bawah, menempel pada seprei terbuat kulit domba, seprai lembut, atau quilt sudah terbukti ada hubungannya dengan kematian akibat tersumbat. Secara berkala letakan bayi tertelungkup saat ia bangun untuk mencegah berkembangnya bentuk kepala yang tidak bulat dan memberi kesempatan bagi bayi untuk mengangkat kepala dan memperkuat otot-otot leher. Jam tidur bayi memang harus Bunda perhatikan sebab ini bisa berdampak pada kesehatannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*