Infeksi Telinga Bayi. Temukan Penyebabnya

infeksi telinga anak www.ibudanbalita.com

Infeksi pada telinga bayi tidak hanya akan membuat si kecil merasa kesakitan. Lebih dari itu, masalah tersebut sering dibarengi dengan demam yang sangat tinggi. Sedang ketika balita demam, maka akan ada masalah kesehatan lainnya yang bisa terjadi seperti kejang-kejang, batuk, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa penting sekali bagi ibu sebagai orang tua untuk mengerti tentang bagaimana menjaga kesehatan bayi. San buah hati ibu belum bisa berbicara sehingga ibu tidak tahu apa yang ia rasakan. Sebagai orang tua, ibu harus sensitif mengenai masalah kesehatan si kecil. Dan ini hanya bisa terjadi jika ibu tahu banyak tentang kesehatan bayi.

Banyak orang tua yang menyibukkan diri dengan mengikuti seminar kesehatan bayi atau berlangganan majalah perkembangan anak. Ada juga yang sekedar browsing dan mencari informasi seputar kesehatan bayi seperti di situs www.ibudanbalita.com.

Lalu, mengenai masalah infeksi telinga, apa yang harus ibu ketahui?

Penyebab Infeksi Telinga Bayi

Untuk orang dewasa, infeksi telinga bisa disebabkan oleh penggunaan cotton bud. Namun, apakah ini juga yang menjadi penyebab infeksi telinga pada bayi?

Ternyata tidak. Infeksi telinga yang dialami oleh bayi lebih sering disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Sepertinya masalah seperti ini tidak jauh beda dengan masalah kesehatan bayi yang lain yang juga lebih sering disebabkan virus dan bakteri.

Namun, ibu harus mengetahui lebih jauh terlebih dahulu tentang hal ini. Infeksi ini tidak hanya melibatkan virus atau bakteri saja. Lebih dari itu, masalah yang satu ini bisa terjadi ketika adanya cairan yang menumpuk di belakang gendang telinga. Dan pada saat itulah, bakteri atau virus akan lebih mudah membuat infeksi pada bagian telinga.

Bayi ini rentan sekali terkena virus atau bakteri lantaran tubuhnya yang belum bisa bereaksi terhadap ancaman kesehatannya. Virus atau bakteri penyebab infeksi telinga bisa saja disebabkan sentuhan orang lain atau udara yang kebetulan menyebarkan virus atau bakteri tersebut.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Tentu saja ibu tidak boleh membiarkan orang yang memiliki masalah dengan kesehatan terutama yang berhubungan dengan virus dan bakteri untuk memegang si kecil. Jangankan memegang. Berdekatan saja sebaiknya tidak boleh.

Pencegahan Yang Paling Efektif

Karena infeksi telinga ini disebabkan oleh bakteri dan virus, maka tidak ada cara lain selain menjaga agar si kecil jauh dari terkena virus dan bakteri tersebut.

Namun, sepertinya terlalu sulit untuk memberikan proteksi 100% dengan cara tersebut. Tentu saja ibu tidak mungkin meminta siapa saja yang boleh dan tidak boleh menggendong si kecil, bukan? Aneh jika ibu memilih-milih siapa yang boleh dan tidak boleh menggendong si kecil.

Oleh sebab itu, cara yang paling efektif untuk menghancurkan virus dan bakteri yang mungkin masuk ke dalam telanga dan mengakibatkan infeksi adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Yaitu, dengan cara memberikan makanan yang bergizi serta minum ASI. Baru kemudian ketika si kecil sudah berusia 1 tahun, ibu bisa menambahkan suplemen seperti susu Frisian Flag sebagai susu terbaik anak.

Dengan memberikan perlindungan dari dalam seperti itu maka si kecil akan lebih siap jika ada serangan bakteri atau virus penyebab penyakit apapun. Tentunya perlindungan dari luar juga tak kalah penting seperti memastikan pakaiannya bersih, Lingkungan sekitar rumah juga harus diusahakan bersih agar tidak mudah bakteri berkembang di sana.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*