Info Ibu Hamil Mengenai Penyakit Menular Seksual

info ibu hamil www.ibudanbalita.com

Info ibu hamil yang satu ini wajib diketahui. Bagi ibu yang sedang hamil, sudah sepatutnya ibu waspada jangan sampai terkena PMS atau penyakit menular seksual. Pasalnya, tinggi sekali resiko penyakit tersebut menular ke bayi yang ibu kandung. Penularan tersebut entah ketika bayi masih ada di dalam rahim atau ketika proses persalinan. Hal ini tergantung penyakit apa yang ibu alami.

Apakah penyakit menular seksual ini bisa dicegah agar tidak menular ke janin? Beruntung sekali karena penularan beberapa PMS bisa cegah. Mengenai informasi ibu hamil lebih detail, ibu bisa baca penjelasan berikut ini.

Beberapa Penyakit Menular Seksual

Kebanyakan orang akan menyebutkan HIV sebagai penyakit menular seksual. Padahal, tidak itu saja yang berbahaya. Ada tiga penyakit menular seksual selain HIV yang harus ibu hamil antisipasi.

  1. Herpes

Ini adalah salah PMS yang disebabkan oleh virus. Karena virus yang menyebabkan penyakit ini, maka mudah sekali virus ini masuk ke dalam rahim dan akhirnya janin mengalami penyakit yang sama.

  1. Bakteri Vaginosis

Dari namanya saja, ibu bisa tangkap penyakit apa ini. Ini merupakan penyakit yang ada pada bagian intim wanita. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Sebenarnya memang ada bakteri di dalam vagina. Hanya saja, jika jumlahnya terlalu banyak, maka akan terjadi iritasi dan juga peradangan.

  1. Sifilis

Ini juga penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Gejalanya hampir sama dengan penyakit sebelumnya, yaitu rasa perih pada bagian vagina.

Lalu bagaimana cara pencegahan agar penyakit tersebut tidak menular ke bayi yang ada di dalam rahim?

Mencegah Penularan

Sebenarnya, pencegahan yang bisa dilakukan harus disesuaikan dengan penyakit apa yang dialami oleh seorang ibu hamil. Sekarang ini, sudah ada penanganan bagi ibu hamil yang ternyata mengidap HIV di mana penanganan tersebut dimaksudkan agar virus tidak masuk ke dalam rahim melalui plasenta. Dengan demikian, seorang ibu hamil yang terkena HIV tidak menularkan penyakit tersebut kepada sang buah hati.

Lain hal jika seorang ibu hamil terkena herpes. Memang tidak ada obat yang sangat efektif untuk mengatasi masalah herpes. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh virus layaknya HIV. Yang bisa dilakukan hanya memberikan obat antivirus dengan harapan virus herpes tidak menyebar dan menyerang rahim.

Informasi ibu hamil yang tak kalah penting untuk ibu ketahui adalah tentang bagaimana meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah penyakit menular seksual. Memang tidak pasti cara ini tidak akan membuat janin di dalam kandungan tertular. Hanya saja, setidaknya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, virus atau bakteri apapun dipaksa untuk tidak berkembang sehingga tidak membahayakan bayi di dalam kandungan.

Salah satu cara agar ibu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumi susu Frisian Flag Mama. Ibu bisa membeli susu ibu hamil ini langsung dari situs www.ibudanbalita.com.

Memang susu saja tidak cukup. ibu juga perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Namun, yang pasti, penanganan langsung oleh dokter kandungan sangat diperlukan. Setidaknya, dokter bisa melakukan pengamatan serta analisa sehingga jika terjadi hal yang membahayakan, dokter bisa melakukan penanganan secara secara langsung.

Tidak ada yang ingin memiliki bayi dengan penyakit bawaaan, apalagi panyakit yang menular dari sang ibu. Semua info ibu hamil harus diketahui agar ibu hamil semakin tahu bagaimana cara penanganan dari setiap masalah kesehatan yang ia hadapi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*