Ide Resep Makanan Bayi 7 Bulan Yang Pasti Disukai Si Kecil

resep makanan bayi 7 bulan Source: mealmom

Resep makanan bayi harus disesuaikan dengan usianya. Hal ini menjadi sangat penting karena menu makanan yang ibu sajikan sangat berpengaruh pada kesehatan bayi. Itulah mengapa ibu harus tahu resep makanan bayi 7 bulan.

Apakah ada bedanya dengan makanan untuk bayi 6 bulan? Memang sama-sama menu MPASI atau makanan pendamping ASI. Hanya saja, ada sedikit berbeda antara menu makanan untuk bayi 6 bulan dengan makanan untuk bayi 7 bulan.

Tekstur Makanan Untuk Bayi 7 Bulan

Yang sangat membedakan antara menu makanan bayi 7 bulan dengan bayi 6 bulan adalah teksturnya. Karena pada usia 6 bulan bayi baru pertama kali mengkonsumsi makanan selain ASI, tentu tekstunya harus lunak. Memang tidak cair tapi makanan harus mudah dicerna oleh si kecil. Sementara itu, ketika bayi sudah berusia 7 bulan, tekstur makanan sebaiknya sedikit lebih kasar.

Mungkin ibu bertanya seberapa kasar menu MPASI untuk bayi 7 bulan? Sebenarnya tidak ada patokannya. Yang penting, makanan tersebut tidak terlalu lunak atau tidak terlalu banyak air. Hal ini dibutuhkan agar menstimulus mulut si kecil supaya mau mengunyah makanan. Dengan demikian, bayi akan semakin terbiasa untuk mengunyah makanan. Bisa dikatakan ini menjadi cara mengajari anak mengunyah makanan.

Namun, ada tujuan yang tak kalah penting. Dengan memberikan menu makanan untuk bayi 7 bulan yang sedikit lebih kasar, maka ibu sudah membantu dalam hal pertumbuhan gigi. Saat usia 7 bulan, gigi sudah mulai tumbuh. Dan pertumbuhan gigi ini tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi yang ibu berikan melalui makanan atau ASI. Selain itu, stimulus dari luar pun sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi. Ibu bisa berikan makanan yang sedikit kasar agar makanan dikunyah menggunakan gusi sehingga pertumbuhan gigi semakin terstimulus.

Kandungan Gizi Di Dalam Makanan

Ibu masih ingat pertama kali memberikan MPASI? Mungkin ibu akan memberikan menu makanan berupa buah-buahan yang dihaluskan. Namun, ketika bayi berusia 7 bulan, maka kebutuhan nutrisi pun semakin meningkat. Mengingat aktivitasnya semakin sering seperti merangkak dan bahkan belajar untuk berdiri sendiri, maka dibutuhkan energi yang lebih banyak.

Oleh sebab itu, sebaiknya ibu memberikan menu makanan bayi usia 7 bulan yang mengandung sumber energi yang tinggi. Ibu bisa berikan bubur nasi yang sudah dicampur dengan ayam. Menu MPASI ini sangat baik karena tidak hanya karbohidrat saja yang terkandung di dalam makanan tersebut, tapi juga protein. Karbohidrat memberikan energi secara langsung mengingat karbohidrat bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh si kecil. Sementara itu, protein tidak mudah dicerna dan berfungsi sebagai sumber energi tambahan agar si kecil bisa terus bertenaga dan aktif setiap hari.

Ibu akan melihat perkembangan bayi 7 bulan sangat cepat sekali. Dan itulah dibutuhkan protein yang sangat banyak. Sebaiknya ibu memberikan menu makanan yang mengandung protein. Salah satunya adalah keju. Selain protein hewani dari daging, ibu juga sebaiknya memberikan menu makanan yang mengandung protein nabati. Beberapa sayuran yang mengandung protein nabati adalah kacang-kacangan dan brokoli. Dua sayuran tersebut mengandung protein nabagi yang sangat tinggi sehingga bisa ibu jadikan sebagai bahan untuk membuat resep MPASI bayi usia 7 bulan.

Pentingnya Gizi Seimbang

Kenapa bayi sering sakit? Kebanyakan orang menganggap bayi yang sakit itu karena lingkungan yang kurang sehat dan makanan yang diberikan tidak mengandung gizi. Namun, dua hal tersebut bukanlah alasan yang tepat. Pasalnya, ada hal lain yang bisa menyebabkan bayi bisa terkena penyakit.

Gizi yang tidak seimbang bisa menyebabkan penyakit lho. Contohnya saja, jika kandungan vitamin D di dalam tubuh terlalu tinggi, maka bayi akan lemas dan dibarengi dengan diare. Begitu juga dengan kandungan gizi lainnya.

Oleh sebab itu, memilihkan menu makanan untuk bayi usia 7 bulan tidaklah mudah. Ibu harus memastikan menu yang ibu berikan mengandung gizi yang seimbang.

Cara yang paling mudah untuk memastikan ibu sudah memberikan menu makanan yang mengandung gizi seimbang adalah dengan menyiapkan menu makanan yang bervariasi. Jadi, wajib bagi ibu untuk selalu mencari tahu resep makanan yang berbeda-beda untuk sang buah hati. Dengan memberikan menu makanan yang bervariasi, maka kecil kemungkinan si kecil mendapatkan gizi yang sama. Berbeda jika ibu selalu memberikan menu makanan dengan bahan yang sama. Tentu gizi yang didapatkan sama.

Selain itu, ibu juga bisa memberikan menu bubur Nestle. Ini merupakan bubur bayi yang sehat dan mudah dibuat. Dipastikan kandungan nutrisinya seimbang sehingga ibu sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kebutuhan nutrisi harian si kecil.

Lalu bagaimana jika terjadi masalah kesehatan dengan si kecil? Apakah ibu harus menghentikan memberikan menu MPASI? Memang ini saran paling utama yang harus ibu lakukan. Hentikan pemberian MPASI yang ibu perkirakan menjadi penyebab anak sakit. Untuk menyembuhkan si kecil, ibu hanya perlu memberikan lebih banyak ASI mengingat ASI bisa membuat sistem kekebalan tubuh bayi semakin kuat.

Dua masalah yang sering terjadi ketika memberikan menu MPASI untuk bayi usia 7 bulan adalah diare dan susah buang air besar. Jika masalah tersebut dialami oleh si kecil, ibu tidak perlu panik. Itu hal yang sangat wajar. Ibu hanya perlu memberikan menu MPASI yang tepat. Selain itu, berikan lebih banyak ASI agar masalah kesehatan yang dialami si kecil bisa teratasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*