Inilah Ciri Bayi Sehat Ketika Baru Dilahirkan

bayi sehat www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat itu bisa dilihat sejak awal ketika baru saja dilahirkan. Artinya, ibu tidak perlu menunggu sampai bayi berusia di atas satu bulan untuk mengetahui apakah bayi ibu sehat atau tidak. Ketika baru saja dilahirkan, setidaknya ibu bisa tahu ciri-ciri bahwa si kecil lahir dengan keadaan sehat.

Bagi ibu yang menantikan kelahiran anak pertama, ibu harus tahu ciri-ciri dari bayi lahir sehat. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Jumlah Jari

Ciri bayi sehat yang paling mudah dikenal adalah jumlah jarinya. Sebenarnya, pihak rumah sakit di mana ibu melahirkan akan menjelaskan bahwa bayi yang ibu lahirkan dalam keadaan normal dengan cara menunjukkan jumlah jarinya. Hanya saja, ini hanya ciri fisik saja. Perlu riset pemeriksaan lebih lanjut mengenai organ-organ lainnya.

Yang pasti, jika ibu menemukan jumlah jari si kecil berjumlah 10, maka ibu tidak perlu was-was. Setidaknya, sang buah hati tidak memiliki cacat fisik pada jumlah jarinya.

Menangis Keras

Kebanyakan orang tua yang baru sekali memiliki bayi akan khawatir jika bayi menangis keras sekali. Padahal, tangisan keras tersebut menunjukkan bahwa bayi sehat. Justru orang tua harus khawatir jika bayi tidak menangis setelah lahir di dunia.

Biasanya, dokter akan memberikan cubitan kecil jika bayi tidak menangis. Cubitan tersebut agar bayi menangis. Bayi yang menangis itu dikarenakan perubahan suhu atau udara yang berbeda, yaitu antara suhu di dalam rahim dan di dunia luar.

Berat Badan

Salah satu ciri bayi lahir dalam keadaan sehat itu berdasarkan berat badannya. Untuk bayi laki-laki, dikatakan sehat jika berat badannya di atas 2.5 kg. Sementara itu, bagi bayi perempuan, berat badannya harus di atas 2.4 kg. Angka ini standar WHO (World Health Organization).

Ibu tidak perlu khawatir jika di hari kedua atau ketiga ternyata berat badan bayi turun. Itu bukan berarti bayi tidak sehat. Turunnya berat badan di minggu pertama kelahiran itu sangat wajar. Berat badannya turun karena cairan dalam tubuh bayi dikeluarkan melalui urin dan juga BAB. Hanya saja, jika berat badannya turun lebih dari 10% dari berat badan waktu lahir, maka ibu perlu memeriksakan kesehatannya ke dokter spesialis anak.

Wajah Memanjang

Jika ibu melahirkan sang buah hati secara normal, maka ciri fisik bayi sehat ibu nanti adalah fitur wajah yang memanjang. Hal ini dikarenakan bayi ibu keluar dari lorong yang sempit sehingga wajah bayi ibu akan memanjang.

Akan tetapi, wajah memanjang tersebut tidak akan lama. Untuk beberapa minggu setelah kelahiran, fitur wajah akan berubah tidak terlalu lonjong. Ibu harus memeriksa beberapa organ seperti hidung dan mulut. Karena lahir normal, ada kemungkinan hidunya bengkok atau melorot. Ibu tidak perlu khawatir karena tulang bayi masih lunak maka masih mudah diluruskan kembali.

Itulah beberapa ciri bayi sehat. Semoga informasi tersebut di atas membuat ibu tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya terus apakah sang buah termasuk bayi yang lahir dalam keadaan sehat atau tidak. Ibu bisa melihat dari segi fisiknya.

Akan tetapi, bayi yang lahir sehat itu hanya tahap awal. Ibu harus melakukan perawatan bayi tahap selanjutnya. Siapkan kesehatan ibu agar bisa memberikan ASI yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Jika pada kondisi tertentu ibu tidak memberikan ASI, maka pastikan ibu memberikan susu formula terbaik agar bayi sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*