Ini Alasan Ilmiah Kenapa Senam Hamil Bisa Memperlancar Proses Persalinan

senam hamil Facebook Ibu dan Balita

Senam hamil dianggap cara yang paling efektif agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Tentu saja banyak faktor lain yang mempengaruhi lancar atau tidaknya proses persalinan seperti kondisi kesehatan ibu dan janin. Akan tetapi, senam hamil berpengaruh sekali terhadap lancarnya proses persalinan.

Hal ini bukanlah mitos, melainkan fakta yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Senam kehamilan mencakup gerakan-gerakan seperti aerobik namun tidak membahayakan janin dalam kandungan. Gerakan-gerakan tersebut akan memastikan sistem kardiovaskular ibu terjaga. Bagi ibu yang tidak hamil, olahraga seperti lari atau bersepeda bisa dilakukan untuk menjaga sistem kardiovaskular. Akan tetapi, berbeda dengan ibu hamil. Mereka memerlukan olahraga yang tidak membahayakan janin tapi sekaligus menjaga sistem kardiovaskular.

Selain itu, gerakan dalam senam kehamilan juga didesain untuk melatih kelenturan atau flexibilitas. Sebenarnya, tubuh ibu sudah memiliki flexibilitas. Hanya saja, flexibilitas tersebut harus ditingkatan karena ibu akan menghadapi proses persalinan.

Dan manfaat terakhir dari gerakan dalam senam kehamilan adalah meningkatkan kekuatan. Ibu pasti tahu melahirkan itu membutuhkan tenaga yang luar biasa. Beberapa ibu akhirnya direkomendasikan untuk menjalani operasi caesar ketika menurut dokter ibu tersebut tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mendorong dan melahirkan bayi secara normal. Jika ibu memang benar-benar ingin melahirkan sang buah hati dengan lancar dan dengan cara normal, maka ibu sebaiknya melakukan senam hamil.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*