Info Ibu Hamil tentang Manfaat Berenang

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Info Ibu Hamil banyak ragam bahasannya. Salah satunya mengenai kebiasaan positif yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Janin dalam kandungan bukan merupakan sebuah penghalang bagi para ibu hamil. Jangan membatasi diri anda untuk tidak melakukan hal – hal yang sebenarnya memberikan manfaat bagi diri dan janin anda. Salah satunya berenang.

Ya, jenis olahraga air yang menyenangkan ini bisa dilakukan oleh para ibu hamil. Banyak manfaat yang bisa di petik dari kebiasaan berolahraga renang terutama bagi para ibu yang sedang mengandung. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mengurangi Stress

Sudah barang tentu, untuk menjadi seorang ibu hamil dengan mengandung anak yang sehat harus menghindari stress sesering mungkin. Hal ini sangat penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Dengan berenang, sirkulasi peredaran darah selama mengandung menjadi lancar. Hal tersebut dapat mengurangi stress yang kadang kala menyerang.

Selain itu, pada usia kandungan 1 – 3 bulan, seorang ibu hamil dianjurkan untuk berenang rutin 30 menit setiap hari. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi mual dan muntah yang kerap terjadi kehamilan 3 bulan pertama.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Merangsang Pembentukan Otot

Kehadiran sang buah hati dalam kandungan selain menyenangkan, disisi lain menambah berat beban dari tubuh anda. Sehingga kekuatan dari otot dan tulang anda harus diasah agar tetap seimbang saat berjalan. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan berenang.

Lewat berenang seluruh otot mulai dari kaki, tangan, dan bagian tubuh lain digerakkan. Sehingga, dengan berenang, seluruh otot pada tubuh dapat dilatih. Dari yang sebelumnya lembek menjadi lebih terbentuk. Ditambah lagi, lewat berenang banyak manfaat yang diperoleh khususnya membentuk otot baru. Pembentukan otot menjadikan tubuh lebih kokoh dan mampu menopang berat badan dari kandungan anda.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti jenis olahraga lainnya, berenang pun memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga maka tidak akan membuat bakteri atau virus berkembang menjadi penyakit. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Manfaat renang yang meningkatkan kekebalan tubuh menjadi info ibu hamil yang sangat berguna. Mulai dari sekarang, ayo para ibu hamil mulai menjaga kandungan dengan melakukan renang agar tidak mudah sakit ketika hamil.

  1. Membakar Kalori

Ketika hamil, sangatlah wajar seorang wanita hamil akan merasakan keinginan untuk mengonsumsi banyak asupan makanan. Terlebih jika bayi yang dikandung menyebabkan sebuah fenomena bernama ‘ngidam’. Ngidam dapat menyerang siapapun ibu hamil dan berbagai makanan yang ingin dikonsumsi. Keinginan terhadap suatu makanan tidak dapat terhindari dan dalam waktu yang tidak terduga – duga sehingga dapat menyebabkan kelebihan kalori. Namun tenang saja moms, lewat berenang, kalori yang menumpuk dapat dibakar dengan mudah. Hal ini dikarenakan seluruh pada renang dapat menggerakkan seluruh otot dan area – area yang memungkinkan terjadinya penimbunan lemak.

  1. Membantu Tidur lebih Nyenyak

Tidak sedikit dari ibu hamil akan mengeluh ketika sedang mengandung. Hal ini disebabkan karena ketika mengandung, para moms tidak bisa secara sembarangan memilih posisi tidur yang nyaman. Oleh karenanya dapat menyebabkan terjadinya sulit tidur atau menurunnya kualitas tidur. Namun, lewat berenang segala kesulitan tidur dapat diatasi karena olahraga tersebut membuat peredaran darah menjadi lancar dan mudah terlelap saat waktu tidur datang.

Baik moms, tadi adalah segelintir manfaat renang bagi para ibu mengandung yang menjadi info ibu hamil. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*