Info Ibu Hamil Seputar Persiapan Menghadapi Musim Hujan

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil yang berkaitan dengan perubahan musim, dari musim kemarau menjadi musim hujan saat ini sangat dibutuhkan. Mengupdate informasi terbaru tentang bagaimana menjaga kesehatan kehamilan sangat penting, apalagi pada musim hujan di mana kuman mudah berkembang dan membuat banyak orang mudah sakit.

Namun, bukan kuman saja yang menjadi penyebab penyakit yang sering muncul pada musim hujan. Daya tubuh yang kurang bagus membuat orang mudah dikalahkan dengan penyakit.

Bagi ibu hamil, menjaga kondisi tubuh agar tidak sakit merupakan keharusan, bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Apalagi jika ibu sedang dalam masa hamil muda, menjaga perkembangan janin mutlak menjadi prioritas utama ibu.

Lalu, apa saja persiapan yang harus ibu lakukan ketika musim hujan tiba? Apa saja penyakit yang sering mengintai ibu? Berikut penjelasan singkat yang bisa dibaca agar ibu bisa melakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Hamil Saat Musim Hujan

Mual, muntah, dan pusing merupakan keluhan yang wajar. Tiga keluhan tersebut bagian dari apa yang disebut dengan morning sickness, yaitu keluhan karena perubahan kondisi tubuh saat ada janin di dalam rahim.

Namun, hal tersebut akan diperparah dengan munculnya keluhan kesehatan lain atau penyakit pada saat musim hujan tiba. Info ibu hamil yang membahas tentang berbagai keluhan tersebut harus ibu ketahui.

Salah satu penyakit yang akan mengancam ibu hamil saat musim hujan adalah flu. Namun, dalam hal ini ibu tidak perlu mempersipakan obat-obatan karena obat bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan janin.

Selain flu, keluhan kesehatan yang sering di alami ibu hamil ketika musim hujan adalah pilek. Jangan meremehkan penyakit yang satu ini karena pilek biasanya berimbas pada pusing dan tidak ada gairah untuk mengkonsumsi makanan. Ibu pasti sudah tahu apa bahayanya jika ibu tidak punya nafsu makan. Otomatis, janin tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangannya.

Dan yang paling parah adalah kram pada bagian perut. Kram bagian perut ini sering dialami ibu hamil. Namun, frekuensinya lebih sering ketika musim hujan tiba. Hal tersebut dikarenakan cuaca yang dingin.

Untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut di atas, info ibu hamil tentang cara penanganannya harus ibu ketahui. Selain itu, akan lebih baik jika ibu juga melakukan upaya pencegahan agar keluhan tersebut tidak terjadi.

Upaya yang Ibu Bisa Lakukan

Mengkonsumsi obat-obatan, apapun obatnya itu sangat dianjurkan. Bahkan dokter pun tidak menyarankan mengkonsumsi obat-obatan sebagai alternatif utama. Sementara itu, olahraga sebagai cara untuk menjaga kebugaran tidak begitu disarankan, apalagi jika ibu tinggal di daerah yang lebih sering hujan dan cuacanya sangat dingin.

Untuk itu, ibu harus mengetahui beberapa cara pencegahan.

  • Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh. Ibu bisa mengkonsumsi wedang jeruk setiap hari.

  • Mencampur Minuman dengan Madu

Madu sangat baik untuk daya tahan tubuh. Selain minum madu secara langsung, ibu juga bisa mencampurkan madu pada minuman yang ibu konsumsi setiap hari.

  • Minum Air Putih Lebih Banyak

Jelas sekali air putih sangat dibutuhkan dan jumlahnya lebih banyak agar kondisi kesehatan ibu selalu terjaga.

Itulah beberapa langkah pencegahan yang bisa ibu lakukan. Jadi dengan mengetahui langkah pencegahan seperti itu, ibu tidak perlu mencari tahu info ibu hamil mengenai obat-obatan kimiawi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*