Ini Alasan Mengapa Inisiasi Menyusui Dini Sangatlah Penting

Pemberian Asi Sejak Dini

 

Kenapa ibu harus tahu apa itu inisiasi menyusui dini atau yang sering disebut dengan IMD? Karena inilah yang sangat menentukan bagaimana kesehatan bayi selanjutnya.

Pernah dengar seorang ibu paska melahirkan tidak bisa memberikan ASI? Dan bahkan ASI nya cenderung tidak keluar atau keluarpun dalam jumlah yang sangat sedikit. Ibu tahu kenapa?

Salah satunya disebabkan mereka tidak melakukan IMD atau inisiasi menyusui dini. Jadi, ibu tahu kan apa salah satu manfaat dari memberikan IMD?

Dan jika ibu tahu apa saja manfaat IMD, ibu pasti akan memastikan ketika bayi ibu lahir nanti, ibu akan langsung melakukan hal tersebut.

5 Alasan Kenapa IMD Harus Dilakukan

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari melakukan IMD ini seperti yang sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan di www.ibudanbalita.com. Hanya saja, setidaknya keinginan ibu untuk melakukan hal tersebut akan semakin kuat setelah ibu tahu 5 manfaat dari IMD ini.

1. Berkenalan

Kapan bayi berkenalan dengan sang ibu? Tidak lain adalah ketika ibu memberikan inisiasi menyusui dini. Ini merupakan cara yang paling tepat untuk berkenalan serta membangun kedekatan antara ibu dan sang buah hati.

Bayi cederung mengingat apa yang ia rasakan pada saat pertama kali ia lahir ke dunia. Itulah mengapa momen seperti itu tidak boleh ibu lewatkan begitu saja.

2. Bayi Lebih Sehat

Ibu tahu apa itu kolostrum? Kolostrum merupakan ASI yang pertama kali keluar dari payudara ibu. Para ahli kesehatan mengatakan kolostrum merupakan ASI yang paling baik. Jika bayi ibu mendapatkan kolostrum, daya tahan tubuhnya akan sangat kuat sehingga ia tidak mudah sakit mulai bayi hingga dewasa nanti.

3. Menstabilkan Detak Jantung Bayi

Kenapa bayi menangis ketika baru saja dilahirkan? Salah satunya disebabkan oleh kondisi yang berbeda antara di dalam rahim dengan di dunia. Dan hal tersebut membuatnya kaget dan akhirnya menangis. Keadaan yang berbeda itu juga yang membuat bayi khawatir dan detak jantung semakin kencang.

Dan cara untuk menenangkan tidak lain adalah dengan melakukan inisiasi menyusui dini. Bayi akan tenang karena IMD akan menstabilkan detak jantung bayi. Ia akan tenang, berhenti menangis, mulai menghisap ASI, dan tertidur.

4. Memperlancar ASI

Sebenarnya Tuhan sudah membuat sistem secara otomotis di mana seorang ibu yang baru saja melahirkan bisa memberikan ASI. Hanya saja, terkadang tidak ada stimulus yang harus dilakukan sehingga ASI bisa keluar.

Dan stimulus itu tidak lain adalah dengan melakukan inisiasi menyusui dini. ASI sudah ada di dalam tubuh namun dibutuhkan cara untuk mengeluarkan ASI tersebut. Dan sedotan yang dilakukan oleh bayi itulah yang akan membuat ASI keluar.

Sebaliknya, jika ASI tidak dikeluarkan, maka produksi ASI akan berkurang dan akhirnya seorang ibu akan kesulitan memberikan ASI.

5. Latihan Menghisap

Tidak hanya ibu saja yang harus berusaha untuk memberikan ASI. Bayi juga harus berusaha menghisap ASI. Tanpa itu, maka mustahil ASI akan keluar.

Jadi, jelas sudah betapa inisiasi menyusui dini itu sangat penting, tidak hanya untuk bayi tapi juga ibu sendiri. Sayang sekali jika seorang ibu tidak mempraktekkannya.

Langkah-langkah melakukan IMD sudah dijelaskan di situs ibu dan balita. Ibu bisa pelajari dan mempraktekkan ketika bayi ibu lahir nanti. Ibu akan sangat bahagia dan bangga ketika ibu berhasil memberikan ASI mulai ketika bayi lahir di dunia.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*