Jadwalkan makanan pendamping ASI

makanan pendamping ASI www.awalsehat.nestle.co.id
makanan pendamping ASI

Awal Sehat Nestle

Menjadi orang tua yang membesarkan anak secara mandiri memang suatu pekerjaan yang patut dihormati. Bagaimana tidak ? membesarkan bayi memerlukan kesabaran, kasih sayang, dan rasa tulus yang demikian besar. Mengingat bayi adalah mahluk yang ketika meraung mampu menyayat hati namun ketika tertawa seolah raungan tadi tidak pernah ada. Sama halnya dengan mendidik bayi, terlihat kasar tapi lembut. Salah satu tantangan membesarkan si kecil adalah memperkenalkan makanan pendamping ASI untuk pertama kali. Apa itu makanan pendamping ASI ? Makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan untuk menemani air susu ibu, sebagai suatu bentuk transisi bayi yang dulu hanya minum air susu ibu sebelum mengarah ke makanan padat. Strategi perkenalan makanan pendamping ASI musti dibuat dengan apik atau rapi agar berjalan dengan lancar, supaya bayi tidak marah. Ingat, kesan yang diberikan pada bayi akan membekas di alam bawah sadar hingga ia dewasa. 

Hal mendasar yang harus diketahui adalah mulai perkenalan makanan pendamping ASI di pagi hari atau pertengahan hari. Alasan dari saran ini adalah apabila ada hal tidak diinginkan seperti bayi ternyata alergi terhadap makanan yang diberikan, anda akan punya waktu seharian untuk mengatasi hal tersebut. Terdengar lebih baik dibanding mencoba menenangkan bayi yang merengek kesakitan pada dini hari, bukan ? Ditambah lagi, pada saat bayi merengek di malam hari karena kesakitan salah makan, kejadian ini akan merusak jadwal tidur bayi, dan ya, tentu saja anda harus menanggungnya di kemudian hari.

Tahap 1 .

Pada tahap pertama, anda tidak perlu berharap terlalu tinggi. Bayi umumnya hanya mau memakan setengah sendok makan, atau malah kurang dari itu. Susu formula atau air susu ibu masih menjadi bagian penting untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Minggu pertama cobalah untuk terus menyuapi bayi , setidaknya anda mempertahankan keinginan bayi untuk memakan setengah sendok makan yang anda berikan. Pelan pelan saja, tidak perlu buru buru.

Berikan susu formula atau air susu ibu usai memberi makan pendamping, hal ini bertujuan agar bayi tetap mendapat gizi karena bayi hanya mau makan sedikit pada masa di awal satu ini. Agar tetap di batas aman, berikan susu di malam hari, sesi sebelum tidur adalah saat yang tepat untuk memberikan susu, mengingat susu memiliki efek menenangkan bayi.

Minggu kedua dan ketiga anda tidak perlu mengganti makanan pendamping yang diberikan. Bayi menolak makan bukan karena bosan dengan menu anda, namun pada dasarnya bayi masih belum bisa menerima kehadiran makanan pendamping. Terus saja mencoba menyenangkan bayi agar mau melahap lebih banyak dengan cara atraktif seperti bermain pesawat pesawatan.

Tahap kedua

Berbeda dengan tahap pertama, tentu tahap kedua bukan lagi mengejar ngejar bayi agar mau menerima makanan sampingan, namun lebih kepada mempertahankan bayi agar tidak cepat bosan. Bagaimana orang tua harus berpikir kreatif “apa yang bisa kubuat hari ini agar anakku mau makan dengan lahap?” adalah pertanyaan yang wajib anda tanamkan di pikiran. Untung saja, jaman sekarang tidak serepot dahulu. Ada internet dengan ribuan resep tersedia. Anda kurang waktu dan tidak yakin dengan keseimbangan gizi dalam makanan anda ? sudah banyak produk di pasaran yang menargetkan kesehatan dan kebahagiaan bayi anda. Tentu anda tidak lagi perlu sekhawatir orang tua jaman dahulu.  Tahap kedua dimulai pada minggu kelima dan keempat.

Selamat, seperti yang dikatakan di awal minggu kelima dan keempat saatnya anda bisa berkreasi sedikit dengan menu makanan. Umumnya bayi sudah mulai bisa sedikit menerima kenyataan bahwa menu makanannya tidak lagi hanya berhenti di air susu ibu. Tapi tolong diingat, tiap kali mengganti menu makanan usahakan memberi jarak setidaknya 4 hari atau lebih untuk melihat apakah ada reaksi alergi dari anak.

Pada minggu kelima jangan buru buru memberikan susu kepada bayi. Ingat, perut bayi hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa. Bayi tidak bisa menerima terlalu banyak makanan dalam waktu sehari saja. Imbangkan seberapa banyak makanan yang bayi mau terima dengan jumlah susu yang anda berikan, baik susu formula maupun air susu ibu.

Sebagai contoh, jika sebelumnya anda selalu memberi pepaya, dan kini berganti ke bubur alpukat dan hendak mengganti menu ke pisang, anda harus memberi bubur alpukat terus menerus selama 4 hari sebelum pindah menu ke pisang. Tentu saja dengan catatan bayi tidak mendapat masalah seperti muntah, diare, atau semacamnya selama masa pergantian tersebut.

Jika program ini berjalan lancar, kemungkinan bayi anda mau menerima beragam makanan anak anda ke depannya akan semakin besar. Usia 6 bulan memang masa masa penting dalam memperkenalkan makanan. Meski dalam program ini menargetkan waktu hanya 5 minggu, bukan berarti semua bayi bisa menerima dengan baik, dan bukan berarti bayi anda bermasalah, atau anda tidak punya bakat, kemampuan mendidik bayi.

Ingat, setiap bayi mempunyai tahap dan masa masanya sendiri. Meski terlahir di hari yang sama bukan berarti satu bayi akan mampu mengucapkan kata pertama dalam kurun waktu yang sama dengan bayi yang lain. Sama halnya dengan kemauan menerima makanan, bisa saja bayi anda lebih cepat atau lambat dibanding bayi lain. Tenang, rileks dan nikmati masa masa bahagia dengan anak anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*