Ini yang Ibu Harus Segera Lakukan Jika Bayi Mengalami Sembelit

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Pertama kali ibu memberikan MPASI, si kecil bisa mengalami sembelit. Itu hal yang wajar ya bu. Hanya saja, ibu tidak boleh membiarkan hal tersebut berlarut-larut.

Sembelit yang disebabkan oleh MPASI itu dikarenakan sistem pencernaan yang belum bisa beradaptasi untuk mencerna makanan dengan tekstur yang tidak cair seperti ASI.

Jadi, jangan lantas ibu menghentikan MPASI ya. Biarkan saja. Ibu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Memijat

Mungkin ibu khawatir jika harus memijat si kecil sendiri. Apalagi ibu tidak memiliki pengalaman memijit anak kecil seperti seorang bidan, perawat, atau therapist yang memang sudah di training untuk melakukan pijatan pada bayi atau balita.

Namun, pijatan ini tidak berbahaya. Yang ibu harus lakukan hanya memijat bagian perut. Urut bagian perut si kecil perlahan-lahan menuju ke arah bawah. Jika diperlukan, ibu bisa mengoleskan minyak telon terlebih dahulu agar ibu bisa mengurut dengan lebih mudah.

Memijat dan mengurut seperti akan membantu si kecil lebih mudah mengeluarkan sisa makanan yang susah untuk dikeluarkan akibat sembelit.

  • Memberi Lebih Banyak ASI

Sembelit itu disebabkan karena kurang cairan. Sementara itu, si kecil lebih baik mendapatkan cairan berupa ASI dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain untuk mengatasi sembelit, ASI juga akan membantu memperbaiki sistem pencernaan lho. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem pencernaan belum bisa beradaptasi dengan menu MPASI yang baru pertama kali ibu berikan kepada si kecil.

  • Pilih Menu MPASI yang Tepat

Untuk awal pemberian MPASI, ibu harus tahu menu seperti apa yang sebaiknya ibu berikan. Ibu bisa dapatkan menu MPASI yang tepat di ibudanbalita agar resiko si kecil mengalami sembelit bisa dikurang atau bahkan bisa dicegah.

Para ahli kesehatan bayi menyarankan agar menu MPASI pertama itu terbuat dari satu bahan saja. Seperti contoh, ibu bisa membuatkan menu MPASI yang terbuat dari satu macam buah-buahan saja.

Sangat disarankan agar ibu memberikan buah yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan sembeli seperti pepaya dan pisang. Dua jenis buah seperti itu mudah dihaluskan dan pencernaan si kecil mudah untuk mencerna menu MPASI tersebut.

Bagaimana jika sembelit berlarut-larut hingga lebih dari 3 hari?

Tindakan lebih serius seharusnya ibu lakukan. Sebagai langkah awal, ibu bisa hentikan dulu pemberian MPASI. Ibu bisa kembali memberikan ASI lebih banyak untuk beberapa waktu.

Apakah sembelit sudah tidak terjadi lagi? Jika masih, maka ibu perlu membawa si kecil ke dokter.

Atau ibu bisa konsultasi online terlebih dahulu dengan pakar di situs ibu dan balita. Mungkin setelah ibu mendapatkan masukan melalui konsultasi online tersebut, si kecil bisa terbebas dari masalah sembelit. Jadi, ibu tidak perlu repot-repot datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter.

Memberikan obat sembelit itu cara yang paling akhir. Sebaiknya ibu coba dulu cara lainnya selain memberikan obat sembeli.

Meskipun ada obat sembelit untuk anak, tetap saja ada bahan kimia yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan balita.

Para ahli kesehatan sepakat bawasannya bayi atau balita sebaiknya tidak terlalu banyak mendapatkan obat-obatan kimia. Jika terjadi keluhan kesehatan, sebaiknya ditangani dengan menggunakan cara alaimi saja.

Ibu bisa temukan segala jenis penangangan masalah kesehatan pada bayi dan balita di situs ibudanbalita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*