Info untuk Ibu Hamil yang Ingin Menjaga Kesehatan Janin Saat Musim Hujan

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info untuk ibu hamil berikut ini sangat diperlukan. Pasalnya, musim hujan sudah tiba dan ibu hamil harus berhati-hati dengan serangan penyakit. Tentunya ibu tidak ingin jatuh sakit, bukan? Karena jika ibu sakit, kesehatan janin yang ibu kandung juga akan terganggu. Ibu akan kehilangan nafsu makanan dan akhirnya nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk pertumbuhannya tidak tercukupi.

Tidak ada cara lain selain sedini mungkin mencegah munculnya berbagai jenis penyakit yang sering menjangkit pada musim hujan. Ibu hamil harus mencatat hal-hal berikut sebagai upaya untuk mencegah munculnya penyakit pada musim hujan.

Minum Susu Ibu Hamil

Selain kandungan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin, susu ibu hamil juga diperkaya dengan kandungan yang akan memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh. Sistem ini yang menjadi kunci seberapa kuat tubuh ibu menghadapi serangan bakteri serta virus yang sering muncul pada waktu musim hujan.

Sayangnya, info ibu hamil yang satu ini sering tidak dipahami. Banyak yang hanya mengerti bahwa susu kehamilan itu mengandung nutrisi yang akan memperlancar proses perkembangan janin dan mencerdaskan otak. Ternyata tidak itu saja. Susu kehamilan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil itu sendiri.

Mengkonsumsi Jahe Hangat

Minuman yang sangat segar yang biasa dikonsumsi saat musim hujan tiba adalah jahe hangat atau orang jawa sering menyebutnya jahe anget. Mengkonsumsi minuman ini akan menghangatkan tubuh di suasana dingin musim hujan. Minuman ini cocok sekali dikonsumsi saat malam tiba.

Apakah minuman ini diperbolehkan dikonsumsi ibu hamil? Dalam hal ini, terdapat pro dan kontra. Ada yang menganggap jahe hangat itu minuman yang kurang baik bagi kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan efek panas yang terjadi pada lambung di mana dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin.

Alasan tersebut memang sangat masuk akal. Akan tetapi, menurut info untuk ibu hamil terbaru, ditemukan fakta bahwa jahe tidak terlalu berbahaya seperti yang selama ini diketahui masyarakat asalkan mengkonsumsinya tidak berlebihan. Jadi, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi jahe hangat ini dalam jumlah yang wajar.

Jahe hangat bukanlah hanya sekedar minuman penghangat badan, tapi jahe juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, tidak salah jika ibu memilih minuman ini sebagai teman di saat malam hari ketika hujan turun.

Membuat Sup Bayam

Makanan yang hangat selalu menjadi pilihan yang tepat ketika musim hujan tiba. Selain minuman berupa jahe hangat, ibu juga bisa membuat sup bayam hangat. Nikmati sup ini tanpa ditambah nasi. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan utama bayam, sedikit garam, dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan dan juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Bayam misalnya merupakan sayuran yang mengandung kalsium yang tinggi. Sementara itu, bawang putih dipercaya sebagai bumbu dapur yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan serta minuman yang bisa ibu konsumsi pada musim hujan. Makanan serta minuman tersebut mudah dibuat dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil ketika musim hujan tiba.

Akan tetapi, jika terjadi keluhan kesehatan sedikit saja, ibu harus waspada. Ibu bisa ikut dalam forum diskusi ibu hamil online di mana ibu bisa bertanya tentang apapun seputar keluhan kesehatan kehamilan di sana. Ibu juga akan semakin luas wawasannya tentang info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*