Info Ibu Hamil Tentang Mual dan Cara Mudah Mengatasinya

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil berikut ini akan sangat membantu ibu mengurangi rasa mual, terutama di pagi hari. Biasanya, mual-mual ini dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilannya masih dalam hitungan minggu. Akan tetapi, bukan tidak mungkin kehamilan ibu yang sudah masuk pada trisemester kedua atau ketiga juga masih akan merasakah hal yang sama, yaitu mual dan bahkan muntah setiap kali mengkonsumsi makanan.

Sebenarnya, mual saat kehamilan itu hal yang wajar. Bahkan, jika ibu tidak mengalami mual, dikhawatirkan hormon progesteron (hormon yang secara tidak langsung mengakibatkan mual) tidak diproduksi dalam jumlah banyak. Akhirnya, perkembangan janin mungkin terganggu.

Akan tetapi, bukan berarti ibu hanya bisa diam saja membiarkan mual seperti itu muncul setiap hari karena pasti mengganggu dan mempengaruhi kesehatan ibu. Oleh karena itu, ada beberapa hal mudah yang bisa ibu lakukan, bukan untuk menghentikan mual yang merupakan bagian dari morning sickness tapi meredakan sehingga rasa mual tidak mengganggu aktivitas apalagi kesehatan ibu secara keseluruhan.

Kurangi Porsi Makan

Salah satu info untuk ibu hamil yang dibagikan oleh dr. Fiasti Witjaksono adalah bahwa untuk mengurangi rasa mual khususnya ketika hamil muda dengan mengurangi porsi makan. Nanun, bukan berarti ibu mengurangi nutrisi untuk tubuh dan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan. Mengurangi porsi harus dibarengi dengan frekuensi makan yang lebih banyak. Jika ibu biasanya makan 3 kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam, maka mulai sekarang porsi makanan dikurangi tapi ibu makan 4-5 kali sehari.

Ibu tidak perlu khawatir jika harus mengkonsumsi cemilan. Ibu hanya perlu menemukan info ibu hamil seputar cemilan yang sehat untuk ibu hamil. Cemilan ini juga menjadi solusi bagi ibu yang harus bekerja di kantor sementara tidak punya waktu untuk keluar membeli makanan. Jadi, alangkah lebih baik jika ibu menghemat tenaga dengan hanya duduk di tempat kerja dan mengeluarkan cemilan daripada keluar pada jam kanan siang, bukan?

Mengkonsumsi Makanan Hijau

Dalam hal ini, brokoli yang paling utama. Jika ibu tidak suka brokoli, sebaiknya ibu mulai mencoba beberapa jenis makanan berbahan brokoli. Pasalnya, sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak sekali serat sehingga sangat efektif mencegah konstipasi. Sementara itu, kandungan folat, kalsium, dan karotenoid akan mengembangkan penglihatan bayi walaupun masih di dalam kandungan.

Tentu saja ibu bisa mencari info untuk ibu hamil lainnya terkait dengan makanan hijau. Ada bayam, kangkung, dan masih banyak lagi sayuran hijau. Ketahui juga kandungannya. Yang pasti, brokoli menjadi sayuran hijau yang sangat direkomendasikan.

Minum Yogurt

Minuman yang satu ini biasanya digemari oleh kaum hawa, yaitu yogurt. Apalagi yogurt ini disajikan dengan berbagai macam buah-buahan. Pasti sangat menyegarkan. Minuman ini bisa ibu jadikan pilihan di siang hari yang panas. Akan tetapi, sebaiknya ibu tidak minum yogurt ini dengan menggunakan terlalu banyak es.

Itulah hal sangat mudah yang ibu lakukan untuk meredakan mual. Sekali lagi, mual merupakan reaksi alami seorang ibu hamil. Jadi, jangan terlalu mengkhawatirkan. Hanya saja, ibu bisa meredakan dengan tiga cara tersebut agar rasa mual yang ibu rasakan tidak berlebihan sehingga tidak mengganggu kegiatan ibu sehari-hari.

Selain itu, ibu juga harus memperkaya pengetahuan tentang makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu sebaiknya tahu makanan apa saja yang kelihatannya sehat tapi justru tidak baik untuk perkembangan janin. Temukan semua hal mengenai info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*