Info Ibu Hamil Seputar Perubahan Emosional

info ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Info ibu hamil kali ini akan membahas tentang perubahan emosional yang ibu alami pada saat mengandung. Bagi calon ibu yang baru pertama kali mengandung, mungkin ibu akan kaget tiba-tiba ibu seperti orang lain. Biasanya ceria, tapi sekarang sering murung.

Jadi, selain perubahan fisik, selama kehamilan ibu juga akan mengalami perubahan psikis atau emosi. Perubahan ini mungkin akan sangat dirasakan oleh orang terdekat ibu. Jika memang benar-benar berbeda, ibu sendiri pun bisa merasakan, kok ada yang beda dengan diri ibu yang sekarang.

Sering Merasa Stress

Salah satu perubahan emosi yang sering dialami ibu hamil adalah stress. Jika ibu menjadi wantai karir, mungkin stress yang ibu alami ada hubungannya dengan pekerjaan. Beban kerja yang berat membuat ibu selalu memikirkan pekerjaan dan tidak memiliki waktu untuk rileks. Akibatnya ibu stress. Pada kondisi ini, sering sekali wanita hamil akan kehilangan selera makan, mudah marah, dan terasa capek sekali dari raut muka.

Apakah ibu pernah mengalaminya?

Mungkin ibu bukanlah seorang wanita karir. Tapi menurut info ibu hamil yang ada di berbagai sumber, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa stress. Stress saat hamil itu sebenarnya lebih dikarenakan kekhawatiran; khawatir bagaimana persalinan nanti, khawatir bagaimana merawat bayi dan membesarkannya, dan masih banyak kekhawatiran lainnya.

Kekhawatiran tersebutlah yang membuat setiap ibu hamil bisa saja mengalami stress berat, terlepas apakah wanita karir atau ibu rumah tangga. Dan hal ini normal dirasakan oleh wanita hamil.

Akan tetapi, jika stress cukup berat sehingga mengganggu kesehatan, ibu harus segera konsultasi kehamilan. Stress sering menimbulkan efek samping lainnya seperti kehilangan nafsu makan, berat badan turun drastis, mudah sakit, dan lain sebagainya. Efek samping tersebut bukan tidak mungkin bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan, bukan?

Oleh karena itu, setelah ibu mengetahui tentang info ibu hamil tentang stress ini, ibu sebaiknya melakukan antisipasi bagaimana cara agar terhindar dari stress agar kesehatan ibu terjaga dan janin dalam kandungan berkembang normal.

Mudah Emosi

Mungkin ini yang sering dirasakan oleh seorang suami. Ketika istri sedang hamil, ia akan lebih sering emosi. Apapun yang diinginkan seolah-olah harus dituruti. Jika tidak, ia akan marah.

Apakah ibu juga merasakan demikian? Mudah emosi merupakan perubahan yang sering dialami oleh ibu hamil. Ini adalah perubahan yang normal. Hanya saja, jangan sampai mudah emosi ini keterlaluan sehingga membuat orang terdekat ibu menjadi menjauhi ibu.

Sebisa mungkin ibu harus mengontrol emosi ibu. Lakukan relaksasi setiap kali sebelum tidur. Jika diperlukan, ibu bisa mengikuti kelas yoga khusus untuk ibu hamil sekali dalam satu minggu. Yoga ini akan menurunkan stress dan membuat ibu rileks sehingga tidak mudah emosi.

Treatment yang paling mudah untuk dilakukan di rumah adalah merendam kaki dengan air hangat. Jadi, setiap kali ibu pulang kerja, ibu bisa mandi dan merendam kaki dengan air hangat sambil menonton TV, membaca buku kesukaan, atau mendengarkan musik. Cara ini benar-benar akan membuat ibu rileks dan tidak mudah emosi.

Itu merupakan sekelumit info tentang ibu hamil. Tentu saja ibu harus memperkaya lagi info lengkap tentang ibu hamil. Intinya, info tentang ibu hamil itu tidak hanya mengenai kesehatan fisik saja, namun juga psikis atau emosional. Untuk itu, ibu perlu sekali mencari semakin banyak referensi seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*