Inilah 4 Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar

cara memandikan bayi yang benar https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Banyak aktivitas yang dilakukan oleh si Kecil setiap hari dengan riang gembiranya, seperti bermain, belajar dan tentunya saat mandi juga. Pada saat mandi, tak hanya digunakan untuk membersihkan badan si Kecil saja, melainkan juga untuk menjalin hubungan yang erat antara sang Bunda dengan si Kecil.

Dengan riang gembiranya pada saat mandi dengan Bunda, tentu akan menambah rasa sayang Bunda terhadapnya kan? Namun, apakah Bunda sadar bahwa cara memandikan si Kecil sudah benar atau tidak? Kebanyakan Bunda baru memang masih mengalami kesalahan, misal ketidaktahuan mengenai kapan waktu mandi, apa saja yang harus dipersiapkan, dan lain sebagainya.

Namun, dengan memahami bahasan mengenai 4 tips cara memandikan bayi yang benar berikut ini, Bunda dapat mengoreksi jika Bunda dulu pernah melakukan kesalahan saat memandikan si Kecil.

  1. Kapan Waktu Terbaik untuk Mandi?

Waktu terbaik akan membuat bayi merasa mood dan nyaman untuk mandi, tentu jika kesalahan waktu akan menjadikan si Kecil malas dan tidak mau menikmati masa-masa mandinya. Lalu kapan waktunya? Jadi, sebaiknya bayi dimandikan dua kali saja dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Pada pagi hari, usahakan mandikan bayi setelah bangun tidur yaitu sebelum jam 6 pagi. Jangan terlalu siang hingga melebihi jam 7 pagi, karena biasanya waktu tersebut bayi sudah tidak mood lagi untuk mandi, bayi akan lebih suka untuk dibawa keluar pada jam tersebut. Jadi, setelah bayi selesai dimandikan, Bunda dapat langsung untuk membawanya keluar melihat alam sekitar.

Pada sore hari, sebaiknya pada jam 3 hingga 4 sore. Setelah beraktivitas atau tidur pada siang hari, tentu cara terbaik untuk menghilangkan kelelahannya adalah dengan memandikannya Bun.

  1. Bagaimana Kondisi Air dan Tempatnya?

Untuk kondisi air yang dipakai untuk mandi, usahakan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika terlalu panas, bayi akan merasa kepanasan dan akan berteriak. Sebaliknya, bayi akan kedinginan dan hilang mood bila air yang dipakainya terlalu dingin.

Jadi, sebelum mandi pastikan dulu airnya sudah pas atau belum. Caranya adalah dengan memasukkan telapak tangan ke air tadi kemudian rasakan ya Bun. Jika dirasa sudah cukup, pastikan lagi dengan cara memasukkan bayi kedalamnya, kemudian lihat ekspresinya. Yang paling tahu apakah bayi sudah nyaman atau tidak adalah sang Bunda itu sendiri.

Untuk tempatnya, pastikan buat si Kecil untuk nyaman dulu berada di tempat tersebut. Bisa dengan mengajaknya bercanda dan bermain terlebih dahulu hingga benar-benar nyaman, kemudian baru mandi. Jangan hilangkan mood si Kecil hanya karena tempat yang tidak nyaman ya Bun.

  1. Apa saja yang dipersiapkan?

Yang harus Bunda persiapkan sebelum mandi adalah air hangat yang suhunya sudah pas, yaitu tidak terlalu panas dan dingin, bak mandi, sabun bayi, shampoo bayi, dan handuk.

Pastikan handuk sudah berada dekat dengan tempat mandi, agar setelah selesai mandi si Kecil tidak akan merasa kedinginan. Juga, pastikan ketika mandi menggunakan sabun bayi dan shampoo bayi yang sesuai.

Pemilihan kosmetik untuk mandi bayi sangat penting, jangan sampai Bunda membuat kulit si Kecil mengalami masalah akibat kandungan yang tidak tepat di dalamnya. Pilihan produk bayi yang tepat dapat membantu si Kecil melewati kesehariannya dengan nyaman, riang dan tawa.

Jadi itulah 3 tips cara yang harus Bunda ketahui ketika mau memandikan si Kecil. Pastikan buat momen mandi si Kecil sangat berkesan buatnya ya Bun..

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*