Inilah Info Ibu Hamil Muda yang Wajib Ibu Pahami

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Setiap ibu pasti mendambakan anaknya terlahir sehat dan sempurna. Tetapi terkadang ada bayi yang memiliki kelainan saat dilahirkan. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengetahui info ibu hamil muda agar janin tetap sehat dan terlahir sempurna.

Terkadang ada orang tua yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk makan sesuatu. Terkadang hal itu benar, karena hamil muda sangat rentan dengan gangguan kesehatan, terutama bagi janin. Ibu yang sedang hamil muda memang perlu menjaga pola makan dan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dimakan.

Kenapa?

Sebab, perkembangan janin di 3 bulan pertama sangat tergantung oleh asupan gizi ibunya. Padahal pada bulan-bulan itu ibu sedang tidak enak-enaknya makan ataupun minum. Setiap makan selalu ingin muntah. Bahkan terkadang ada ibu yang sedang tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya berbaring di tempat tidur.

Tetapi walaupun begitu ibu harus tetap memenuhi nutrisi harian yang cukup. Alasannya perkembangan janin hanya mengibulkan nutrisi ibu hamil muda yang diserap dari plasenta.

Ini berarti jika seorang ibu kekurangan nutrisi, dapat dipastikan anaknya pun akan kekurangan nutrisi. Hal inilah yang kemudian sering menyebabkan anak tidak terlahir secara sempurna. Untuk itu sering-seringlah membaca Info ibu hamil 3 bulan pertama.

Lalu apa yang harus ibu lakukan?

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan gizi janin ibu, inilah yang harus ibu perhatikan;

Pertama, sebaiknya ibu lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau. Kandungan zat besi yang ada dalam sayuran hijau bisa mengurasi rasa mual. Karena biasanya pada awal kehamilan ibu akan lebih sering merasa mual bahkan muntah. Disamping itu, sayuran hijau juga bisa membantu ibuuntuk mencegah anemia yang sering terjadi terhadap ibu hamil.

Dan yang paling penting, makanan ibu hamil muda harus mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini banyak terkandung dalam sayuran hijau. Karena asam folat berfungsi untuk pembelahan sel. Maka dari itu, para dokter kandungan menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi.

Kedua, info ibu hamil trimester pertama selanjutnya adalah perbanyaklah konsumsi buah segar. Jangan membeli buah yang mengandung bahan-bahan pengawet. Pilihlah buah-buahan yang benar-benar segar dan banyak mengandung serat. Karena serat dalam buah akan membantu ibu untuk mengatasi sembelit.

Beberapa buah yang dianjurkan adalah mangga, pisang, alpukat, jeruk, apel, kurma dan tomat. Dan sebaiknya ibujuga menghindari buah-buahan yang membahayakan janin ibu. Seperti durian, nanas, pepaya muda dan delima. Di awal kehamilan buah itu bisa menyebabkan keguguran. Ingatlah baik-baik tentang hal itu karena buah untuk ibu hamil muda sangat berpengaruh untuk perkembangan janin.

Ketiga, banyaklah makan makanan yang mengandung protein. Karena untuk bisa berkembang dengan baik, janin sangat membutuhkan banyak protein terutama di trimester pertama. Info ibu hamil muda yang no tiga ini bisa ibu dapatkan dalam kandungan susu. Untuk itu sebaiknya ibu memperbanyak konsumsi susu.

Kehamilan pada 3 bulan pertama sangat penting untuk perkembangan janin. Normal tidaknya pertumbuhan dan perkembangan janin ditentukan oleh asupan gizi dan nutrisi di bulan-bulan ini. Sehingga untuk ibu yang sedang hamil muda disarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Selain menjaga makanan, ibu juga harus membatasi aktifitas agar tidak kecapekan. Karena selain faktor makanan, ada faktor lain yang paling sering menjadikan keguguran. Yaitu faktor kelelahan.

Oleh karena itu, ibu sebaiknya lebih banyak istirahat ketika hamil muda. Itulah info ibu hamil muda yang wajib ibu pahami supaya si kecil terlahir dengan selamat, sehat dan sempurna.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*