Inilah Cara Mudah Mengenali Tanda Awal Kehamilan

tanda awal kehamilan https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Bagi para ibu yang sudah pernah hamil, tentu menentukan tanda awal kehamilan mungkin bukan sebuah persoalan. Akan tetapi, lain halnya bagi para ibu yang baru pertama kali mengandung tentu sangat kesulitan jika harus disuruh menebak apakah sudah positif hamil atau belum.

Bagi setiap pasangan suami istri, memiliki momongan merupakan anugerah dari tuhan yang sangat ditunggu. Karena dengan memiliki momongan setidaknya pernikahan yang dijalankan semakin lengkap. Karena tidak semua pasangan suami istri dapat beruntung memiliki momongan.

Kembali ke inti informasi yakni mengenali gejala kehamilan. Sebenarnya pada awal kehamilan ditandai dengan berbagai macam perubahan.

Salah satu perubahan yang terjadi ketika seorang wanita sedang hamil adalah perubahan dibeberapa anggota tubuh, misalnya bokong, paha, dada serta lengan yang berubah menjadi besar.

Sering buang air kecil

Jika sebelum hamil, seorang ibu hanya buang air kecil hanya 3 kali atau lebih dalam sehari. Namun, para ibu hamil ini akan lebih sering buang air kecil.

Kenapa bisa demikian?salah satu penyebab kenapa para ibu hamil ini lebih sering buang air kecil adalah karena janin yang ada didalam rahim menekan pada bagian kandung kemih. Hal ini mengakibatkan intensitas buang air kecil bertambah.

Mudah sekali lelah

Selain lebih sering buang air kecil, gejala awal kehamilan juga ditandai dengan cepat lelah dan lesu. Oleh karena itu, para ibu hamil lebih senang bermalas malasan.

Rasa lelah yang muncul pada ibu hamil ini disebabkan karena meningkatnya hormon progesrteron yang terdapat dalam tubuh. Disamping dipengaruhi hormon progesteron, rasa lelah pada ibu hamil juga dipengaruhi karena terjadinya penurunan tekanan darah serta kadar gula darah di dalam tubuh.

Dikarenakan mudah cepat lalah, alangkah baiknya jika awal kehamilan para calon ibu ini tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat.

Morning sickness

Morning sickness merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang paling banyak dirasakan oleh ibu hamil. Sesuai dengan namanya, morning sickness merupakan rasa mual yang sering dirasakan ibu hamil khususnya pada waktu pagi hari.

Rasa mual dan ingin muntah ini terjadi karena meningkatnya hormon HCG yang terdapat didalam tubuh. Hormon ini menjadikan rasa pedih dalam perut sehingga mengakibatkan rasa mual dan ingin muntah.

Selain rasa mual, ibu hamil juga lebih sensitif terhadap beberapa aroma seperti aroma rokok, minyak wangi dan aroma beberapa jenis makanan tertentu.

Dikarenakan sangat sensitif terhadap beberapa bau bauan. Tidaklah mengherankan jika banyak ibu hamil yang cenderung menghindari beberapa macam jenis makanan. Selain itu, para ibu hamil juga sangat mudah hilang nafsu makanya.

Sering mengalami pusing

Para ibu hamil khususnya yang baru masuk minggu pertama kehamilan, biasanya juga lebih sering mengalami sakit kepala atau mendadak pusing.

Rasa pusing yang kerap muncul ini bisa diakibatkan karena terlalu lelah beraktifitas, lapar ataupun karena tekanan darah rendah. Selain itu, meningkatnya pasokan darah yang masuk kedalam tubuh ibu hamil juga mengakibatkan para ibu hamil lebih sering mengalami sakit kepala.

Sering meludah

Seorang wanita yang sedang hamil juga lebih sering meludah. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan dan pengaruh hormon esterogen yang ada didalam tubuh. Namun rasa ingin meludah pada ibu hamil biasanya hanya terjadi pada tri semester usia kehamilan.

Setidaknya itulah beberapa cara mudah mengenali tanda awal kehamilan. Akan tetapi, selain beberapa cara yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi cara mengetahui tanda tanda kehamilan. Semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*