Inilah Inti dari Semua Tips dan Cara Menjaga Kehamilan

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan jumlahnya sangat banyak sekali. Mungkin jika ibu membuat list seputar apa saja yang ibu harus lakukan untuk menjaga kehamilan, ibu akan menghabiskan beberapa buku. Ibu akan semakin tertekan dan pesimis untuk menerapkan semua cara tersebut.

Namun, sebenarnya hal tersebut bisa di simplified atau disederhanakan jika ibu tahu apa sih sebenarnya inti dari semua cara menjaga kehamilan. Untuk itu, ibu perlu perhatikan informasi berikut ini.

Kesehatan Ibu dan Janin

Inti dari semua tips menjaga kehamilan adalah sejauh mana ibu bisa memastikan kesehatan ibu dan janin selalu terjaga. Dalam hal ini, ibu tidak perlu melakukan hal-hal yang terlihat extraordinary. Jika ibu sudah terbiasa melakukan kegiatan yang positif serta menjalankan gaya hidup yang sehat, ibu pasti akan mudah menjalani masa kehamilan dengan baik.

Coba ibu jawab bertanyaan ini. Apakah selama ibu mengandung, ibu akan sering pergi ke luar rumah dan mencari makanan di restoran fast food dengan suami? Apakah ibu akan lebih sering bersantai dan bermalas-malasan di rumah dengan alasan untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan? Untuk dua pertanyaan tersebut di atas, jika jawaban ibu adalah “tidak”, maka secara naluri ibu sudah tahu betul tentang cara menjaga kehamilan.

Coba ibu lanjutkan dengan menjawab pertanyaan berikut ini. Apakah ibu suka berolahraga setidaknya satu minggu sekali untuk menjaga penampilan dan kebugaran? Apakah ibu mau jika diajak suami ibu untuk jalan santai pada waktu weekend? Jika ya, congratulation. Ibu tidak akan mendapatkan masalah yang berarti dalam menerapkan tips menjaga kehamilan.

Jadi, pada dasarnya jika ibu sudah terbiasa untuk menjaga kesehatan diri sendiri, maka ibu tidak akan merasa terbebani untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Sayangnya, banyak sekali wanita modern yang gaya hidupnya jauh dari kata sehat. Lebih sering nongkrong di malam hari, lembur pekerjaan, makan fast food, dan tidak suka olahraga. Tentu wanita dengan gaya hidup seperti itu akan sangat sulit sekali jika mereka diminta untuk menerapkan cara menjaga kehamilan. Bisa saja mereka berjanji untuk menghentikan kebiasan buruk mereka tersebut. Namun, mereka akan merasa berat sekali untuk menjalani kegiatan yang baik untuk kesehatan wanita hamil.

Mengatasi Semua Keluhan Kesehatan

Selain menjaga kehamilan dengan cara menerapkan pola hidup yang baik, ibu juga harus mengantisipasi hal-hal yang bisa menggangu kesehatan ibu saat hamil. Sekalipun ibu sudah menerapkan semua tips menjaga kehamilan, bukan berarti ibu bisa terhindar dari segala macam keluhan kesehatan saat hamil.

Contohnya saja morning sickness. Mual dan muntah saat hamil biasa disebut dengan morning sickness. Ini merupakan keluhan kesehatan yang normal terjadi saat wanita hamil. Hal ini dipengaruhi oleh hormone di dalam tubuh yang jumlahnya meningkat saat hamil.

Untuk masalah morning sickness, ibu bisa menerapkan tips menjaga kehamilan yang khusus untuk menangani morning sickness. Tentu saja bukan hanya morning sickness saja yang ibu harus antisipasi. Masih banyak lagi keluhan yang harus ibu pahami dan ketahui bagaimana cara mengatasinya seperti sakit kepala, anemia, obesitas, dan lain sebagainya.

Yang jelas, ibu harus bersyukur ketika ibu akan dikarunia anak. Sebagai tanda syukur, ibu harus fokus untuk menjaga titipan dari Tuhan tersebut, bukan? Untuk itu, ibu harus konsisten menerapkan semua cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*