Inilah Tanda-Tanda Perkembangan Bayi Normal Pada Usia 6 Bulan

perkembangan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan bayi ibu normalkah? Ibu harus memastikan sendiri apakah si kecil berkembang dengan normal atau tidak. Dengan mengetahui tanda-tanda berikut ini, ibu bisa menentukan seberapa sehat sang buah hati ibu.

Mungkin ibu bertanya-tanya kenapa harus 6 bulan. Sebenarnya, perkembangan sang buah hati itu bisa dilihat setiap minggu atau bahkan setiap hari. Akan tetapi, periode 6 bulan merupakan periode yang sangat penting. Pasalnya, pada usia 6 bulan, berarti si kecil sudah mulai mendapatkan asupan gizi selain dari ASI.

Lalu, apa saja tanda-tanda bahwa usaha ibu tidak sia-sia selama 6 bulan? Berikut ulasannya.

Berat Badan

Salah satu tanda bahwa perkembangan bayi ibu normal adalah berat badannya. Berapa berat badan si kecil pada usia 6 bulan? Ibu tidak perlu membandingkan dengan bayi lain karena berat badan bayi itu beda-beda. Hanya saja para ahli kesehatan bayi mengatakan jika berat badan bayi ibu pada usia 6 bulan dua kali lipat dari berat ketika lahir, maka bayi ibu termasuk bayi dengan perkembangan normal.

Bagaimana jika lebih rendah? Ada kemungkinan bayi ibu memiliki masalah berat badan. Mungkin, ASI yang ibu berikan selama 6 bulan terakhir tidak mencukupi kebutuhan pertumbuhan sang bayi.

Gerakan Motorik

Gerakan apa yang sering dilakukan oleh bayi ibu ketika sudah berusia 6 bulan? Umumnya, bayi usia 6 bulan sudah bisa menggerakkan badan, setidaknya telungkup dan terlentang tanpa bantuan orang lain.

Beruntung sekali jika bayi ibu sudah bisa mengangkat badannya dengan tangan dan bahkan sudah bisa duduk. Yang jelas, ibu tidak perlu khawatir jika bayi ibu belum bisa duduk sendiri pada usia 6 bulan. Hal tersebut bukan berarti ada yang salah dengan perkembangan balita ibu.

Bergerak seperti mengangkat badan dan duduk sendiri itu tergantung pada kekuatan tulang dan perkembangan otot si kecil. Asalkan bayi ibu sudah mulai telungkup dan terlentang, ibu berarti bayi ibu berkembang dengan normal.

Tidur Lebih Lama

Ibu pasti merasa capai karena harus bangun setiap malam untuk memberikan ASI atau bahkan si kecil sering tidak bisa tidur di malam hari. Itu wajar ketika si kecil berusia di bawah 6 bulan.

Akan tetapi, jika usia sang buah hati sudah masuk pada suai 6 bulan, sang buah hati akan lebih lama terlelap, sekitar 6-8 jam sehari. Selain itu, tidur si kecil juga mulai terjadwal seperti di siang hari dan malam hari.

Kemampuan Mencerna Makanan

Pada usia 6 bulan, ibu sudah bisa mulai memberikan makanan atau yang sering disebut dengan MPASI. Mungkin pada awalnya si kecil akan susah buang air besar atau BAB. Hal tersebut sangat normal. Pasalnya, sistem pencernaan si kecil baru belajar mencerna makanan lunak, tidak hanya ASI.

Ibu tidak perlu khawatir jika bayi susah BAB. Jangan memberikan obat-obatan untuk melancarkan BAB. Ibu hanya perlu membantu si kecil untuk belajar mengeluarkan BAB yang labih badat karena sudah mulai mengkonsumsi makanan.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lihat sebagai tanda apakah si kecil tumbuh dengan normal pada usia 6 bulan atau tidak. Tentu saja sangat menyenangkan jika melihat sang buah hati sudah mulai bisa makan, bergerak, dan berat badannya naik. Namun, tetap saja ibu harus berkonsultasi dengan dokter anak karena pada usia 6 bulan perkembangan bayi sangat perlu diperhatikan secara keseluruhan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*