Inilah Alasan Mengapa Ibu Perlu Tidur Siang Saat Hamil

Tidur Siang saat Hamil

Sangat beruntung jika ibu memiliki waktu untuk tidur siang selama masa kehamilan. Karena tidur siang ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kehamilan. Sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan jika ibu seorang karyawaan atau seorang wanita karir. Sepertinya tidak ada perusahaan yang memperbolehkan karyawan mereka untuk tidur sejenak di siang hari.

Padahal, sudah ada survey yang menunjukkan ternyata tidur siang bisa meningkatkan produktivitas pekerja. Terlepas dari itu semua, ibu harus tahu kenapa tidur siang itu baik selama masa kehamilan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Tidur Siang Mengatasi Mood Swing

Yang paling membuat seorang wanita hamil tidak nyaman adalah ketika mood swing atau perasaan yang berubah-ubah. Hal ini sangat wajar terlebih bagi ibu yang masa kehamilannya sudah mencapai usia trimester kedua.

Akan tetapi, ibu harus memahamil bawasannya mood swing ini sering membuat efek yang kurang baik, Orang-orang yang ada di sekitar ibu akan merasa bawasannya ibu merupakan sosok yang berbeda. Ibu murah marah, mudah emosi, dan tersinggung.

Mungkin mereka akan menyadari hal tersebut jika tahu bawasannya kehamilan membuat ibu mengalami mood swing. Sayangnya, tidak semua orang memahamil hal tersebut.

Untuk itu, ibu perlu mengatasi masalah mood swing ini dengan cara tidur di siang hari. Dengan tidur siang, psikologi ibu akan lebih baik sehingga perasaan ibu tidak mudah berubah-ubah.

Sebenarnya tidak hanya tidur siang saja yang bisa berdampak baik agar mood swing ini tidak terjadi. Ibu bisa baca lebih lengkap tentang tips mengatasi keluhan kesehatan kehamilan dengan mengunjungi website www.ibudanbalita.com.

Memulihkan Stamina

Ada yang bilang saat hamil trimester kedua, tubuh mudah merasa lemas. Hal ini disebabkan badan semakin terasa berat.

Sebenarnya, bukan hanya itu saja faktor penyebabnya. Mudah lemas bisa disebabkan stamina ibu yang berkurang.

Memang ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua dan bahkan trimester ketiga, ibu membutuhkan lebih banyak stamina. Jika ibu tidak penuhi, maka ibu akan merasa

lemas. Bahkan, bisa juga hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan.

Selain mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung energi, tubuh ibu harus istirahat. Agar kegiatan sehari-hari tidak terganggu karena kehamilan, ibu bisa istirahat siang. Ibu tidur sekitar 30 menit setiap siang dan itu akan mengembalikan stamina ibu.

Tidak Mengalami Insomnia

Salah besar jika ibu menganggap ketika ibu tidak tidur siang, tubuh akan merasa kelelahan dan ibu akan mudah tidur di malam hari.

Ternyata, insomnia itu secara tidak langsung juga disebabkan oleh kelelahan. Kelelahan yang berlebihan membuat psikis tidak stabil sehingga di malam hari ibu susah tidur.

Lain hal jika psikis ibu tenang. Ibu tidak banyak pikiran di malam hari dan ibu bisa dengan mudah dan pulas tidurnya.

Dan untuk mendapatkan pikiran yang tenang tersebut, ibu bisa tidur 30 menit di siang hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidur siang akan membuat pikiran refresh dan stamina kembali lagi, bukan? Jadi, di malam hari, ibu tidak akan lagi mengalami insomnia.

Dalam hal ini, ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Bawasannya insomnia berpengaruh kurang baik untuk kesehatan ibu hamil serta kesehatan janin di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah tidur di siang hari. Tentu ibu harus tahu lagi tips lainnya tentang mengatasi insomnia bagi seorang ibu hamil. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa kunjungi website ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*