Info Ibu Hamil Meningkatnya Jumlah Penderita Diabetes Gestasional

info kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Info ibu hamil kali ini patut untuk diketahui. Setiap wanita hamil harus tahu bawasannya ada bahaya kesehatan yang sangat mengancam. Bahkan, bahaya yang satu ini semakin meningkat, yaitu Diabetes Gestasional.

Apa itu Diabetes Gestasional

Bagi ibu yang sering membaca seputar info ibu hamil, mungkin ibu tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Diabetes Gestasional merupakan diabetes yang dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak mencukupi. Walhasil, produksi gula darah semakin meningkat dan terjadilah Diabetes Gestasional.

Sebenarnya, Diabetes Gestasional ini akan sembuh setelah proses persalinan nanti. Hanya saja, tentu setiap ibu hamil tidak ingin mengalami diabetes karena penyakit ini tidak hanya berbahaya bagi ibu tapi juga janin di dalam kandungan. Bahkan, menurut beberapa info kehamilan, ibu yang mengalami masalah Diabetes Gestasional beresiko memiliki janin dengan berat di atas normal. Akibatnya, proses persalinan sulit, ketika lahir bayi rentan terkena penyakit diabetes, dan lain sebagainya.

Tentu ibu ingin sekali memiliki bayi yang sehat, bukan? Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk mengerti semua info ibu hamil seputar Diabetes Gestasional, apa penyebabnya, dan bagaimana mengantisipasinya.

Info Kehamilan Penting yang Perlu Ibu Ketahui Seputar Diabetes Gestasional

Satu hal yang harus ibu ketahui bawasannya Diabetes Gestasional ini ternyata tidak bisa dilihat secara mudah. Artinya, ibu harus datang ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan agar diketahui apakah ada resiko ibu akan terkena Diabetes Gestasional atau tidak.

Akan lebih baik jika ibu melakukan pemeriksaan kesehatan saat usia kehamilan mencapai 24 minggu hingga 28 minggu. Karena pada usia tersebut dokter akan lebih mudah melakukan deteksi resiko Diabetes Gestasional.

Namun, ada info ibu hamil yang menjelaskan bahwa deteksi dini juga bisa dilakukan dengan melihat riwayat kesehatan keluarga. Ibu hamil yang memiliki anggota keluarga yang mengalami Diabetes Gestasional memiliki resiko yang cukup tinggi terkena penyakit yang sama. Selain itu, riwayat kesehatan seperti obesitas dan glukosa tinggi dalam urin juga sering dijadikan tanda bahwa resiko terkena Diabetes Gestasional cukup tinggi.

Namun, ibu tidak perlu khawatir jikalah dokter memvonis ibu terkena Diabetes Gestasional. Yang perlu ibu lakukan hanya menjaga pola makan saja. Ibu harus mengkonsumsi makanan tiga kali sehari dengan porsi kecil. Dan siapkan cemilan yang tidak mengandung banyak gula.

Selain itu, perhatikan pula susu kehamilan yang ibu pilih. Dari berbagai merk susu ibu hamil, ada beberapa merk yang mengandung kandungan lemak yang tinggi. Sebaiknya, ibu tidak memilih susu kehamilan dengan kadar lemak yang tinggi. Dianjurkan agar ibu mengkonsumsi susu ibu hamil yang kadar proteinnya lebih tinggi daripada kadar lemaknya.

Info ibu hamil seputar Diabetes Gestasional ini semoga menjadi pengingat bawasannya seorang ibu hamil itu harus hati-hati terhadap apa yang ia konsumsi setiap hari. Walaupun tidak semua ibu hamil beresiko terkena Diabetes Gestasional, namun kehati-hatian sangat diperlukan.

Gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang tidak tepat sering menjadi pemicu maslaah yang satu ini. Jadi, ibu sudah tahu bukan apa yang harus ibu lakukan? Konsultasi kehamilan rutin satu bulan sekali akan sangat membantu untuk mendeteksi resiko terkena masalah yang satu ini. Dan yang pasti, ibu harus lebih banyak mencari info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*