Inilah Kenapa Ibu Hamil Sering Merasa Ngantuk Di Pagi Hari

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tidur di pagi hari bagi seorang ibu hamil merupakan sebuah larangan. Setidaknya itu yang disampaikan oleh orang-orang tua terdahulu.

Tapi, apakah ibu tahu kenapa?

Ibu hamil memang sering merasa mengantuk di pagi hari. Jika hal ini ibu rasakan, tenang saja. Itu hal yang sangat wajar.

Hanya saja, orang tua melarang ibu tidur di pagi hari. Ibu harus melawan rasa kantuk tersebut.

Mengapa Ibu Hamil Mengantuk Di Pagi Hari

Sebagian besar ibu hamil, terutama ibu hamil muda, mengalami morning sickness. Secara sederhana, morning sickness adalah gejala tanda kehamilan di mana seorang ibu hamil sering mual dan muntah.

Morning sickness ini biasanya terjadi di pagi hari. Akan tetapi, bukan tidak mungkin ibu hamil mengalaminya di malam hari.

Terlepas dari itu, morning sickness membuat tubuh lemas. Pasalnya, semua makanan dan minuman ibu keluarkan lagi karena muntah.

Saat itu terjadi, ibu akan mudah sekali mengantuk.

Belum lagi dengan masalah yang lain seperti mood swings atau perasaan yang sering berubah-ubah. Stress sering membuat ibu tidak bersemangat sehingga lebih suka tidur di pagi hari.

Jadi, wajar jika seorang ibu mengantuk di pagi hari. Namun, sebaiknya ibu melawan rasa kantuk tersebut.

Pentingnya Melawan Rasa Kantuk Di Pagi Hari

Sebenarnya tidur di pagi tidak hanya buruk bagi kesehatan ibu hamil, tapi juga juga semua orang secara keseluruhan.

Hanya saja, bagi seorang ibu hamil, tidur di pagi hari sangat berakibat buruk entah bagi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Salah satu resiko buruk yang bisa terjadi adalah kelebihan cairan ketuban. Apa yang terjadi?

Menurut dokter kandungan, air ketuban yang terlalu banyak akan membuat posisi janin berubah-ubah. Dan hal ini bukan kabar yang baik jika masa persalinan sudah hampir tiba. Karena saat proses persalinan hampir tiba, seharusnya janin sudah dalam keadaan yang siap untuk lahir ke dunia.

Bagaimana dengan ibu hamil muda? Berarti tidak masalah jika tidur di pagi hari?

Ada resiko lagi. Tidur di pagi hari akan membuat ibu hamil muda mudah mengalami sakit kepala. Karena tidur terlalu lama dan bahkan dilakukan di pagi hari akan membuat cairan serebrospinal diproduksi dalam jumlah yang banyak di mana hal ini mengakibatkan sakit kepala.

Namun, bukan itu yang mengkhawatirkan. Tidur di pagi hari akan membuat tubuh ibu tidak fit. Akibatnya, ibu akan merasa lemas dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya setiap hari. Stamina akan turun dan jika hal in terjadi, kondisi kesehatan ibu akan menurun.

Stamina yang kurang bagus jelas berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Lebih dari itu, jika hal ini ibu biasakan, maka ibu tidak akan memiliki stamina yang cukup prima untuk melakukan proses persalinan normal jika sudah tiba nanti. Karena salah satu kunci sukses persalinan normal adalah stamina yang baik.

Tentu saja ibu ingin melakukan proses persalinan secara normal, bukan?

Oleh sebab itu, ibu perlu menghindari tidur di pagi hari agar stamina mulai awal kehamilan hingga ketika proses persalinan nanti tiba selalu terjaga.

Selain itu, ibu juga harus menjaga kesehatan janin agar janin juga siap untuk lahir secara normal. Ibu perlu mendapatkan informasi lengkap bagaimana menjaga kehamilan di ibudanbalita. Pelajari dan pratekkan agar ibu dan janin sehat selalu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*