Ingin Memastikan Perkembangan Janin Sehat? Lakukan Tiga Hal Berikut

perkembangan janin www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin harus diperhatikan dari hari ke hari. Minum susu ibu hamil, mengkonsumsi makanan sehat, serta melakukan olahraga ringan atau senam hamil bisa ibu lakukan untuk memastikan janin dalam kandungan berkembang sehat.

Lalu, bagaimana ibu bisa tahu janin dalam kandungan sehat? Tentu saja memeriksakan ke bidan atau dokter kandungan. Namun, hal tersebut tentu saja tidak bisa ibu lakukan setiap hari. Konsultasi dengan bidan atau dokter bisa ibu lakukan secara rutin satu bulan sekali atau ketika ada keluhan kesehatan yang sepertinya membutuhkan bantuan bidan atau dokter kandungan.

Untuk pengecekan harian, ibu bisa melakukan hal berikut. Cara berikut ini bisa membuat ibu tidak was-was mengenai perkembangan janin.

Meraba Bagian Perut

Salah satu ciri dari perkembangan janin dalam kandungan baik adalah kemampuan janin meraba. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh janin yang masuk pada minggu ke 8. Pada masa ini, janin sudah bisa bergerak, meletakkan tangan dan kakinya hingga tampak di perut ibu. Jadi, itu tanda bahwa janin sehat. Pada usia 8 minggu, organ tubuhnya berupa tangan dan kaki sudah bisa digerakkan.

Lalu, apa yang bisa ibu lakukan agar janin melakukan hal tersebut? Ibu bisa meraba bagian perut ibu dengan lembut dan penuh kasih sayang. Janin akan merespon dengan meraba dengan tangan. Terkadang juga menendang dengan kaki.

Meraba janin seperti ini juga termasuk cara berkomunikasi dengan janin. Ibu bisa melakukannya di waktu senggang untuk menghibur dan menenangkan janin di dalam kandungan.

Berkomunikasi Verbal

Selain bisa meraba, janin usia 8 minggu juga sudah bisa mendengar. Pada awalnya, janin yang mendengar suara aliran darah melalui plasenta. Ia juga mendengar suara denyut jantung serta udara dalam usus.

Janin baru mulai bisa mendengarkan suara dari luar ketika masuk usia ke 25 minggu. Ia akan mulai mengenal suara orang tuanya. Ibu bisa mencoba berkomunikasi dengan si kecil. Jika janin merespon dengan tendangan, maka itu menujukkan janin sudah bisa mendengar. Dan itu artinya perkembangan janin sehat.

Membunyikan Musik

Seperti yang ibu sudah ketahui, memperdengarkan musik klasik itu baik untuk kecerdasan otak janin. Namun, ternyata bukan hanya musik klasik saja yang diperbolehkan. Ibu juga bisa memperdengarkan musik dengan nada tinggi. Musik seperti ini akan membuat janin ceria di dalam kandungan. Terkadang, jika janin mendengar suara yang kencang, ia akan terkentak seperti terkejut dan melompat. Itu artinya janin ibu sehat.

Hanya saja, ibu harus pintar memilih lagu sesuai dengan waktu. Jika janin sepertinya tidak sedang tidur, ibu bisa membunyikan lagu dengan nada keras. Namun, jika janin sedang tidur seperti di malam hari, maka ibu bisa memperdengarkan musik klasik agar tidurnya lebih tenang dan rileks.

Jadi, sekarang ibu sudah tahu kan apa yang ibu harus lakukan untuk memastikan kesehatan perkembangan janin dalam kandungan? Tidak perlu konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan. Hanya saja, cara tersebut di atas bisa dipraktekkan untuk mengetahui perkembangan setiap hari. Tetap saja jika ibu ingin memastikan perkembangan bayi secara lebih jelas, ibu harus tetap datang dan berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Yang jelas, ibu bisa mengontrol serta mengecek sendiri perkembangan janin setiap hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*