Info Ibu Hamil – Konsumsi Sebelum Persalinan

Info Ibu hamil www.growingyourbaby.com

Info ibu hamil yang satu ini layak untuk diperhatikan. Apalagi jika ibu ingin sekali melakukan persalinan normal. Tentu saja persiapan yang matang harus dilakukan. Fisik dan mental harus benar-benar siap.

Mempersiapkan mental bisa dilakukan dengan cara menenangkan diri dan menghindari pikiran negatif mengenai persalinan normal. Jangan pikirkan rasa sakit yang akan ibu rasakan ketika persalinan normal. Toh sekarang tenaga medis semakin pintar untuk membantu persalinan normal lebih mudah dan lancar. Pikiran positif, optimis, dan semangatlah yang diperlukan.

Bagaimana dengan persiapan fisik? Salah satu yang mempengaruhi seberapa siap fisik ibu dalam melakukan persalinan normal adalah makanan dan minuman. Lalu, makanan dan minuman apa yang sebaiknya ibu konsumsi ketika proses persalinan hampir tiba? Berikut ini info kehamilan yang patut ibu pertimbangkan untuk dilakukan.

Makanan Dan Minuman Sebelum Persalinan

Sebenarnya makanan atau minuman apa saja boleh dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan makanan dan minuman tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Hanya saja, karena momen ini untuk menghadapi persalinan normal, ibu harus selektif.

Makanan dan minuman yang memberikan lebih banyak energi untuk tubuh sangat diperlukan. Persalinan normal akan menguras tenaga ibu. Apalagi jika ternyata persalinan normal harus dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama. Sudah pasti ibu membutuhkan tenaga yang cukup untuk memastikan ibu kuat dalam menghadapi persalinan tersebut.

Makanan yang berkarbohidrat kompleks sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kenapa harus karbohidrat kompleks? Karena karbohidrat jenis ini tidak lebih tahan lama di dalam tubuh. Karbohidrat ini tidak mudah dicerna sehingga energi yang dihasilkan pun tidak mudah habis begitu saja.

Karena karbohidrat kompleks, tentu saja nasi bukan pilihan yang tepat. Pasalnya, nasi mengandung karbohidrat sederhana. Itulah mengapa orang yang mengkonsumsi nasi akan mudah lapar.

Lalu, makanan apa yang mengandung karbohidrat kompleks? Beberapa bahan makanan berikut ini bisa ibu pilih seperti oatmeal, beras merah, kentang, pisang, dan jagung.

Tidak hanya makanan saja ya bu. Menurut informasi ibu hamil yang ada di www.ibudanbalita.com, ada juga minuman yang bisa memberikan energi seperti yogurt dan teh yang dicampur dengan madu. Akan tetapi, pastikan minuman tersebut tidak terlalu manis.

Jika ibu tidak suka yogurt, ibu bisa konsumsi susu ibu hamil. Pada dasarnya, yogurt itu hampir sama dengan susu. Hanya proses pembuatannya yang sedikit berbeda. Ibu bisa mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama untuk memastikan ibu siap secara fisik untuk melakukan persalinan normal.

Persiapan Fisik Selain Mengkonsumsi Makanan

Ada kalanya proses persalinan normal terganggu dan akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan operasi caesar. Kasus semacam ini bisa saja terjadi disebabkan masalah panggul ibu hamil. Panggul sempit sehingga jika persalinan normal dipaksakan maka akan berakibat fatal bagi ibu dan juga bayi yang dilahirkan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ibu melakukan olahraga ringan sebelum persalinan. Jalan sehat, yoga, dan senam ibu hamil menjadi pilihan yang tepat. Jangan justru karena sudah dekat masa persalinan ibu lebih banyak berdiam diri di rumah. Sebaiknya ibu lebih banyak bergerak agar fisik ibu bugar dan siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Tanyakan kepada teman yang sudah melakukan persalinan normal. Atau ibu bisa ikut diskusi sesama ibu hamil di forum Ibu dan Balita agar ibu mendapatkan lebih banyak lagi mengenai info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*