Info Kehamilan seputar Perkembangan Janin Abnormal

info kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

 

Info kehamilan berikut ini layak untuk diketahui bagi siapa saja yang sedang mengandung. Khusus bagi ibu hamil yang masa kehamilannya sudah menginjak trimester kedua dan ketiga, ibu wajah tahu tentang info ibu hamil yang satu ini.

Info berikut ini tentang perkembangan janin abnormal atau tidak normal. Salah satu tanda bahwa perkembangan janin dalam kandungan mengalami masalah adalah tingginya berat badan bayi. Jika hal tersebut terjadi, perlu dilakukan langkah antisipasi.

Bahaya Bayi dalam Kandungan dengan Berat Badan di atas Normal

Apakah berat badan bayi sejak masih ada di dalam kandungan bisa dihitung? Tentu saja bisa, yaitu dengan melakukan pemeriksaan USG. Hanya saja, hasilnya tidak 100% valid. Dengan melihat faktor lain seperti usia kehamilan serta bentuk fisik janin di dalam kandungan, dokter akan memastikan berat badan bayi bisa diperdiksi dengan tingkat kevalidan di atas 90%.

Untuk itu, dokter juga bisa menentukan kapan berat badan bayi dalam rahim di atas normal dan bisa berakibat buruk terhadap perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil. Info kehamilan kali ini lebih menekankan tentang tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Akan tetapi, terlebih dahulu, ibu harus tahu resiko bayi dengan berat badan di atas normal. Salah satunya adalah resiko terjadi kesulitan dalam proses persalinan. Ini pasti sudah ada dibayangan ibu, bukan?

Tahukah ibu berat badan bayi di atas normal sejak masih di dalam kandungan ternyata bisa menyebabkan keguguran? Para ahli medis menjelaskan bahwa berat badan bayi dalam kandungan yang berlebihan bisa menyebabkan bayi susah bernafas. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka bukan tidak mungkin bayi akan mengalami keguguran.

Kalaupun si kecil selamat hingga proses persalinan nanti, menurit info kehamilan, si kecil akan mudah sekali terserang masalah diabetes. Oleh karena itu, ibu sebaiknya terus melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan agar mendapatkan update terbaru seputar kesehatan janin dalam kandungan terutama berat badannya.

Mengatasi Masalah Berat Badan Bayi di atas Normal

Ada satu istilah dalam dunia medis yang bisa menggambarkan janin yang mengalami masalah kelebihan berat badan, yaitu macrosomia. Macrosomia ini kondisi di mana janin di dalam kandungan mendapatkan terlalu banyak nutrisi. Akibatnya, berat badannya melebihi batas normal.

Jika melihat dari penyebab kelebihan berat badan bayi dalam kandungan tersebut di atas, maka yang perlu dilakukan adalah memperhatikan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Ibu bisa mencari info kehamilan seputar makanan apa saja yang tidak menyebabkan macrosomia.

Hanya saja, macrosomia juga bisa disebabkan karena keterlambatan proses persalinan. Sudah bukan hal yang aneh lagi jika bayi lahir melewati HPL atau hari perkiraan lahirnya. Maka, yang terjadi adalah bayi mengalami kelebihan berat badan sehingga kemungkinan proses persalinan akan sangat sulit lagi.

Untuk kasus keterlambatan persalinan sehingga mengakibatkan bayi mengalami macrosomia, sebaiknya tindakan yang diambil adalah melakukan proses persalinan secara caesar. Pasalnya, jika berat badan bayi di atas normal, dikhawatirkan persalinan normal bisa membahayakan nyawa ibu.

Untuk itu, penting sekali untuk melakukan konsultasi kehamilan sehingga dokter bisa memberikan masukan dan juga treatment khusus jika terdapat risiko bayi mengalami kelebihan berat badan. Namun, yang diharapkan tentu saja bayi sehat dengan berat badan normal. Untuk itu, hindari macrosomia dengan pemilihan menu makanan yang sehat sesuai dengan info kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*