Info untuk Ibu Hamil agar Tidak Mengalami Infeksi Saat Kehamilan

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info untuk ibu hamil yang satu ini harus diketahui. Jika ibu juga memiliki saudara atau teman yang kebetulan juga sedang mengandung, sebaiknya ibu share informasi ini, yaitu tentang infeksi yang sering dialami oleh ibu hamil.

Ada banyak sekali jenis infeksi yang menyerang ibu hamil. Hanya saja, 3 jenis infeksi berikut ini paling sering dirasakan oleh ibu hamil. Mungkin ibu juga mengalami masalah ini. Lalu, bagaimana pencegahannya? Tentu saja bukan pengobatan yang harus ibu cari, namun pencegahan.

Infeksi Saluran Kemih

Apakah ibu sering merasa nyeri pada bagian perut? Jangan anggap sepele tanda-tanda tersebut. Rasa nyeri tersebut mungkin saja sakit perut biasa. Akan tetapi, bisa jadi, rasa nyeri pada bagian tersebut merupakan gejala adanya infeksi pada saluran kemih. Untuk itu, ada baiknya ibu segera konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan untuk memastikan apakah rasa nyeri tersebut sakit perut biasa atau infeksi saluran kemih.

Jika ternyata rasa nyeri tersebut karena infeksi pada saluran kemih, maka ibu harus mendapatkan penanganan khusus. Infeksi ini terjadi karena bakteri yang berkembang pada lebih banyak. Hal ini awalnya dikarenakan aliran urin dari ginjal menuju ke kandung kemih yang melambat. Produksi hormone yang semakin banyak membuat produksi urin juga semakin banyak sehingga ginjal kualahan untuk menyalurkan urin ke kandung kemih. Akibatnya, ada waktu yang lebih panjang bagi bakteri jahat untuk berkembangbiak.

Untuk mencegah infeksi pada kandung kemih ini, ibu tidak boleh menahan kecing. Selain itu, ibu harus memastikan kebersihan area intim untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri. Dan yang pasti, ibu harus mengkonsumsi makanan dan susu ibu hamil yang mengandung asam Hipurat yang memiliki tugas membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Toksoplasmosis

Salah satu penyebab janin terkena hidosefalus adalah toksoplasmosis. Ini merupakan infeksi yang gejalanya antara lain nyeri pada otot dan pembekakan pada kelenjar getah bening pada leher ibu. Jika merasakan tanda-tanda tersebut, segeralah ibu konsultasi kehamilan dengan dokter spesialis kandungan.

Karena bahayanya terkena toksoplasmosis di mana kemungkinan bayi dalam kandungan mengalami masalah berupa hidrosefalus, ibu harus melakukan pencegahan. Mudah saja. Ibu harus memastikan sayuran dan buah yang ibu konsumsi benar-benar bersih. Masaklah makanan hingga benar-benar matang. Dan jangan lupa mengkonsumsi susu ibu hamil setidaknya 2 kali sehari.

Cacar Air

Cacar air tidak hanya ibu saja yang merasakan, tapi juga janin. Bahkan, ibu hamil yang mengalami infeksi cacar air, resiko anak mengalami cacat pada bagian mata, usus dan kandung kemih sangat tinggi.

Info ibu hamil yang satu ini harus diketahui semua wanita yang sedang mengandung agar cacar air ini tidak anggap sepele. Lakukan pencegahan dengan cara minum susu ibu hamil agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Karena pada dasarnya cacar air itu muncul karena sistem kekebalan tubuh yang kurang bagus. Selain itu, makanlah makanan yang bergizi. Jauhi makanan fast food atau junk food yang kandungan gizinya sangat rendah.

Itulah beberapa informasi seputar kesehatan ibu hamil tentang infeksi yang sering di alami oleh wantai hamil. Ada beberapa keluhan kesehatan yang dianggap sepele. Padahal, cacar air yang sering dianggap sepele justru bisa membuat anak lahir dalam keadaan cacat. Untuk itu, ibu harus menjadi agen penyebar kebaikan untuk ibu hamil di luar sana dengan cara menyebarkan hal-hal penting seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*